9 Strategi Zero Cost Marketing | www.depokwebsite.com

 

9 Strategi Zero Cost Marketing 

 


Daftar Isi

  1. Referensi/Referral
  2. Siaran Pers dan Fitur Berita
  3. Content Marketing

 

 

Beberapa strategi zero cost marketing ini bisa Anda lakukan untuk meningkatkan usaha Anda. Terlebih cara ini terbilang murah karena tidak memerlukan nilai besar

Beberapa strategi zero cost marketing ini bisa Anda lakukan untuk meningkatkan usaha Anda. Terlebih cara ini terbilang murah karena tidak memerlukan nilai besar. 

 

  1. Referensi/Referral

Strategi zero cost marketing yang pertama yaitu referensi atau referral. Salah satu caranya menghindari pemasaran sama sekali. Sebagai gantinya, ciptakan sebuah sistem yang memungkinkan pelanggan Anda melakukan pemasaran untuk Anda.

Terlebih lagi, membuat program rujukan tidak memerlukan biaya banyak, dan tergantung bagaimana Anda menyusunnya, mungkin bisa menjadi gratis.

Caranya, Anda bisa menawarkan diskon pada pelanggan saat ini dengan imbalan referensi pelanggan baru, atau menawarkan hadiah uang tunai. Jika Anda benar-benar berinvestasi dalam strategi ini, Anda akan melihat hasil yang mengejutkan.

  1. Siaran Pers dan Fitur Berita

Membaca berita secara teratur menjadi salah satu strategi zero cost marketing. Siaran pers adalah cara mudah untuk mendapatkan merek Anda dapat disebutkan di publikasi utama.

Jika Anda melakukan semua pekerjaan itu sendiri, memburu dan mengirim email kepada wartawan, siaran pers sebenarnya bisa menjadi strategi pemasaran gratis.

  1. Content Marketing

Pemasaran konten atau content marketing membutuhkan banyak bentuk, namun tidak ada investasi yang signifikan. Pendekatan yang paling sederhana adalah mengelola blog resmi perusahaan, menambahkan konten baru beberapa kali dalam seminggu yang menginformasikan atau menghibur pembaca Anda dengan cara yang unik dan praktis.

Anda bisa membuat infografis, video dan podcast semuanya termasuk dalam kategori pemasaran konten juga. Semua media konten ini memiliki kekuatan untuk meningkatkan reputasi merek Anda, meningkatkan lalu lintas pengunjung Anda.

  1. SEO

Anda menghabiskan waktu untuk menulis artikel sebagai teknik pemasaran Anda, maka jangan lupa untuk berinvestasi dalam meningkatkan optimasi mesin pencari Anda (SEO).

Hal ini mungkin tampak rumit secara teknis, meskipun kenyataannya adalah dengan sedikit membaca dan ketekunan, Anda dapat dengan mudah mempelajarinya. Anda juga perlu membuat perubahan struktural, cobalah untuk menulis konten berkualitas tinggi secara konsisten.

Tentunya ini memerlukan pekerjaan rutin yang penting dan wajib dilakukan, tapi jika Anda melakukannya sendiri, satu-satunya biaya Anda adalah waktu. Percayalah manfaat jangka panjangnya akan sangat besar.



  1. Social Media Marketing

Strategi zero cost marketing lainnya yaitu membuat profil untuk bisnis Anda di platform utama seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Isi profil Anda, dan mulai isikan konten yang diinginkan oleh pasar sasaran Anda.

Anda perlu menjangkau individu, dan pastikan untuk tetap terhubung. Dengan melakukannya secara konsisten, Anda bisa menumbuhkan ribuan pengunjung, yang mewakili arus lalu lintas ke website Anda.

  1. Email Marketing

Dalam memberikan strategi pemasaran, email tetap menjadi salah satu strategi pemasaran yang paling hemat biaya, dengan beberapa sumber yang mengklaim laba atas investasi (ROI) sebesar 400 persen atau lebih.

Anda memiliki daftar yang bagus (dikelompokkan secara organik, bukan dibeli), dan aliran email keluar yang stabil namun tidak invasif, Anda dapat melihat pengembalian yang signifikan kapan saja atau uang yang Anda hasilkan melalui strategi ini.

  1. Iklan PPC

Tentunya iklan bayar per klik bisa menjadi mahal jika Anda menargetkan kata kunci dengan lalu lintas tinggi, namun ada ceruk dan platform yang ramah bahkan bagi pengusaha pemula yang paling hemat anggaran. Misalnya, di Facebook, hanya dengan Rp 10 ribu per hari Anda sudah mampu beriklan.

  1. Personal Branding

Strategi zero cost marketing selanjutnya melakukan personal branding bekerja seperti corporate branding, kecuali itu berlaku untuk Anda sebagai individu. Anda akan mempromosikan diri dan keahlian Anda di media sosial, dan mungkin di blog khusus, mendapatkan pengikut baru dan sumber lalu lintas dan minat yang terpisah.

Nilai di sini adalah bahwa orang cenderung mempercayai orang lain lebih dari sekadar perusahaan, jadi pada akhirnya, Anda akan memiliki kekuatan mempengaruhi yang dapat Anda gunakan untuk menggabungkan konten Anda atau menarik prospek baru – semuanya tanpa membayar sepeserpun.

  1. Forum dan Kelompok

Strategi zero cost marketing adalah forum dan kelompok. Inilah cara melihat seseorang mengajukan pertanyaan yang bisa Anda jawab (dengan keahlian Anda), atau menangkap trend dari acara lokal yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis Anda.

Semakin terlibat Anda dengan komunitas yang ada, termasuk lingkungan lokal Anda dan juga industri Anda yang lebih luas, semakin Anda berkesempatan untuk mendapatkan target audiens.

Ditambah lagi, biasanya tidak ada biaya untuk menjadi anggota komunitas ini, jadi Anda bisa menuai keuntungan lebih besar.

Itulah adalah strategi zero cost marketing atau strategi pemasaran dengan anggaran kecil yang dapat Anda lakukan. Dengan menggunakan 9 strategi di atas, Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal tanpa perlu mengeluarkan budget yang berlebih.

 

Tunggu Apalagi? Konsultasikan segera kebutuhan digitalisasi anda bersama www.depokwebsite.com

 

KONSULTASI GRATIS

0857-7612-5559 CS 1

0858-9165-8512 CS 2

0882-9037-8482 CS 3

 

Alamat Kantor :

CQCH+VMQ, Jl. Terapi Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16111

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa kelebihan, kekurangan serta fitur iOS? | www.depokwebsite.com

Panduan dan Contoh Sales Script yang Menyenangkan Calon Pelanggan | www.depokwebsite.com

APA ITU API? PENGERTIAN, JENIS, CARA KERJA, MANFAAT & CONTOH | www.depokwebsite.com