Content Marketing adalah: Pengertian, Contoh, dan Strategi | www.depokwebsite.com
Content Marketing
adalah: Pengertian, Contoh, dan Strategi
Daftar Isi
1.
Apa Itu Content Marketing?
2.
Tujuan dari Content Marketing
5.
Strategi Content Marketing
- Tagline “Content is King” memang
benar adanya. Konten kini dianggap memiliki peran yang penting di dalam dunia
marketing karena sebuah konten dapat berdampak bagi penyampaian pesan kepada
para audiens. Terlebih lagi untuk marketing online, sebuah konten
menjadi salah satu kunci kesuksesan dari sebuah brand.
Tahukah Anda, berdasarkan informasi yang dihimpun dari
CoSchedule, ada berbagai data menarik mengenai content marketing.
- Bisnis
yang menulis lebih dari 16 artikel dalam sebulan memperoleh traffic 3,5x
lebih banyak dibanding yang hanya mempublikasikan sebanyak 0-4 artikel per
bulan.
- Biaya
yang dikeluarkan untuk content marketing lebih rendah 62%
dibandingkan traditional marketing.
- Metode content marketing lebih
bisa mengkonversi penjualan 6x lebih banyak dibandingkan metode marketing
lainnya.
Penasaran apa itu content marketing dan
bagaimana contoh serta strategi yang tepat? Berikut ulasan lengkapnya!
Apa Itu Content
Marketing?
Content marketing adalah sebuah teknik marketing
yang dilakukan untuk menarik perhatian dari audiens dengan cara pembuatan dan
mendistribusikan konten yang relevan, penting, dan konsisten. Konten yang
disebarluaskan harus relevan dengan jenis bisnis yang Anda geluti.
Anda juga harus membuat prioritas apa saja topik yang layak
untuk dijadikan konten. Jangan lupa, agar konten yang Anda buat dapat
membuahkan hasil Anda harus konsisten.
Tujuan dari Content
Marketing
Neil Patel pernah menjelaskan, content marketing pada dasarnya dilakukan untukmembangun relasi yang
kuat dengan para audiens dalam jangka waktu yang lama. Di sisi lain, 5 tujuan
dari content marketing adalah
- Untuk
membangun serta mempertahankan identitas dari brand bisnis Anda.
- Agar
dapat lebih menonjol dan unggul dari para kompetitor.
- Menaikkan
jumlah traffic dari media sosial atau website brand
Anda.
- Meningkatkan brand
awareness.
- Meningkatkan
angka penjualan.
Jadi, tujuan utama dari content marketing adalah
meningkatkan pembelian yang membawa keuntungan bagi bisnis Anda. Dengan
menggunakan content marketing, terjadinya konversi audiens menjadi
konsumen akan semakin cepat.
Platfom Content Marketing
Penggunaan content marketing akan
mendatangkan banyak manfaat bagi brand Anda ke depannya. Oleh karena itu untuk
menarik lebih banyak audiens, Anda bisa memanfaatkan beberapa platform
atau website sebagai cara untuk mempermudah promosi brand
Anda, seperti:
1. Media sosial
Saat ini jumlah pengguna aktif sosial media di Indonesia
sangatlah besar. Dari situ Anda bisa memanfaatkannya sebagai sebuah platform
beriklan atau membangun engagement dengan target
market Anda.
2. Video
Anda juga bisa memanfaatkan video sebagai alat pemasaran
yang dapat disebarkan melalui YouTube, Instagram, Facebook, TikTok, WhatsApp,
dan lain-lain. Penggunaan video sendiri bertujuan untuk memberikan informasi
tentang detail produk dengan jelas kepada para konsumen.
3. Infografik
Memberikan data dan info yang dapat memudahkan konsumen Anda
untuk mengetahui informasi dengan mudah dan cepat. Dengan infografik data-data
yang sedikit sulit dibaca akan sangat mudah dan menarik dibaca. Hal itu akan
membantu proses dari promosi brand Anda akan lebih mudah untuk disampaikan.
Contoh Content Marketing
Kopi Chuseyo yang
dimiliki oleh Daniel Hermansyah merupakan salah satu bisnis yang
menerapkan content marketing. Bisnis kopi yang mengusung tema Korea
ini begitu konsisten, mulai dari minuman, packaging, interior
outlet offline, hadiah giveaway, cup
sleeve, hingga tampilan media sosial mereka.
Mereka pun juga sering berkolaborasi dengan komunitas K-Pop.
Maka tak heran apabila brand Kopi Chuseyo pun semakin kuat.
Tak berhenti di situ, Kopi Chuseyo juga memanfaatkan content
marketing dengan menerapkan user-generated content. Akun
Instagram mereka sering me-repost Insta Story yang masuk,
misalnya review minuman dari pembeli, review suasana
outlet offline, acara komunitas yang dihadiri penggemar K-Pop, dna
banyak lainnya.
Dengan menerapkan cara ini, Kopi Chuseyo pun bisa
memiliki exposure yang lebih luas. Siapa tahu, konten yang di-post pelanggan
di Instagram, bisa menarik perhatian pelanggan lain agar mau membeli dari
bisnis ini.
Anda juga bisa menerapkan cara ini, lho! Misalnya, Anda
membuat campaign dan mengajak pelanggan untuk post di Insta
Story, mention akun Anda, serta menggunakan hashtag tertentu.
Tertarik untuk mencobanya?
Strategi Content
Marketing
Agar output content marketing Anda lebih
optimal, berikut ini beberapa strategi yang bisa Anda coba terapkan.
1. Tetapkan tujuan yang ingin dicapai
Menetapkan tujuan dari sebuah yang ingin dicapai dari sebuah
proses pemasaran agar dalam proses pengerjaannya dapat fokus dan efisien. Tujuannya
bisa untuk membangun awareness, peluncuran produk, mengadakan giveaway atau
bentuk promosi lainnya, atau untuk meningkatkan penjualan. Masing-masing tujuan
ini memiliki pendekatan yang berbeda pula. Jadi, pastikan objektif konten Anda
sudah jelas sejak awal.
2. Mengetahui target market produk Anda
Dengan mengetahui kepada siapa Anda akan berkomunikasi, Anda
akan jadi lebih mudah menentukan bagaimana cara mengkomunikasikannya. Lakukan
riset mendalam untuk mengetahui konten apa yang target market Anda
sukai. Hal itu membuat proses pemasaran brand Anda lebih terarah dan akan lebih
cepat mencapai tujuan.
3. Memberikan konten yang berkualitas
Pada saat Anda memberikan konten yang berkualitas untuk
dibagikan kepada audiens Anda, mereka akan menilai persona dari brand Anda.
Jika mereka menyukainya, maka mereka akan tertarik untuk tahu lebih lanjut. Di
situ lah Anda bisa mengkonversi audiens menjadi konsumen.
4. Evaluasi
Proses ini perlu Anda lakukan agar kedepannya Anda tahu
konten seperti apa yang menarik banyak orang dan konten apa yang kurang
disukai. Setelah proses evaluasi diharapkan Anda dapat memberikan konten yang
lebih tepat untuk target market, sehingga marketing Anda bisa jadi
lebih efektif dan efisien.
Tunggu Apalagi? Konsultasikan segera kebutuhan digitalisasi
anda bersama www.depokwebsite.com
KONSULTASI GRATIS
0857-7612-5559 CS 1
0858-9165-8512 CS 2
0882-9037-8482 CS 3
Alamat Kantor :
CQCH+VMQ, Jl. Terapi Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor
Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16111
Komentar
Posting Komentar