Apa Itu Website? | www.depokwebsite.com

Apa Itu Website?

 


Website adalah bagian tidak terpisahkan dari perkembangan internet, dan saat ini jumlahnya mencapai 1,9 miliar di seluruh dunia. Bahkan, jumlah tersebut akan terus bertambah karena jenis website juga terus berkembang.

Website adalah sekumpulan halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berada pada peladen yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi.

Dengan kata lain, website dapat juga diartikan sebagai sebuah kumpulan halaman pada suatu domain di internet yang memuat tentang berbagai informasi yang dibuat dengan tujuan tertentu dan saling berhubungan serta dapat diakses secara luas melalui halaman depan atau home page yang menggunakan sebuah browser menggunakan URL website.

Sebuah halaman web merupakan berkas yang ditulis sebagai berkas teks biasa (plain text) yang diatur dan dikombinasikan sedemikian rupa dengan instruksi-instruksi berbasis HTML atau XHTML yang kemudian diterjemahkan oleh peramban web dan ditampilkan seperti layaknya sebuah halaman pada monitor komputer.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) website atau yang disingkat dengan istilah web, adalah sebuah sistem untuk mengakses, memanipulasi, dan mengunduh dokumen hipertaut yang terdapat dalam komputer yang dihubungkan melalui internet; jejaring; jaringan.

Awalnya, website hanyalah untuk tujuan penggunaan pribadi. Namun, saat ini hampir semua perusahaan memilikinya. Sebut saja, Facebook, Apple, BBC News dan lainnya.

 

Daftar isi 

1 Apa Itu Website?

2 Sejarah Website

3 Unsur-Unsur Website

4 Jenis-Jenis Website dan Contohnya

 

Pengertian Website Menurut Para Ahli

Website adalah kumpulan halaman web yang saling terhubung dan seluruh file saling terkait. Web terdiri dari page atau halaman dan kumpulan halaman yang dinamakan homepage. Homepage berada pada posisi teratas dengan halaman-halaman terkait berada di bawahnya. Biasanya, setiap halaman di bawah homepage (child page) berisi hyperlink ke halaman lain dalam web (Gregorius, 2000).

Website merupakan fasilitas internet yang menghubungkan dokumen dalam lingkup lokal maupun jarak jauh. Dokumen pada website disebut dengan web page dan link dalam website memungkinkan pengguna bisa berpindah dari satu page ke page lain (hypertext), baik antara page yang disimpan dalam server yang sama maupun server di seluruh dunia. Halaman dapat diakses dan dibaca melalui browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, dan lainnya (Hakim Lukmanul, 2004).

Website adalah halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet. Website merupakan komponen atau kumpulan komponen yang terdiri dari teks, gambar, suara, dan animasi sehingga menarik untuk dikunjungi (Sholechul Azis, 2013).

Website adalah kumpulan halaman yang berisi informasi tertentu dan dapat diakses dengan mudah oleh siapapun, kapanpun, dan di manapun melalui internet.

Anda bisa mengakses website dengan menuliskan URL di alamat website di browser.

Agar pengunjung lebih mudah untuk mengakses informasi yang mereka cari, halaman-halaman tersebut dikelompokkan dalam menu yang bisa diakses dari halaman utama.

Sebagian besar website sudah menggunakan cara ini untuk lebih meningkatkan pengalaman pengunjung saat mengaksesnya. Lalu, bagaimanakah website pada saat pertama kali diciptakan? 

 

Sejarah Website



Website pertama kali muncul di dunia pada tahun 1991 oleh seorang ahli komputer berkebangsaan Inggris yaitu Sir Timothy John "Tim" Berners-Lee. Ketika merancang website, Tim bermaksud untuk  memudahkan tukar menukar dan memperbarui informasi pada sesama peneliti di tempat ia bekerja.

Akhirnya pada tanggal 30 April 1993, CERN (laboratorium tempat Tim bekerja) mengumumkan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh publik.


Web 1.0

Web 1.0 merupakan generasi pertama dari layanan internet berbasis web. Pengguna hanya bisa membaca dan mencari, serta melihat-lihat informasi yang ada dalam sebuah web tanpa bisa melakukan interaksi lainnya. Bisa dikatakan pada saat itu, tipe Web 1.0 hanya menggunakan komunikasi 1 arah. Sehingga pada saat itu web tipe ini seolah-olah berperan sebagai papan pengumuman yang dihadirkan secara digital.

Web 2.0

Web 2.0 merupakan generasi lanjutan dari web 1.0 yang dikenal dengan istilah Web Sosial. Web 2.0  mengacu pada situs web yang menekankan konten yang dibuat pengguna , kemudahan penggunaan , budaya partisipatif , dan interoperabilitas (yaitu, kompatibel dengan produk, sistem, dan perangkat) untuk pengguna akhir.

Web 2.0 pertama kali diciptakan oleh  Darcy DiNucci pada tahun 1999 yang kemudian dipopulerkan oleh Tim O'Reilly dan Dale Dougherty pada Konferensi O'Reilly Media Web 2.0 pertama pada akhir 2004. Tidak seperti web 1.0 yang bersifat statis atau komunikasi satu arah, web 2.0 memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dan berkolaborasi satu sama lain melalui dialog media sosial sebagai pembuat konten buatan pengguna dalam komunitas virtual .

Merupakan generasi ketiga dari layanan internet berbasis web, web 3.0 pertama kali diperkenalkan pada tahun 2001 ketika Tim menulis sebuah artikel ilmiah yang menggambarkan web 3.0 sebagai sebuah sarana bagi mesin untuk membaca halaman-halaman web.

Web 3.0

Web 3.0 menawarkan metode yang efisien dalam membantu komputer mengorganisasi dan menarik kesimpulan dari data online. Web 3.0 juga memungkinkan fitur Web menjadi sebuah sarana penyimpanan data dengan kapasitas yang luar biasa besar.

Jika berbicara tentang web 3.0 , maka erat hubungannya dengan konsep Web Semantik. Dimana web dapat dinikmati tidak hanya dalam bahasa asli pengguna, tetapi juga dalam bentuk format yang bisa diakses oleh agen-agen software. Beberapa ahli bahkan menamai Web 3.0 ini sebagai Web Semantik itu sendiri.

Web 4.0

Web 4.0 dapat digunakan untuk membantu kita dalam  pencarian  informasi,  penyimpanan  history  pencarian,  ataupun mempertemukan orang-orang yang mencari informasi serupa. Web 4.0 sendiri merupakan  private secretary dalam bentuk organisme buatan.

Sebuah alat  dimana  aplikasi  merekam  rutinitas  yang  kita  lakukan  yang  seluruh  rutinitas tersebut  bisa  diketahui  oleh  aplikasi  komputer, program, tools ataupun device  yang  kita miliki yang dijalankan secara online.

Selain itu, Web 4.0 juga dikenal dengan istilah revolusi industri, yang artinya gelombang keempat dari perjalanan dan perkembangan revolusi industri dan web. Secara sederhana, Web 4.0 dapat dipahami sebagai perkembangan teknologi website yang mengarah pada otomasi dan pertukaran data terkini secara mudah dan cepat yang mencakup sistem siber-fisik, internet untuk segala , komputasi awan , dan juga komputasi kognitif.

Tentu saja. Alasannya, saat itu tujuan dibuatnya website milik Tim adalah memudahkan para peneliti di tempatnya bekerja untuk bertukar informasi. Sehingga, penggunaan website itu sendiri masih terbatas di lingkungan kerjanya saja di CERN. 

Dan pada 30 April 1993, website mulai dikenalkan kepada masyarakat dan dapat digunakan secara gratis oleh siapapun, baik individu, organisasi, maupun perusahaan. Dari sanalah website berkembang secara pesat hingga saat ini.

Unsur-Unsur Website



Terdapat lima unsur yang sangat vital pada website. Tanpa adanya unsur ini, website tidak bisa ditemukan maupun diakses oleh pengguna internet. Apa saja unsur yang ada di website? 

1. Domain

Anda mungkin sudah sering mendengarnya, tapi sebetulnya pengertian domain dan perannya di dalam website itu apa sih?

Pengertian domain adalah alamat sebuah website. Awalnya, untuk mengunjungi suatu website Anda perlu mengetahui alamat IP yang ditandai deretan angka. 

Karena alamat IP sangat sulit diingat, maka terciptalah sistem “penamaan” alamat website.

Nah, Anda bisa menggunakan nama domain yang sesuai dengan maksud atau tujuan website. Misalnya, memakai nama brand bisnis, nama pribadi, atau nama topik dari website tersebut. 

Nama apapun bisa Anda pilih sebagai domain, asalkan singkat, mudah diingat, dieja, dan ditulis. Tujuannya, agar memudahkan ketika visitor ingin berkunjung ke website Anda.

2. Hosting

Hosting atau web hosting adalah server tempat di mana semua file website Anda disimpan serta dapat diakses dan dikelola melalui internet. 

Hosting bisa diibaratkan sebuah rumah dan website adalah seluruh isi rumah tersebut, mulai dari gambar, video, teks, dan lainnya.

Nah, agar website Anda dapat berjalan cepat dan aman, maka Anda perlu memilih “rumah” yang baik alias penyedia hosting yang terpercaya. 

3. Konten

Anda tentu mengunjungi website dengan tujuan tertentu, kan? Bisa untuk mencari sebuah informasi, berbelanja, atau lainnya.

Nah, semua informasi itu disediakan dalam bentuk konten website. Dengan adanya konten, pengunjung dapat mengetahui informasi yang ada di sebuah website baik dalam bentuk gambar, video, bahkan teks.

Sebagai contoh, website Niagahoster ditujukan sebagai pusat informasi bisnis online dan tempat konsumen bisa membeli produk. 

Maka, konten yang ditampilkan adalah penjelasan berbagai produk di beberapa landing page, informasi penggunaan produk dan topik seputar produk dalam bentuk blog, hingga halaman kursus yang memberikan value lebih kepada konsumen.

4. Bahasa Pemrograman (Kode)

Tim Berners-Lee awalnya mengembangkan website dengan bahasa pemrograman HTML.

Seiring berkembangnya dunia coding, terciptalah beberapa bahasa pemrograman seperti CSS untuk mengatur tampilan elemen website, JavaScript agar website lebih dinamis serta interaktif, dan lainnya. 

Ketiga bahasa pemrograman tersebut, mulai membuat banyak website menarik bermunculan dan melahirkan banyak programmer hebat yang mampu membuat website dengan baik.

Namun, teknologi website terus berkembang sehingga orang yang tidak memiliki keahlian bahasa pemrograman bisa membuat website dengan CMS (Content Management System), software untuk mengatur konten website. 

Saat ini, pilihan CMS yang bisa Anda gunakan pun kian banyak. Salah satu CMS paling populer yaitu WordPress, dimana telah digunakan oleh lebih dari 30 juta website atau setara dengan 60% website di dunia.

5. Tampilan 

Informasi di dalam sebuah website itu penting, tapi tampilan yang baik juga diinginkan oleh pengunjung. Bahkan, 48% pengguna internet menyebutkan bahwa desain website adalah faktor dalam menentukan kredibilitasnya, apalagi untuk website bisnis. 

Tampilan website bukan hanya sekedar menarik, tetapi juga harus user friendly. Artinya, menarik berkat kombinasi warna yang pas dengan struktur yang rapi sehingga memudahkan akses pengguna di semua perangkat.

Untuk membuat tampilan menarik dengan coding, bahasa pemrograman CSS-lah yang digunakan. Namun, kalau menggunakan CMS seperti WordPress, ada ribuan pilihan template siap pakai. 

Saat ini bahkan telah banyak template yang memudahkan Anda untuk melakukan kustomisasi seperti mengedit font, memilih warna font, men-setting layout, dan lainnya.

 

Jenis-Jenis Website dan Contohnya



Secara umum, ada dua jenis website berdasarkan sifatnya, yaitu website statis dan website dinamis

Jika informasinya tetap atau tidak berubah disebut website statis. Sebaliknya, jika informasi dalam website selalu berubah-ubah disebut website dinamis.

Namun, jika dilihat dari tujuan penggunaannya, website terbagi menjadi tujuh jenis, yaitu:

1. Website Pribadi

Website pribadi adalah jenis website yang dimiliki oleh individu, yang biasanya digunakan untuk tujuan profesionalitas atau menyampaikan opini pribadi.

Misalnya, Anda dapat menunjukkan berbagai karya atau pengetahuan Anda melalui sebuah website portofolio. 

Intinya, Anda bisa membangun website sesuai keinginan, sekaligus membangun personal branding, seperti yang dilakukan chef terkenal dunia.

2. Website Toko Online/E-commerce

Jenis website ini digunakan sebagai toko di ranah online. Penggunaan website toko online sangat populer karena dinilai dapat menjalankan bisnis secara efektif, terutama dengan pangsa pasar online yang jauh lebih luas.

Website toko online memiliki halaman dan menu yang menunjukkan aktivitas bisnis dari sebuah tempat berbelanja. Diantaranya ada fitur keranjang belanja, checkout, katalog serta halaman produk, dan lainnya.

Website toko online juga bisa Anda desain dengan layout sesuai kebutuhan menggunakan warna khas bisnis, logo, dan sebagainya. 

3. Website Company Profile

Website company profile adalah jenis website yang digunakan untuk menunjukkan eksistensi perusahaan. Jadi, ketika ada yang ingin mencari informasi tentang perusahaan tersebut melalui internet, website inilah yang menjadi sumber utamanya

Tak hanya itu, website company profile juga penting untuk meningkatkan kredibilitas bisnis. Website ini akan menampilkan profil dan berbagai informasi seputar perusahaan.

Di dalam website company profile, sebuah perusahaan juga bisa menunjukkan campaign yang sedang dijalankan.  

4. Website Komunitas

Website komunitas atau website forum adalah jenis website yang dapat menjadi wadah berkomunikasi bagi para penggunanya. 

Website ini biasanya memiliki fasilitas seperti, pengguna dapat membuat thread atau konten dalam berbagai topik, lalu orang lain mengajukan pertanyaan, berkomentar, dan sebagainya. 

5. Website Gallery

Seperti namanya, website gallery adalah jenis website yang menampilkan konten visual seperti foto dan video. 

Biasanya, website gallery menyediakan stok foto dalam jumlah dan dengan kualitas tinggi. Foto tersebut bisa Anda dapatkan baik secara gratis maupun dengan membeli lisensi dan dapat digunakan sebagai pendukung konten, visualisasi iklan, dan lainnya. 

6. Website Berita

Website berita adalah jenis website yang bertujuan menyebarkan berita terupdate. Website jenis ini semakin populer karena saat ini ranah berita offline sudah mulai ditinggalkan. 

Selayaknya koran, website portal berita berisi informasi terkini dalam berbagai topik, seperti politik, kesehatan, lingkungan, bahkan wawancara dengan tokoh tertentu. 

7. Blog

Blog adalah jenis website yang dapat memuat banyak konten artikel yang disebut blog. Biasanya, blog membahas niche atau topik tertentu, seperti keuangan, teknologi, kecantikan, kuliner, dan lainnya. 



Tunggu Apalagi? Konsultasikan segera kebutuhan digitalisasi anda bersama www.depokwebsite.com

KONSULTASI GRATIS 
0857-7612-5559 CS 1
0858-9165-8512 CS 2
0882-9037-8482 CS 3

Alamat Kantor : 
CQCH+VMQ, Jl. Terapi Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16111

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Panduan dan Contoh Sales Script yang Menyenangkan Calon Pelanggan | www.depokwebsite.com

Content Marketing adalah: Pengertian, Contoh, dan Strategi | www.depokwebsite.com

Kelebihan dan kekurangan IoT | www.depokwebsite.com