Apa Itu Aplikasi CRM? | www.depokwebsite.com

Apa Itu Aplikasi CRM?


Daftar Isi

1.          Apa itu aplikasi CRM?

·         Kenapa CRM?

2.          Manfaat perangkat Lunak CRM

3.          Keuntungan Menggunakan CRM

4.          Fitur-fitur Aplikasi CRM

5.          Contoh Aplikasi CRM

Jika diartikan, Customer Relationship Management memiliki makna pengelolaan hubungan pelanggan. CRM merupakan istilah dalam bisnis yang mengarah pada pemakaian aplikasi khusus penyedia layanan keluhan pelanggan. Aplikasi inilah yang bernama CRM.

Aplikasi CRM adalah sebuah aplikasi yang didesain untuk menangani keluhan dari pelanggan terhadap produk yang ditawarkan perusahaan maupun layanan yang diberikan. Kehadiran aplikasi ini membantu para pemilik perusahaan untuk bisa membuat pelanggan merasa didengarkan dan menyelesaikan keluhan yang telah disampaikannya.

CRM hadir dengan sistem kompleks dan terintegrasi untuk mengelola hubungan antara perusahaan dan pelanggannya. Tak hanya itu, CRM juga sekaligus menjadi sebuah metode untuk mengelola keluhan pelanggan dengan benar dan efektif.

Kenapa CRM?

Mungkin di benak Anda akan muncul pertanyaan semacam itu.

CRM menjadi suatu metode agar perusahaan dapat terhubung dengan para pelanggan, sehingga perusahaan dapat memberikan layanan yang terbaik. Perusahaan yang menerapkan CRM dengan benar dan berhasil, maka tentu saja akan memberikan peningkatan dalam penjualan dan keuntungan perusahaan.

CRM itu sebenarnya terdiri dari beberapa gabungan yaitu dengan kebijakan, proses, dan strategi yang diterapkan dalam sebuah perusahaan menjadi satu kesatuan yang digunakan untuk melakukan interaksi dengan pelanggan dan juga untuk menelusuri informasi pelanggan.

Pada saat ini, implementasi CRM sudah hampir selalu memakai teknologi informasi guna menarik para calon pelanggan baru yang menguntungkan, hingga mereka memiliki keterikatan pada perusahaan.

CRM menjadi suatu hal yang semakin lama semakin dirasakan penting bagi semua bisnis yang tersedia pada saat ini, di zaman sekarang ini dimana persaingan yang semakin ketat. Pelayanan terhadap perusahaan semakin meningkat seiring dengan meningkatnya keinginan dan harapan dari pelanggan terhadap produk, jasa dan perusahaan.

 

Manfaat perangkat lunak CRM




Meningkatkan penjualan

CRM dapat membantu Anda mengidentifikasi, memelihara, dan menindaklanjuti prospek kualitas. Ini artinya, Anda tidak membuang waktu dan sumber daya pada prospek yang mungkin tidak akan menjadi pelanggan. Dikombinasikan dengan siklus penjualan yang berkurang, Anda dapat memandu lebih banyak prospek lebih efisien dan mengubahnya menjadi pelanggan yang bahagia dalam waktu yang jauh lebih singkat.

 

Proses bisnis yang efisien

Bantu tim Anda tetap produktif dengan mendefinisikan dan membangun proses yang efisien untuk bisnis Anda. CRM dapat membantu Anda memastikan bahwa standar diikuti saat proses dijalankan. Pastikan waktu tim penjualan Anda dihabiskan untuk memenangkan transaksi dan tidak menyia-nyiakan tugas biasa dengan mengotomatiskan aktivitas rutin.

 

Pengambilan keputusan taktis

Data yang akurat dari seluruh organisasi Anda membantu agar pembuat keputusan Anda terus mendapat informasi, sehingga mereka dapat bereaksi terhadap tren pasar dengan keputusan yang lebih baik. Laporan terperinci akan menunjukkan bagaimana tim Anda bekerja dan ruang untuk perbaikan.

 

Keamanan dan kepatuhan data

Anda dapat yakin bahwa data pelanggan Anda aman di pusat data vendor Anda, dijaga oleh mekanisme keamanan fisik dan digital terbaik. Jika Anda berbasis di Uni Eropa atau berbisnis dengan pelanggan Eropa, CRM yang menawarkan fitur kepatuhan GDPR akan menjadi salah satu aset terbesar Anda.

 

Aksesibilitas seluler

Suatu CRM dengan aplikasi seluler memastikan bahwa tim Anda memiliki akses ke data CRM penting, di mana pun mereka berada. Tenaga penjualan di lapangan dapat menarik informasi tentang pelanggan terdekat, mampir untuk rapat, dan dengan mudah memperbarui orang lain tentang informasi baru dengan masuk ke CRM melalui aplikasi seluler mereka.

 

Kepuasan pelanggan

CRM mempersenjatai tim Anda dengan semua data historis pelanggan, serta informasi mengenai masalah serupa yang dihadapi orang lain. Penyimpanan informasi yang terpusat membantu tim Anda menyelesaikan pertanyaan pelanggan dengan cepat, memastikan mereka puas.

47% dari pengguna CRM yang disurvei mengatakan bahwa CRM memiliki dampak signifikan pada retensi pelanggan dan jumlah yang sama dari pengguna menyatakan bahwa CRM berdampak pada kepuasan pelanggan.

 

Keuntungan menggunakan CRM 

·       Meningkatkan kesetiaan pelanggan

Dengan software CRM memungkinkan bagi perusahaan untuk menggunakan semua informasi yang berhasil dikumpulkan dari berbagai sumber dengan pelanggan seperti melalui call center, web, layanan di lapangan, dan staf pemasaran.

Penerimaan informasi yang konsisten ini memungkinkan pelayanan serta penjualan yang lebih baik berkat berbagai macam informasi penting tentang para pelanggan tersebut.

·       Mengurangi biaya

CRM yang dituangkan dalam sebuah skema program pemasaran yang terfokus serta spesifik memungkinkan perusahaan memakai biaya yang lebih murah dalam pelayanan serta penjualan yang tertuju ke pelanggan yang tepat dalam waktu yang tepat juga.

·       Kegiatan operasional semakin efisien

Semakin berkurang beban arus kas dan resiko turunnya kualitas pelayanan ke pelanggan berkat otomasi proses layanan dan penjualan.

·       Time to market meningkat

Berkat aplikasi CRM yang memungkinkan terkumpulnya data trend pembelian dan informasi dari pelanggan akan mempercepat produk masuk ke pasar.

·       Pendapatan meningkat

Informasi yang didapat dari aplikasi CRM dapat meningkatkan keuntungan serta pendapatan perusahaan.

Kemudian, apa saja software CRM yang bisa Anda gunakan di perusahaan Anda? Kami akan coba memberi informasi yang kami tahu mengenai software CRM yang beredar di pasaran.

Vtiger

Vtiger adalah salah satu software CRM terpopuler yang berguna untuk membantu sebuah perusahaan untuk mengorganisir, selain itu juga dapat memelihara informasi secara efisien di dalam segala aspek yang berkaitan dengan customer. Fitur – fitur inti yang tersedia di dalam Vtiger antara lain:

  1. Customer Relationship Management: fitur ini berguna untuk membantu mengatur semua data-data yang dimiliki oleh customer, dari Accounts, Contact sampai Prospect atas customer yang bersangkutan.
  2. Sales Force Automation: fitur ini berguna untuk melakukan penjualan produk dan billing atas keinginan setiap customer. Yang tersedianya menu Quotation, Sales Order hingga Invoice.
  3. Customer Service Tracking: fitur customer service tracking ini berguna untuk menampilkan layanan purna jual di dalam sebuah perusahaan. Yang terdiri dari complaint maupun service produk. Bisa ditelusuri juga sudah sampai sejauh manakah setiap service customer yang bersangkutan.
  4. News Service: fitur ini merupakan semacam memo atau notes yang akan membantu kita mengingatkan dengan hal-hal kecil yang mudah untuk dilupakan.
  5. Corporate Calendar: fitur ini berguna untuk mencatat semua event / kalender yang penting bagi aktifitas perusahaan. Di menu ini akan muncul semua jadwal atau agenda kerja.
  6. Analytical Reports: fitur analytical reports ini memiliki fungsi yang berguna untuk menyediakan berbagai laporan yang telah teranalisis dengan baik oleh sistem.
  7. Material Management: Berisi fitur mengenai management produk di dalam perusahaan. Baik dari segi produk hingga penambahan dari segi pembelian dan pengurangan produk dari segi Penjualan.
  8. Synchronization: Fitur Synchronization bertujuan untuk menyikronisasi antara Vtiger dengan aplikasi email, seperti Microsoft Outlook dan Mozilla Thunderbird.

SugarCRM

SugarCRM adalah software CRM yang diketahui merupakan software terbaik di lingkungan Open Source. Dikarenakan dapat digunakan oleh berbagai perusahaan, yang dimulai dari UKM hingga perusahaan besar.

Software SugarCRM ini pun juga bisa dengan mudah dalam beradaptasi di beragam lingkungan bisnis dengan menawarkan berbagai fleksibilitas pula, juga alternatif biaya yang murah, hingga ke solusi berbayar.

Dalam pengembangannya, SugarCRM melibatkan banyak narasumber. Yang dimulai dari operator aplikasi CRM, para pelanggan, pengembang, hingga para ahli.

Mengimplementasikan CRM bukan sekedar terbatas di instalasi dimana anda tinggal pakai saja. Anda pun juga perlu berupaya untuk kelanjutan dalam membangun sebuah statistik customer yang tentunya akan dimulai dari nol, hingga ke titik dimana Anda dapat memanfaatkan data-datanya untuk mengatur strategi marketing anda.


Zoho

Software CRM yang terakhir ialah Zoho. Software yang satu ini menawarkan manajemen campaign, email marketing, dan lead generation melalui berbagai sumber, seperti website, import data lead dan yang lainnya.

Yang terutama software CRM Zoho ini sangat berguna untuk mengintegrasikan organisasi penjualan Anda dan kegiatan pemasaran.

Dengan software CRM, Anda dapat secara efektif merencanakan campaign marketing, melaksanakan email campaign, hingga Anda pun bisa melacak pengeluaran marketing.

Selain itu, Zoho juga telah menyediakan campaign manajemen yang terpadu tersedia dengan penggantian tenaga penjualan secara otomatis yang pastinya akan membantu organisasi Anda dalam mengukur kinerja, laba atas investasi (ROI) dan efektivitas campaign.

Salesforce

Software CMR yang berikutnya adalah Salesforce yang menyediakan segala kebutuhan guna mengelola penjualan dan layanan (bagi semua bisnis). Software yang satu ini sudah terintegrasi dengan sistem Cloud, dengan memiliki beberapa fitur yang telah tersedia di dalamnya seperti:

  1. Sales Cloud: fitur yang berguna untuk memaksimalkan penjualan, dan meningkatkan pendapatan, produktivitas serta visibilitas di dalam sebuah bisnis.
  2. Services Cloud: fitur Services Cloud ini merupakan transformasi layanan pelanggan dan tentunya menciptakan hubungan yang baik dengan mereka.
  3. Marketing Cloud: fitur yang memantau dan berpartisipasi di dalam jejaring sosial.
  4. Salesforce Platform and AppExchange: fitur Salesforce Platform and AppExchange ini yang membuat aplikasi sosial menjadi inovatif, mobile dan juga real-time pada platform yang dapat digunakan oleh lebih dari 100.000 pelanggan.
  5. Salesforce Chatter: fitur yang dapat membuat proses bisnis dalam hal sosial. Berkolaborasi secara real time dari mana saja.

 

 

Ini Dia Fitur-fitur Aplikasi CRM yang Wajib Dimiliki Bisnis!



Semua manfaat di atas bisa Anda dapatkan karena CRM sudah dibekali dengan berbagai fitur berikut ini:

  • Contact management
  • Customer database
  • Laporan dan dashboard
  • Pelacakan KPI (Key Performance Indicator)
  • CRM seluler
  • Pelacakan GPS
  • Otomatisasi dan pelacakan penjualan
  • Integrasi email
  • Manajemen alur kerja
  • Penyimpanan data
  • Manajemen kinerja penjualan
  • Otomatisasi pemasaran
  • Integrasi obrolan
  • Otomatisasi dokumen
  • Izin dan akses keamanan
  • Basis data produk
  • Otomatisasi dan integrasi call center

1. Fitur Manajemen Kontak

Manajemen kontak adalah fitur CRM yang dapat memungkinkan Anda untuk mengelompokkan kontak ke dalam grup, lalu diatur dan dilengkapi dengan informasi yang lebih baik ke dalam CRM.

Dengan fitur CRM ini, Anda akan dapat mengumpulkan data pelanggan yang penting dan mendukung strategi pemasaran Anda saat memperkenalkan produk baru, dalam satu database pelanggan.

2. Manajemen Prospek untuk Menentukan Prospek Berkualitas Tinggi

Fitur CRM yang satu ini dapat memungkinkan bisnis untuk menentukan pelanggan terbaik dan menindaklanjutinya berdasarkan faktor demografis dan psikologis. Sehingga, bisnis dapat memiliki prospek berkualitas yang potensial.

3. Fitur Laporan dan Dasbor

Dengan menggunakan fitur ini, pengguna dapat melihat statistik dalam perspektif yang sangat menarik secara visual yang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, fitur ini juga manawarkan pembaruan data real-time dan platform yang dapat diakses dari berbagai portal. Sehingga dapat memberikan kemudahan akses untuk berbagai tingkatan pengguna.

4. KPI dan Pelacakan yang Dapat Disesuaikan

Fitur CRM dapat membantu memudahkan Anda dan tim untuk membuat KPI yang cocok untuk bisnis Anda dan pantau tim Anda berdasarkan KPI tersebut.

5. Fitur CRM Seluler/Mobile App

Saat ini mobile app menjadi salah satu hal penting yang perlu dimiliki oleh hampir semua aplikasi, tak terkecuali CRM. Di mana penggunaan fitur CRM seluler dapat membantu tim lapangan untuk merampingkan tugas mereka, sehingga tim sales lapangan dapat bekerja dengan lebih efektif dan efisien. Selain itu, fitur ini juga memungkinkan pengguna untuk melihat data dan menerima notifikasi berharga di perangkat seluler masing-masing.

 

6. Live GPS dan Laporan Kehadiran

Dengan fitur live GPS, Anda dapat melacak tim penjualan di mana pun mereka bekerja secara real-time. Selain itu, Anda juga dapat memantau kehadiran mereka di lapangan dengan menggunakan fungsi check-in dan check-out yang tersedia dalam aplikasi CRM mobile.

7. Automasi Tenaga Penjualan

Salah satu fitur aplikasi CRM yang banyak diminati oleh bisnis dan perusahaan ialah kemampuan untuk mengotomatisasi seluruh proses penjualan Anda. Sehingga Anda dan tim tidak perlu lagi melakukan entri data secara manual dan dapat bekerja dengan lebih efektif.

8. Integrasi Email

Sekarang Anda dapat memperoleh semua otomatisasi dan mengatur email di dalam CRM Anda. Ketika seorang pelanggan menghubungi untuk meminta bantuan, fitur CRM ini akan membuat Anda dapat dengan mudah menarik sejarah interaksi dan informasi pelanggan untuk memberi mereka pelayanan sebaik mungkin.

9. Alur Kerja dan Sistem Persetujuan

Salah satu cara perusahaan Anda untuk meningkatkan efisiensi secara instan adalah dengan mengoptimalkan alur kerja. Fitur CRM ini dapat memfasilitasi pengoptimalan dengan mengotomatisasi proses seperti pengumpulan data, analisis data, kampanye pemasaran, dan tugas-tugas lain yang sebelumnya dilakukan secara manual. CRM juga menyediakan laporan dan analisis untuk membantu pengguna mengidentifikasi masalah sehingga dapat diperbaiki.

10. Penyimpanan Data / File CRM

Untuk memaksimalkan manfaat data, data harus disimpan dengan benar. Salah satu fitur utama CRM adalah metode penyimpanan data yang dipatenkan sehingga pengguna dapat menarik data secara efisien. CRM juga menawarkan perlindungan untuk melindungi dan mencadangkan data penting ini sehingga mencegah kerugian dan pelanggaran keamanan.

11. Sinkronisasi Data

Aplikasi CRM berfungsi sebagai platform sinkronisasi untuk banyak program yang Anda gunakan. Unggah email dari Outlook, sinkronkan dengan Google Drive, impor spreadsheet, dan lain-lain. Dengan fitur sinkronisasi CRM ini, Anda dapat melihat semua fitur Anda dalam satu platform.

12. Manajemen Kinerja Penjualan

Di antara sistem CRM lainnya, manajemen kinerja penjualan menawarkan berbagai manfaat bagi tim penjualan. Manajer dapat dengan mudah melihat aspek apa dari tim penjualan yang berkinerja baik dan mana yang perlu diperbaiki.

Data dapat diatur oleh perwakilan penjualan atau oleh penanggung jawab terkait lainnya. Anda dapat mengelola kinerja mitra penjualan dari platform untuk memastikan tim Anda berkinerja terbaik. Dengan mengidentifikasi bidang-bidang masalah dengan data konkret, hal tersebut dapat ditangani secara lebih efisien.

13. Integrasi Automasi Pemasaran

Otomatisasi pemasaran memungkinkan Anda untuk menargetkan audiens yang mungkin tertarik pada produk Anda dengan lebih efisien dan strategis. Platform CRM yang baik akan memungkinkan Anda untuk mengontrol ketentuan otomatisasi program pemasaran Anda secara selektif.

14. Fitur Integrasi Obrolan

Fitur obrolan dalam CRM sangat penting bagi pengguna modern. Dengan mengintegrasikan program obrolan seperti WhatsApp ke sistem CRM Anda, Anda dapat melakukan percakapan dengan karyawan, mitra, dan memberikan dukungan pelanggan, semuanya dari 1 platform yang sama.

15. Fitur Automasi dan Integrasi Call Center

Salah satu fitur utama CRM adalah kemampuan untuk mengendalikan call center Anda dari sistem CRM Anda dan mengintegrasikan program pihak ketiga apa pun ke dalam satu platform. Semakin sedikit sistem yang harus Anda buka, semakin kecil kemungkinan Anda akan bingung dan kehilangan informasi melalui terjemahan atau transfer.

16. Fitur Basis Data Produk

Sistem CRM seharusnya memiliki fitur yang berfungsi sebagai data inventori untuk produk Anda. Lacak seluruh proses dari produk-produk yang Anda jual. Cari tahu produk mana yang berkinerja baik dengan pelanggan dan kapan penjualan gagal dibuat. Akses informasi ini dari perangkat seluler, desktop, dan lainnya.

17. Izin dan Akses Keamanan

Untuk keamanan tambahan, Anda dapat membatasi akses karyawan Anda berdasarkan peran mereka dalam organisasi dengan manfaat CRM ini. Kontrol apa yang dilihat oleh pengguna berbeda dalam CRM Anda untuk mencegah kebocoran data dan pelanggaran keamanan. Ini memungkinkan Anda untuk mengelola aktivitas karyawan Anda berdasarkan hierarki dalam perusahaan dan menjaga data pelanggan Anda agar tetap aman.

18. Integrasi Pihak ke-3

Tidak ada daftar proses CRM yang akan lengkap tanpa menyebutkan integrasi. Jika Anda menggunakan perangkat lunak jenis apa pun – ERP, BI, HR – Anda harus mengintegrasikannya dengan CRM Anda. Mengintegrasikan program lain ke software CRM Anda memungkinkan fungsionalitas tambahan dan menyederhanakan alur kerja.

19. Opsi Kustomisasi

 

Kustomisasi adalah salah satu sistem CRM yang mendasar, tetapi memiliki implikasi yang luas. Semakin banyak penyesuaian, semakin fleksibel CRM yang Anda gunakan. Sangat penting untuk mengetahui kebutuhan Anda saat melakukan penyesuaian ketika Anda mulai menggunakan sistem CRM.

20. Fitur CRM untuk Membuat Dokumen Otomatis

 

CRM yang berkualitas memiliki fitur yang memungkinkan Anda untuk mengunggah templat dokumen Anda ke sistem kami sehingga Anda dapat segera menghasilkan dokumen yang dibutuhkan dengan satu klik.

Contoh Aplikasi CRM Terbaik di Indonesia

Jika Anda ingin menggunakan CRM, ada beberapa aplikasi CRM terbaik di Indonesia yang bisa Anda pilih. Berikut rekomendasinya:

  • SalesForce CRM
  • Pipedrive CRM
  • HubSpot CRM
  • Qontak.com
  • Microsoft Dynamic CRM
  • Freshsales
  • Sugar CRM
  • Oracle CRM
  • Zoho CRM
  • SAP CRM

Demikianlah penjelasan tentang aplikasi CRM yang memberikan banyak manfaat bagi bisnis. Untuk kemudahan mengatasi keluhan pelanggan dan menjalankan bisnis, maka CRM dapat menjadi solusi yang paling tepat bagi Anda.

Tunggu Apalagi? Konsultasikan segera kebutuhan digitalisasi anda bersama depokwebsite.com

 

KONSULTASI GRATIS 

0882-9037-8482 Admin

 

Alamat Kantor : 

CQCH+VMQ, Jl. Terapi Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16111

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Panduan dan Contoh Sales Script yang Menyenangkan Calon Pelanggan | www.depokwebsite.com

Content Marketing adalah: Pengertian, Contoh, dan Strategi | www.depokwebsite.com

Kelebihan dan kekurangan IoT | www.depokwebsite.com