Apa Itu Aplikasi CRM? | www.depokwebsite.com
Apa Itu
Aplikasi CRM?
Daftar Isi
1.
Apa itu aplikasi CRM?
·
Kenapa CRM?
2.
Manfaat perangkat Lunak CRM
3.
Keuntungan Menggunakan CRM
4.
Fitur-fitur Aplikasi CRM
5.
Contoh Aplikasi CRM
Jika diartikan, Customer Relationship Management memiliki
makna pengelolaan hubungan pelanggan. CRM
merupakan istilah dalam bisnis yang mengarah pada pemakaian aplikasi khusus
penyedia layanan keluhan pelanggan. Aplikasi inilah yang bernama CRM.
Aplikasi CRM adalah sebuah aplikasi yang
didesain untuk menangani keluhan dari pelanggan terhadap produk yang ditawarkan
perusahaan maupun layanan yang diberikan. Kehadiran aplikasi ini membantu para
pemilik perusahaan untuk bisa membuat pelanggan merasa didengarkan dan
menyelesaikan keluhan yang telah disampaikannya.
CRM
hadir dengan sistem kompleks dan terintegrasi untuk mengelola hubungan antara
perusahaan dan pelanggannya. Tak hanya itu, CRM juga sekaligus menjadi sebuah
metode untuk mengelola keluhan pelanggan dengan benar dan efektif.
Kenapa CRM?
Mungkin di benak Anda akan muncul
pertanyaan semacam itu.
CRM
menjadi suatu metode agar perusahaan dapat terhubung dengan para pelanggan,
sehingga perusahaan dapat memberikan layanan yang terbaik. Perusahaan yang
menerapkan CRM dengan benar dan
berhasil, maka tentu saja akan memberikan peningkatan dalam penjualan dan
keuntungan perusahaan.
CRM
itu sebenarnya terdiri dari beberapa gabungan yaitu dengan kebijakan, proses,
dan strategi yang diterapkan dalam sebuah perusahaan menjadi satu kesatuan yang
digunakan untuk melakukan interaksi dengan pelanggan dan juga untuk menelusuri
informasi pelanggan.
Pada saat ini, implementasi CRM sudah hampir selalu memakai
teknologi informasi guna menarik para calon pelanggan baru yang menguntungkan,
hingga mereka memiliki keterikatan pada perusahaan.
CRM
menjadi suatu hal yang semakin lama semakin dirasakan penting bagi semua bisnis
yang tersedia pada saat ini, di zaman sekarang ini dimana persaingan yang semakin
ketat. Pelayanan terhadap perusahaan semakin meningkat seiring dengan
meningkatnya keinginan dan harapan dari pelanggan terhadap produk, jasa dan
perusahaan.
Manfaat perangkat lunak CRM
Meningkatkan penjualan
CRM dapat membantu Anda
mengidentifikasi, memelihara, dan menindaklanjuti prospek kualitas. Ini
artinya, Anda tidak membuang waktu dan sumber daya pada prospek yang mungkin
tidak akan menjadi pelanggan. Dikombinasikan dengan siklus penjualan yang
berkurang, Anda dapat memandu lebih banyak prospek lebih efisien dan
mengubahnya menjadi pelanggan yang bahagia dalam waktu yang jauh lebih singkat.
Proses bisnis yang efisien
Bantu tim Anda tetap produktif dengan mendefinisikan dan membangun
proses yang efisien untuk bisnis Anda. CRM
dapat membantu Anda memastikan bahwa standar diikuti saat proses dijalankan.
Pastikan waktu tim penjualan Anda dihabiskan untuk memenangkan transaksi dan
tidak menyia-nyiakan tugas biasa dengan mengotomatiskan aktivitas rutin.
Pengambilan keputusan taktis
Data yang akurat dari seluruh organisasi Anda membantu agar pembuat
keputusan Anda terus mendapat informasi, sehingga mereka dapat bereaksi
terhadap tren pasar dengan keputusan yang lebih baik. Laporan terperinci akan
menunjukkan bagaimana tim Anda bekerja dan ruang untuk perbaikan.
Keamanan dan kepatuhan data
Anda dapat yakin bahwa data pelanggan Anda aman di pusat data vendor
Anda, dijaga oleh mekanisme keamanan fisik dan digital terbaik. Jika Anda
berbasis di Uni Eropa atau berbisnis dengan pelanggan Eropa, CRM yang menawarkan fitur kepatuhan
GDPR akan menjadi salah satu aset terbesar Anda.
Aksesibilitas seluler
Suatu CRM dengan aplikasi
seluler memastikan bahwa tim Anda memiliki akses ke data CRM penting, di mana pun mereka berada.
Tenaga penjualan di lapangan dapat menarik informasi tentang pelanggan
terdekat, mampir untuk rapat, dan dengan mudah memperbarui orang lain tentang
informasi baru dengan masuk ke CRM
melalui aplikasi seluler mereka.
Kepuasan pelanggan
CRM mempersenjatai tim Anda
dengan semua data historis pelanggan, serta informasi mengenai masalah serupa
yang dihadapi orang lain. Penyimpanan informasi yang terpusat membantu tim Anda
menyelesaikan pertanyaan pelanggan dengan cepat, memastikan mereka puas.
47% dari pengguna CRM yang disurvei mengatakan bahwa CRM memiliki dampak signifikan pada
retensi pelanggan dan jumlah yang sama dari pengguna menyatakan bahwa CRM berdampak pada kepuasan pelanggan.
Keuntungan menggunakan CRM
·
Meningkatkan kesetiaan pelanggan
Dengan
software CRM memungkinkan bagi
perusahaan untuk menggunakan semua informasi yang berhasil dikumpulkan dari
berbagai sumber dengan pelanggan seperti melalui call center, web, layanan di
lapangan, dan staf pemasaran.
Penerimaan
informasi yang konsisten ini memungkinkan pelayanan serta penjualan yang lebih
baik berkat berbagai macam informasi penting tentang para pelanggan tersebut.
·
Mengurangi biaya
CRM yang
dituangkan dalam sebuah skema program pemasaran yang terfokus serta spesifik
memungkinkan perusahaan memakai biaya yang lebih murah dalam pelayanan serta
penjualan yang tertuju ke pelanggan yang tepat dalam waktu yang tepat juga.
·
Kegiatan operasional semakin efisien
Semakin
berkurang beban arus kas dan resiko turunnya kualitas pelayanan ke pelanggan
berkat otomasi proses layanan dan penjualan.
·
Time to market meningkat
Berkat
aplikasi CRM yang memungkinkan terkumpulnya data trend pembelian dan informasi
dari pelanggan akan mempercepat produk masuk ke pasar.
·
Pendapatan meningkat
Informasi
yang didapat dari aplikasi CRM
dapat meningkatkan keuntungan serta pendapatan perusahaan.
Kemudian, apa
saja software CRM yang bisa Anda
gunakan di perusahaan Anda? Kami akan coba memberi informasi yang kami tahu
mengenai software CRM yang beredar
di pasaran.
Vtiger
Vtiger adalah
salah satu software CRM terpopuler
yang berguna untuk membantu sebuah perusahaan untuk mengorganisir, selain itu
juga dapat memelihara informasi secara efisien di dalam segala aspek yang
berkaitan dengan customer. Fitur – fitur inti yang tersedia di dalam Vtiger
antara lain:
- Customer Relationship Management: fitur
ini berguna untuk membantu mengatur semua data-data yang dimiliki oleh
customer, dari Accounts, Contact sampai Prospect atas customer yang
bersangkutan.
- Sales Force Automation: fitur ini berguna
untuk melakukan penjualan produk dan billing atas keinginan setiap
customer. Yang tersedianya menu Quotation, Sales Order hingga Invoice.
- Customer Service Tracking: fitur customer
service tracking ini berguna untuk menampilkan layanan purna jual di dalam
sebuah perusahaan. Yang terdiri dari complaint maupun service produk. Bisa
ditelusuri juga sudah sampai sejauh manakah setiap service customer yang
bersangkutan.
- News Service: fitur ini merupakan semacam
memo atau notes yang akan membantu kita mengingatkan dengan hal-hal kecil
yang mudah untuk dilupakan.
- Corporate Calendar: fitur ini berguna
untuk mencatat semua event / kalender yang penting bagi aktifitas
perusahaan. Di menu ini akan muncul semua jadwal atau agenda kerja.
- Analytical Reports: fitur analytical
reports ini memiliki fungsi yang berguna untuk menyediakan berbagai
laporan yang telah teranalisis dengan baik oleh sistem.
- Material Management: Berisi fitur
mengenai management produk di dalam perusahaan. Baik dari segi produk
hingga penambahan dari segi pembelian dan pengurangan produk dari segi
Penjualan.
- Synchronization: Fitur
Synchronization bertujuan untuk menyikronisasi antara Vtiger dengan aplikasi
email, seperti Microsoft Outlook dan Mozilla Thunderbird.
SugarCRM
SugarCRM adalah
software CRM yang diketahui
merupakan software terbaik di lingkungan Open Source. Dikarenakan dapat
digunakan oleh berbagai perusahaan, yang dimulai dari UKM hingga perusahaan
besar.
Software
SugarCRM ini pun juga bisa dengan mudah dalam beradaptasi di beragam lingkungan
bisnis dengan menawarkan berbagai fleksibilitas pula, juga alternatif biaya
yang murah, hingga ke solusi berbayar.
Dalam
pengembangannya, SugarCRM melibatkan banyak narasumber. Yang dimulai dari
operator aplikasi CRM, para pelanggan, pengembang, hingga para ahli.
Mengimplementasikan
CRM bukan sekedar terbatas di
instalasi dimana anda tinggal pakai saja. Anda pun juga perlu berupaya untuk
kelanjutan dalam membangun sebuah statistik customer yang tentunya akan dimulai
dari nol, hingga ke titik dimana Anda dapat memanfaatkan data-datanya untuk
mengatur strategi marketing anda.
Zoho
Software CRM yang terakhir ialah Zoho. Software
yang satu ini menawarkan manajemen campaign, email marketing, dan lead
generation melalui berbagai sumber, seperti website, import data lead dan yang
lainnya.
Yang terutama
software CRM Zoho ini sangat berguna untuk mengintegrasikan organisasi
penjualan Anda dan kegiatan pemasaran.
Dengan
software CRM, Anda
dapat secara efektif merencanakan campaign marketing, melaksanakan email
campaign, hingga Anda pun bisa melacak pengeluaran marketing.
Selain itu,
Zoho juga telah menyediakan campaign manajemen yang terpadu tersedia dengan
penggantian tenaga penjualan secara otomatis yang pastinya akan membantu
organisasi Anda dalam mengukur kinerja, laba atas investasi (ROI) dan
efektivitas campaign.
Salesforce
Software CMR yang berikutnya adalah Salesforce
yang menyediakan segala kebutuhan guna mengelola penjualan dan layanan (bagi
semua bisnis). Software yang satu ini sudah terintegrasi dengan sistem Cloud,
dengan memiliki beberapa fitur yang telah tersedia di dalamnya seperti:
- Sales Cloud: fitur yang berguna untuk
memaksimalkan penjualan, dan meningkatkan pendapatan, produktivitas serta
visibilitas di dalam sebuah bisnis.
- Services Cloud: fitur Services Cloud ini
merupakan transformasi layanan pelanggan dan tentunya menciptakan hubungan
yang baik dengan mereka.
- Marketing Cloud: fitur yang memantau dan
berpartisipasi di dalam jejaring sosial.
- Salesforce Platform and AppExchange:
fitur Salesforce Platform and AppExchange ini yang membuat aplikasi sosial
menjadi inovatif, mobile dan juga real-time pada platform yang dapat
digunakan oleh lebih dari 100.000 pelanggan.
- Salesforce Chatter: fitur yang
dapat membuat proses bisnis dalam hal sosial. Berkolaborasi secara real
time dari mana saja.
Ini Dia Fitur-fitur Aplikasi CRM yang Wajib
Dimiliki Bisnis!
Semua manfaat di atas bisa Anda dapatkan karena CRM
sudah dibekali dengan berbagai fitur berikut ini:
- Contact
management
- Customer
database
- Laporan
dan dashboard
- Pelacakan
KPI (Key Performance Indicator)
- CRM
seluler
- Pelacakan
GPS
- Otomatisasi
dan pelacakan penjualan
- Integrasi
email
- Manajemen
alur kerja
- Penyimpanan
data
- Manajemen
kinerja penjualan
- Otomatisasi
pemasaran
- Integrasi
obrolan
- Otomatisasi
dokumen
- Izin dan
akses keamanan
- Basis
data produk
- Otomatisasi
dan integrasi call center
1. Fitur Manajemen Kontak
Manajemen kontak adalah fitur
CRM yang dapat memungkinkan Anda
untuk mengelompokkan kontak ke dalam grup, lalu diatur dan dilengkapi dengan
informasi yang lebih baik ke dalam CRM.
Dengan fitur CRM ini, Anda akan dapat mengumpulkan
data pelanggan yang penting dan mendukung strategi pemasaran Anda saat
memperkenalkan produk baru, dalam satu database pelanggan.
2. Manajemen Prospek untuk Menentukan
Prospek Berkualitas Tinggi
Fitur CRM yang satu ini dapat memungkinkan
bisnis untuk menentukan pelanggan terbaik dan menindaklanjutinya berdasarkan
faktor demografis dan psikologis. Sehingga, bisnis dapat memiliki prospek
berkualitas yang potensial.
3. Fitur Laporan dan Dasbor
Dengan menggunakan fitur ini, pengguna dapat melihat
statistik dalam perspektif yang sangat menarik secara visual yang sesuai dengan
kebutuhan. Selain itu, fitur ini juga manawarkan pembaruan data real-time dan
platform yang dapat diakses dari berbagai portal. Sehingga dapat memberikan
kemudahan akses untuk berbagai tingkatan pengguna.
4. KPI dan Pelacakan yang Dapat
Disesuaikan
Fitur CRM dapat membantu memudahkan Anda dan
tim untuk membuat KPI yang cocok untuk bisnis Anda dan pantau tim Anda
berdasarkan KPI tersebut.
5. Fitur CRM Seluler/Mobile App
Saat ini mobile
app menjadi salah satu hal penting yang perlu dimiliki oleh
hampir semua aplikasi, tak terkecuali CRM.
Di mana penggunaan fitur CRM
seluler dapat membantu tim lapangan untuk merampingkan tugas mereka, sehingga
tim sales lapangan
dapat bekerja dengan lebih efektif dan efisien. Selain itu, fitur ini juga
memungkinkan pengguna untuk melihat data dan menerima notifikasi berharga di
perangkat seluler masing-masing.
6. Live GPS dan Laporan Kehadiran
Dengan fitur live GPS, Anda dapat melacak tim penjualan di mana pun mereka bekerja secara real-time. Selain
itu, Anda juga dapat memantau kehadiran mereka di lapangan dengan menggunakan
fungsi check-in dan check-out yang
tersedia dalam aplikasi CRM mobile.
7. Automasi Tenaga Penjualan
Salah satu fitur aplikasi CRM yang banyak diminati oleh bisnis
dan perusahaan ialah kemampuan untuk mengotomatisasi seluruh proses penjualan
Anda. Sehingga Anda dan tim tidak perlu lagi melakukan entri data secara manual
dan dapat bekerja dengan lebih efektif.
8. Integrasi Email
Sekarang Anda dapat memperoleh semua
otomatisasi dan mengatur email di
dalam CRM Anda. Ketika seorang
pelanggan menghubungi untuk meminta bantuan, fitur CRM ini akan membuat Anda dapat dengan
mudah menarik sejarah interaksi dan informasi pelanggan untuk memberi mereka
pelayanan sebaik mungkin.
9. Alur Kerja dan Sistem Persetujuan
Salah satu cara perusahaan Anda untuk
meningkatkan efisiensi secara instan adalah dengan mengoptimalkan alur kerja.
Fitur CRM ini dapat memfasilitasi
pengoptimalan dengan mengotomatisasi proses seperti pengumpulan data, analisis
data, kampanye pemasaran, dan tugas-tugas lain yang sebelumnya dilakukan secara
manual. CRM juga menyediakan
laporan dan analisis untuk membantu pengguna mengidentifikasi masalah sehingga
dapat diperbaiki.
10. Penyimpanan Data / File CRM
Untuk memaksimalkan manfaat data, data
harus disimpan dengan benar. Salah satu fitur utama CRM adalah metode
penyimpanan data yang dipatenkan sehingga pengguna dapat menarik data secara
efisien. CRM juga menawarkan perlindungan untuk melindungi dan mencadangkan
data penting ini sehingga mencegah kerugian dan pelanggaran keamanan.
11. Sinkronisasi Data
Aplikasi CRM berfungsi sebagai platform
sinkronisasi untuk banyak program yang Anda gunakan. Unggah email dari Outlook,
sinkronkan dengan Google Drive, impor spreadsheet, dan lain-lain. Dengan fitur
sinkronisasi CRM ini, Anda dapat melihat semua fitur Anda dalam satu platform.
12. Manajemen Kinerja Penjualan
Di antara sistem CRM lainnya,
manajemen kinerja penjualan menawarkan berbagai manfaat bagi tim penjualan.
Manajer dapat dengan mudah melihat aspek apa dari tim penjualan yang berkinerja
baik dan mana yang perlu diperbaiki.
Data dapat diatur oleh perwakilan
penjualan atau oleh penanggung jawab terkait lainnya. Anda dapat mengelola
kinerja mitra penjualan dari platform untuk memastikan tim Anda berkinerja
terbaik. Dengan mengidentifikasi bidang-bidang masalah dengan data konkret, hal
tersebut dapat ditangani secara lebih efisien.
13. Integrasi Automasi Pemasaran
Otomatisasi pemasaran
memungkinkan Anda untuk menargetkan audiens yang mungkin tertarik pada produk
Anda dengan lebih efisien dan strategis. Platform CRM yang baik akan
memungkinkan Anda untuk mengontrol ketentuan otomatisasi program pemasaran Anda
secara selektif.
14. Fitur Integrasi Obrolan
Fitur obrolan dalam CRM sangat penting bagi pengguna
modern. Dengan mengintegrasikan program obrolan seperti WhatsApp ke sistem CRM Anda, Anda dapat melakukan
percakapan dengan karyawan, mitra, dan memberikan dukungan pelanggan, semuanya
dari 1 platform yang sama.
15. Fitur Automasi dan Integrasi Call
Center
Salah satu fitur utama CRM adalah
kemampuan untuk mengendalikan call
center Anda dari sistem CRM Anda dan mengintegrasikan program
pihak ketiga apa pun ke dalam satu platform. Semakin sedikit sistem yang harus
Anda buka, semakin kecil kemungkinan Anda akan bingung dan kehilangan informasi
melalui terjemahan atau transfer.
16. Fitur Basis Data Produk
Sistem CRM seharusnya memiliki fitur yang
berfungsi sebagai data inventori untuk produk Anda. Lacak seluruh proses dari
produk-produk yang Anda jual. Cari tahu produk mana yang berkinerja baik dengan
pelanggan dan kapan penjualan gagal dibuat. Akses informasi ini dari perangkat
seluler, desktop, dan lainnya.
17. Izin dan Akses Keamanan
Untuk keamanan tambahan, Anda dapat
membatasi akses karyawan Anda berdasarkan peran mereka dalam organisasi dengan
manfaat CRM ini. Kontrol apa yang dilihat oleh pengguna berbeda dalam CRM Anda
untuk mencegah kebocoran data dan pelanggaran keamanan. Ini memungkinkan Anda
untuk mengelola aktivitas karyawan Anda berdasarkan hierarki dalam perusahaan
dan menjaga data pelanggan Anda agar tetap aman.
18. Integrasi Pihak ke-3
Tidak ada daftar proses CRM yang akan
lengkap tanpa menyebutkan integrasi. Jika Anda menggunakan perangkat lunak
jenis apa pun – ERP, BI, HR – Anda harus mengintegrasikannya dengan CRM Anda.
Mengintegrasikan program lain ke software CRM
Anda memungkinkan fungsionalitas tambahan dan menyederhanakan alur kerja.
19. Opsi Kustomisasi
Kustomisasi adalah salah satu sistem CRM
yang mendasar, tetapi memiliki implikasi yang luas. Semakin banyak penyesuaian,
semakin fleksibel CRM yang Anda gunakan. Sangat penting untuk mengetahui
kebutuhan Anda saat melakukan penyesuaian ketika Anda mulai menggunakan sistem
CRM.
20. Fitur CRM untuk Membuat Dokumen
Otomatis
CRM yang berkualitas memiliki fitur yang
memungkinkan Anda untuk mengunggah templat dokumen Anda ke sistem kami sehingga
Anda dapat segera menghasilkan dokumen yang dibutuhkan dengan satu klik.
Contoh Aplikasi CRM Terbaik di
Indonesia
Jika Anda ingin menggunakan CRM, ada beberapa
aplikasi CRM terbaik di Indonesia yang bisa Anda pilih. Berikut rekomendasinya:
- SalesForce
CRM
- Pipedrive
CRM
- HubSpot
CRM
- Qontak.com
- Microsoft
Dynamic CRM
- Freshsales
- Sugar CRM
- Oracle
CRM
- Zoho CRM
- SAP CRM
Demikianlah penjelasan tentang aplikasi CRM yang
memberikan banyak manfaat bagi bisnis. Untuk kemudahan mengatasi keluhan
pelanggan dan menjalankan bisnis, maka CRM dapat menjadi solusi yang paling
tepat bagi Anda.
Tunggu Apalagi? Konsultasikan segera kebutuhan digitalisasi anda
bersama depokwebsite.com
KONSULTASI GRATIS
0882-9037-8482 Admin
Alamat Kantor :
CQCH+VMQ, Jl. Terapi Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor Bar., Kota
Bogor, Jawa Barat 16111
.png)
.png)
.png)

Komentar
Posting Komentar