Perbedaan Landing Page dan Website | www.depokwebsite.com
Perbedaan Landing Page dan Website
Apakah Anda pernah mampir ke
halaman website yang berisikan perintah seperti, “Get started
now!”, “Buy Now”, atau “Pesan Sekarang”? Kalau iya, artinya Anda mengunjungi
yang namanya landing page. Berarti landing page sama
seperti website dong? Nah, keduanya sebetulnya landing
page dan website memiliki perbedaan yang signifikan.
Bagi Anda yang memiliki website baik
bertujuan sebagai website bisnis maupun
sebagai seorang blogger, mungkin Anda familiar dengan landing
page. Landing page dan website memang
merupakan satu kesatuan, tetapi memiliki pengertian serta tujuan yang berbeda.
Daftar Isi
Apa Bedanya Landing Page dan Website?
Secara umum, terdapat dua jenis
pengunjung pada website perusahaan Anda. Yang pertama adalah
mereka yang mengunjungi hanya untuk melihat-lihat saja. Lalu yang kedua adalah
mereka yang mengunjungi website Anda dengan tujuan tertentu.
Perbedaan antara landing page dan website terletak
pada jenis pengunjung yang datang berkunjung ke laman tersebut. Landing page merupakan
halaman dengan pengunjung jenis kedua dengan tujuan khusus. Sementara, website memiliki
pengunjung jenis pertama yang hanya melihat-lihat. Nah, agar Anda lebih
memahami perbedaan keduanya, mari simak penjelasan berikut ini.
- Tujuan
Perbedaan antara landing page dan website, yaitu
tujuannya. Sebuah website dibuat
dengan tujuan mengenalkan perusahaan Anda kepada umum, baik itu calon pembeli
maupun leads. Laman website biasanya
berisikan semua informasi tentang bisnis Anda. Misalnya seperti jenis layanan
atau produk, kontak bisnis, about us, dan lainnya.
Berbeda dengan landing page sebagai
bagian dari website. Laman ini biasanya khusus dibuat dengan
tujuan marketing. Laman ini bertujuan untuk mendorong para
pengunjung yang datang untuk membuat sebuah aksi. Misalnya seperti “Get started
now!”, “Buy Now”, atau “Pesan Sekarang”.
- Audiens
Perbedaan antara landing page dan website selanjutnya yaitu
terletak pada jenis atau target dari audiensnya. Seperti yang telah disampaikan
sebelumnya, website memiliki
jenis pengunjung yang hanya melihat-lihat saja. Biasanya mereka hanya ingin
“berkenalan” lebih dulu dengan bisnis Anda. Mencari tahu seperti apa perusahaan
ini dan apa yang mereka tawarkan.
Sementara, landing page memiliki
jenis pengunjung yang sudah memiliki tujuan pasti. Mereka yang mengunjungi
laman ini sudah pasti bertujuan untuk membeli atau mengikuti. Pengunjung yang
datang ke laman ini biasanya berasal dari iklan ataupun dari homepage.
Dalam laman ini, sebutan mereka bukan lagi pengunjung, tetapi leads.
- Isi Konten
Jika perbedaan antara landing
page dan website terletak
pada tujuannya, tentu saja isi konten dari kedua laman juga harus
berbeda. Website sebagai
laman utama perusahaan Anda secara online, menampilkan banyak
konten. Hal ini karena isi dari website merupakan keseluruhan
baik itu landing page maupun laman lain seperti kontak
atau about. Tentu saja terdapat banyak tombol navigasi disana.
Tetapi, isi landing page hanya
memiliki satu konten spesifik saja. Biasanya laman ini berisikan konten
mengenai penawaran produk atau jasa lengkap dengan informasi. Selain itu, laman
ini juga dilengkapi dengan tombol CTA (Call to Action) yang akan
langsung mengarahkan Anda pada laman khusus seperti pembelian.
- Desain
Perbedaan terakhir dari landing page dan website,
yaitu terdapat pada desain keduanya. Website memiliki isi
konten yang beragam yang mencakup keseluruhan website. Oleh karena
itu, desain yang Anda aplikasikan juga kompleks. Terdapat banyak tombol
navigasi serta perintah untuk menuju ke laman selanjutnya. Misalnya, terdapat
tombol navigasi blog, kontak, tentang kami, dan pelayanan.
Berbeda dengan landing page yang hanya
berisikan satu konten spesifik saja. Desain yang diaplikasikan pada laman ini
seharusnya desain yang sederhana. Hanya berisikan penjelasan produk atau
formulir disertai dengan tombol CTA. Jadi, jika dibandingkan, desain pada landing
page terlihat lebih sepi daripada website.
Pentingnya Landing Page dalam
Website
Sebelum Anda mengetahui mengapa
laman ini penting untuk website serta
bisnis Anda, ketahui dulu jenis-jenis dari laman ini. Terdapat dua jenis
laman landing page yang umumnya perusahaan gunakan.
- Lead Generation
Jenis yang pertama ini biasanya
ditujukan bagi mereka yang telah membeli atau para pebisnis lain. Tujuannya
tentu juga sebagai cara marketing perusahaan. Landing
page jenis ini memiliki fungsi untuk melakukan pengumpulan informasi
data para leads. Nantinya, para calon pembeli atau leads akan
diminta untuk mengisi formulir.
Informasi data seperti nama dan
email nantinya akan digunakan oleh perusahaan untuk mengirimkan informasi
terkini mengenai perusahaan. Misalnya, ada penawaran harga atau voucher promo atau artikel
terbaru dan lainnya. Perusahan menggunakan ini untuk menjalin serta menjaga
hubungan dengan para pembeli dan menggaet leads.
- Click Through
Jenis kedua yaitu yang ditujukan
bagi mereka para leads atau mereka yang memiliki potensi untuk
membeli, berlangganan, atau menjadi pengguna. Sama seperti lead
generation, jenis yang satu ini juga bertujuan untuk marketing.
Tetapi, umumnya landing page jenis ini digunakan oleh
perusahaan sebagai metode marketing B2C.
Laman jenis ini memiliki tampilan
yang sederhana tapi menarik, singkat, serta jelas. Hanya terdapat satu tombol
CTA dalam jenis ini, yaitu membeli, berlangganan, dan lainnya. Biasanya,
pada landing page jenis ini juga tertera informasi spesifik
terkait produk. Jika jenis pertama bertujuan untuk menggaet leads,
maka jenis kedua ini leads telah berubah menjadi pembeli.
Apa Fungsi Landing Page?
Jika melihat kedua jenis dari
laman ini, tentu saja fungsi dari laman ini pada website adalah
untuk mengumpulkan leads dan untuk mempermudah transaksi
pelanggan. Tetapi, terdapat fungsi lain dari landing page bagi website bisnis
Anda. Fungsi inilah yang membuat Anda wajib untuk membuat landing
page untuk website bisnis Anda.
- Mengkonversi Leads menjadi Pelanggan
Fungsi pertama yang sangat penting dari laman ini yaitu Anda dapat mengubah para leads menjadi pelanggan. Hal ini karena isi dari landing page sangat spesifik, sehingga hanya ada satu perintah disana yang dapat pengunjung lakukan.
Selain itu, melalui informasi
data para leads yang Anda kumpulkan, Anda dapat melakukan
pemasaran dengan mudah. Tidak perlu mencari pengunjung atau calon pelanggan
susah payah. Cukup kirim semua informasi terkini, baik itu berita, penawaran
harga, voucher diskon, dan lainnya kepada leads tersebut.
- Landing Page Membuat Iklan menjadi Efektif
Salah satu contoh fungsi
dari landing page yang harus Anda terapkan yaitu saat Anda
memasang iklan. Tentu saja Anda berharap akan banyak yang melihat iklan Anda
kemudian berkunjung ke website bisnis Anda. Tetapi, bagaimana
jadinya bila Anda tidak mencantumkan URL landing page Anda di
iklan tersebut? Tentu saja tidak ada yang berkunjung ke website bisnis Anda.
Sebaliknya, jika Anda
menyiapkan landing page yang akan mengarahkan para pengunjung
dalam satu klik di iklan, maka pengunjung bisa saja berubah menjadi leads.
Hal ini juga akan mempermudah pengunjung yang memang ingin membeli atau
berlangganan dengan bisnis Anda.
- Memudahkan Analisa Target Pasar
Fungsi serta manfaat lain
dari landing page yang
wajib Anda ketahui adalah melalui laman ini Anda jadi mudah untuk melakukan
analisa target pasar. Melalui laman ini, Anda dapat mengetahui siapa saja
pengunjung website Anda.
Mulai dari informasi data pengunjung hingga pada informasi lain dapat Anda
peroleh melalui laman ini.
Dengan begitu, Anda akan lebih
mudah untuk melakukan analisis terhadap target audiens maupun target pasar.
Anda juga dapat melakukan penargetan ulang maupun strategi pemasaran yang baru
sesuai dengan data tersebut.
Kesimpulan
Perbedaan antara landing page dan website terletak pada
pengertian serta tujuannya. Tetapi, keduanya merupakan satu kesatuan yang
penting dalam Anda menjalani bisnis secara online. Banyak
sekali manfaat yang dapat Anda peroleh dengan membuat landing page.
Bukan hanya penjualan yang meningkat, tetapi juga memudahkan Anda dalam
menganalisa audiens.
Tunggu Apalagi? Konsultasikan segera kebutuhan digitalisasi
anda bersama www.depokwebsite.com
KONSULTASI GRATIS
0857-7612-5559 CS 1
0858-9165-8512 CS 2
0882-9037-8482 CS 3
Alamat Kantor :
CQCH+VMQ, Jl. Terapi Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor
Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16111
Komentar
Posting Komentar