Pengertian, Cara kerja dan Contoh Payment Gateway di Indonesia | www.depokwebsite.com
Pengertian, Cara kerja dan Contoh Payment Gateway di Indonesia
Daftar Isi
Seiring dengan semakin banyaknya web e-commerce di
Indonesia, terdapat beberapa contoh payment gateway populer yang sudah banyak
dipergunakan. Payment gateway
adalah sebuah teknologi yang menjadi jembatan antara bisnis Anda dengan
pelanggan. Berikut penjelasan selengkapnya untuk Anda.
Secara garis besar, payment gateway adalah layanan
e-commerce untuk memproses, memverifikasi, menerima / menolak pembayaran yang
secara digital. Jika Anda adalah pemilik bisnis e-commerce, teknologi ini dapat
membantu Anda dalam menghadirkan proses pembayaran yang aman dan efisien.
Banyak pemilik bisnis yang menggunakan sistem ini untuk
menghindari kemungkinan terjadinya penipuan kartu kredit dalam bisnis
E-Commerce. Selain itu, payment gateway juga dapat membuat proses pembayaran
menjadi lebih cepat dan mudah. Agar Anda dapat lebih memahami dengan jelas
mengenai apa itu payment gateway, berikut kami sajikan penjelasannya untuk
Anda.
Apa Itu Payment Gateway?
Payment gateway
adalah teknologi yang digunakan oleh penjual atau pemilik bisnis untuk
mengotorisasi atau menerima pembayaran dari pelanggan melalui kartu
debit/kredit, dompet digital, dan lain-lain. Payment gateway sebenarnya tidak
hanya digunakan oleh website e-commerce namun juga berbagai bisnis offline
(toko fisik) yang memfasilitasi pembayaran dengan transaksi digital yang
aman.
Cara termudah untuk memahami apa itu payment gateway yaitu
dengan memikirkan bahwa payment gateway adalah teknologi aman yang menjembatani
proses pembayaran antara bisnis Anda dan pelanggan. Jika Anda bisnis Anda
menyediakan layanan pembayaran dengan payment gateway, maka Anda tidak hanya
memberikan pelayanan yang lebih baik, namun juga mendorong lebih banyak
pelanggan untuk melakukan pembelian karena bisnis Anda dapat mengakomodasi
semua metode pembayaran.
Bagaimana Cara Kerja Payment
Gateway?
Berikut adalah proses payment gateway bekerja secara garis
besar:
- Pelanggan
memilih produk atau layanan yang ingin mereka beli dan melanjutkan ke
proses pembayaran.
- Pelanggan
memasukkan rincian kartu kredit atau debit mereka di halaman pembayaran.
Informasi tersebut kemudian akan diteruskan dengan aman ke payment gateway
Anda.
- Payment
gateway kemudian akan memberi token atau mengenkripsi detail kartu
pelanggan serta melakukan pemeriksaan penipuan sebelum mengirim data kartu
tersebut ke bank yang mengakuisisi.
- Setelah
itu, data dikirim dan bank yang mengakuisisi akan mengirimkan informasi
dengan aman ke card schemes seperti Visa atau Mastercard.
- Card
schemes selanjutnya akan kembali melakukan pemeriksaan penipuan dan
mengirim data pembayaran ke bank penerbit.
- Setelah
melakukan screening penipuan, bank penerbit akan mengotorisasi transaksi.
Pesan pembayaran yang disetujui atau ditolak akan ditransfer kembali dari
card schemes, lalu ke bank pengakuisisi.
- Bank
yang mengakuisisi mengirimkan pesan persetujuan atau penolakan kembali ke
payment gateway yang kemudian mengirimkan pesan tersebut untuk Anda
(pedagang). Jika pembayaran disetujui, pengakuisisi mengumpulkan jumlah
pembayaran dari bank penerbit dan menyimpan dana tersebut ke dalam
merchant account atau akun pedagang Anda.
Sebagai informasi, menyetorkan dana ke merchant account
dikenal dengan istilah settlement. Kapan proses settlement dapat terjadi
sebenarnya tergantung pada kesepakatan yang dibuat antara pedagang dengan
payment gateway yang mereka gunakan.
- Setelah
proses tersebut, pedagang dapat menampilkan halaman konfirmasi pembayaran
kepada pelanggan.
Contoh Payment
Gateway di Indonesia
Jika Anda tertarik untuk menyediakan pengalaman transaksi
digital yang aman dan nyaman, terdapat beberapa contoh payment gateway populer
yang sering digunakan oleh para pemilik bisnis di Indonesia. Berikut beberapa
diantaranya:
- DOKU
Contoh payment gateway yang pertama adalah DOKU. DOKU
merupakan penyedia layanan pembayaran online di Indonesia yang dibangun pada
tahun 2007. Sebelumnya, perusahaan ini dikenal dengan nama NSIAPay, namun pada
tahun 2010 perusahaan memutuskan untuk melakukan rebranded menjadi DOKU.
Sebagai penyedia layanan pembayaran online, DOKU tidak hanya
menyediakan sistem payment gateway saja namun juga beragam produk lain seperti:
- Transfer
service: layanan untuk membantu pemilik bisnis dalam melakukan transfer
dana berskala besar ke banyak rekening penerima.
- E-wallet:
layanan dompet digital
- QRIS
DOKU: kode QR pada kasir toko yang dapat dipindai oleh pengguna uang
elektronik untuk melakukan pembayaran.
Untuk layanan payment gateway, DOKU menawarkan berbagai
fitur unggulan untuk kemudahaan transaksi pembayaran digital. Beberapa fitur
tersebut seperti:
- Menyediakan
metode pembayaran beragam: DOKU dapat menghubungkan bisnis Anda ke
lebih dari 20 bank dan lembaga non-keuangan di Indonesia
- Sistem
pembayaran yang aman: DOKU menyediakan fraud detection agar
pembayaran berjalan dengan aman
- Menyediakan
E-Invoice: layanan ini dapat digunakan untuk penagihan langsung ke
pelanggan Anda.
- Integrasi
e-commerce CMS: DOKU menyediakan layanan integrasi dengan berbagai
platform e-commerce seperti Magento, Shopify, Joomla, dan lain-lain
2. Midtrans
Contoh payment gateway yang selanjutnya adalah Midtrans.
Perusahaan ini berdiri pada tahun 2012 dan sebelumnya dikenal sebagai Veritrans
Indonesia. Sama seperti contoh payment gateway yang lain, Midtrans juga
menawarkan beberapa pilihan pembayaran mulai dari e-money, kartu kredit/debit,
e-banking, atau pembayaran tunai di toko atau gerai.
Dalam memberikan layanannya, Midtrans menjamin bahwa
transaksi pembayaran yang terjadi dapat berjalan aman. Midtrans menggunakan
teknologi deteksi anomali yang unggul untuk melindungi transaksi Anda. Selain
itu, Midtrans juga menggunakan enkripsi AES 256 untuk memastikan bahwa data
sensitif terlindung dari pencuri dan akses yang tidak sah.
Sebagai salah satu payment gateway populer di Indonesia,
Midtrans kompatibel untuk berbagai platform mulai dari Shopify sampai iOS.
Sampai saat ini, Midtrans sudah digunakan oleh 500k merchant termasuk
Tokopedia, Gojek, dan perusahaan besar lainnya.
3. Faspay
Perlu Anda tahu, Faspay termasuk penyedia layanan pembayaran
online yang sudah lama ada di Indonesia karena sudah mulai beroperasi sejak
tahun 2003. Faspay juga sudah bertindak sebagai sistem integrator untuk sistem
mobile banking. Sampai saat ini, Faspay telah membantu transaksi pembayaran
online untuk lebih dari 2500 merchant dari berbagai jenis bisnis.
Dalam menyediakan layanan payment gatewaynya, Faspay
menawarkan lebih dari 40 metode pembayaran baik itu melalui internet banking,
mobile banking, e-money, kartu kredit/debit, dan lain-lain. Untuk memastikan
keamanan transaksi, Faspay menggunakan sertifikasi PCI DSS Level I untuk
menjamin transaksi menggunakan kartu kredit yang diperbarui setiap tahun.
Selain itu, Faspay juga menginformasikan bahwa mereka memiliki
solusi all in one untuk payment gateway. Beberapa solusi yang mera tawarkan
seperti:
- Dapat
menerima transaksi pembayaran dengan mudah.
- Pembuatan
faktur online.
- Distribusi
dana secara real time.
- Pinjaman
bisnis yang dapat mencapai Rp 2 miliar.
4. Finpay
Contoh payment gateway selanjutnya yang dapat digunakan di
Indonesia adalah Finpay yang dikembangkan oleh PT Finnet Indonesia. Finpay
mulai beroperasi pada tahun 2006 dan bergerak pada penyediaan layanan fintech
yang mampu memberikan beragam solusi untuk berbagai jenis industri seperti
perbankan, e-commerce, pemerintahan, dan lain-lain.
Seperti payment gateway yang lain, Finpay juga menyediakan
berbagai metode pembayaran seperti kartu kredit, debit online, e-money, Virtual
Account Bank, Finpay kode bayar, dan metode lain. Mereka menyediakan layanan
ini untuk meningkatkan keamanan dan kemudahan dalam bertransaksi online.
Demi kenyamanan konsumen, Finpay menyediakan dashboard Finpay untuk memantau
dan memonitor transaksi yang sedang terjadi secara real time. Selain itu,
mobile app Finpay juga memungkinkan penggunanya untuk bisa melakukan pembayaran
tagihan seperti listrik, pulsa BPJS, dan lain-lain.
5. Espay
Espay menyediakan solusi pembayaran online yang aman dan
nyaman. Selain di Indonesia, Espay juga dapat digunakan di beberapa negara yang
lain seperti China, Hongkong, Malaysia, India, Jepang, Filipina, dan lain-lain.
Jadi, jika bisnis Anda ingin menjangkau target market yang lebih luas, solusi
payment gateway dari Espay ini dapat Anda pertimbangkan untuk Anda
gunakan.
Pada tahun 2018, Espay secara resmi telah terdaftar dan
mendapat izin dari Bank Indonesia sebagai perusahaan penyelenggara payment gateway . Espay juga sudah
mendapatkan sertifikasi dari Kemenkominfo sebagai penyelenggara sistem elektronik.
Espay banyak digunakan di Indonesia karena menawarkan
beberapa fitur yang berguna. Beberapa diantaranya seperti:
- Proses
integrasi yang mudah dan cepat
Jika Anda menggunakan platform e-commerce seperti
Magento, PrestaShop, Woocommerce, Oscommerce, Opencart, Zencart, ataupun WHMCS,
maka Anda tidak perlu mengkhawatirkan proses integrasi yang rumit. Anda dapat
menggunakan plugin dari Espay untuk aktivasi payment gateway.
- Integrasi
B2C2B
Espay memberikan solusi pembayaran B2C2B bagi merchant yang
membutuhkan layanan untuk menerima pembayaran dari pelanggan dan juga mampu
membantu melakukan pembayaran kepada rekan-rekan bisnisnya seperti supplier
ataupun jasa delivery.
- Settlement
online dan real time
Sistem dari Espay dapat secara otomatis memberikan
notifikasi secara host-to-host kepada sistem e-commerce Anda.
- Menyediakan
laporan otomatis
Anda dapat mengakses laporan transaksi untuk keperluan audit
trail status rekonsiliasi antara Espay dengan platform e-commerce Anda.
Tunggu Apalagi? Konsultasikan segera kebutuhan
digitalisasi anda bersama https://www.depokwebsite.com/
KONSULTASI GRATIS
0857-7612-5559 CS 1
0858-9165-8512 CS 2
0882-9037-8482 CS 3
Alamat Kantor :
CQCH+VMQ, Jl. Terapi Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec.
Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16111
.png)

Komentar
Posting Komentar