9 Strategi Zero Cost Marketing | www.depokwebsite.com
9
Strategi Zero Cost Marketing
Beberapa
strategi zero cost marketing ini bisa Anda lakukan untuk meningkatkan usaha Anda.
Terlebih cara ini terbilang murah karena tidak memerlukan nilai besar
Beberapa
strategi zero cost marketing ini bisa Anda lakukan untuk
meningkatkan usaha Anda. Terlebih cara ini terbilang murah karena tidak
memerlukan nilai besar.
- Referensi/Referral
Strategi zero
cost marketing
yang pertama yaitu referensi atau referral. Salah satu caranya menghindari
pemasaran sama sekali. Sebagai gantinya, ciptakan sebuah sistem yang memungkinkan
pelanggan Anda melakukan pemasaran untuk Anda.
Terlebih
lagi, membuat program rujukan tidak memerlukan biaya banyak, dan tergantung
bagaimana Anda menyusunnya, mungkin bisa menjadi gratis.
Caranya,
Anda bisa menawarkan diskon pada pelanggan saat ini dengan imbalan referensi
pelanggan baru, atau menawarkan hadiah uang tunai. Jika Anda benar-benar
berinvestasi dalam strategi ini, Anda akan melihat hasil yang mengejutkan.
- Siaran Pers dan Fitur Berita
Membaca
berita secara teratur menjadi salah satu strategi zero
cost marketing.
Siaran pers adalah cara mudah untuk mendapatkan merek Anda dapat disebutkan di
publikasi utama.
Jika Anda
melakukan semua pekerjaan itu sendiri, memburu dan mengirim email kepada
wartawan, siaran pers sebenarnya bisa menjadi strategi pemasaran gratis.
- Content Marketing
Pemasaran
konten atau content marketing membutuhkan banyak bentuk, namun tidak ada
investasi yang signifikan. Pendekatan yang paling sederhana adalah mengelola
blog resmi perusahaan, menambahkan konten baru beberapa kali dalam seminggu
yang menginformasikan atau menghibur pembaca Anda dengan cara yang unik dan
praktis.
Anda bisa
membuat infografis, video dan podcast semuanya termasuk dalam kategori
pemasaran konten juga. Semua media konten ini memiliki kekuatan untuk
meningkatkan reputasi merek Anda, meningkatkan lalu lintas pengunjung Anda.
- SEO
Anda
menghabiskan waktu untuk menulis artikel sebagai teknik pemasaran Anda, maka
jangan lupa untuk berinvestasi dalam meningkatkan optimasi mesin pencari Anda
(SEO).
Hal ini
mungkin tampak rumit secara teknis, meskipun kenyataannya adalah dengan sedikit
membaca dan ketekunan, Anda dapat dengan mudah mempelajarinya. Anda juga perlu
membuat perubahan struktural, cobalah untuk menulis konten berkualitas tinggi
secara konsisten.
Tentunya
ini memerlukan pekerjaan rutin yang penting dan wajib dilakukan, tapi jika Anda
melakukannya sendiri, satu-satunya biaya Anda adalah waktu. Percayalah manfaat
jangka panjangnya akan sangat besar.
- Social Media Marketing
Strategi zero
cost marketing
lainnya yaitu membuat profil untuk bisnis Anda di platform utama seperti
Facebook, Twitter, dan Instagram. Isi profil Anda, dan mulai isikan konten yang
diinginkan oleh pasar sasaran Anda.
Anda perlu
menjangkau individu, dan pastikan untuk tetap terhubung. Dengan melakukannya
secara konsisten, Anda bisa menumbuhkan ribuan pengunjung, yang mewakili arus
lalu lintas ke website Anda.
- Email Marketing
Dalam
memberikan strategi pemasaran, email tetap menjadi salah satu strategi
pemasaran yang paling hemat biaya, dengan beberapa sumber yang mengklaim laba
atas investasi (ROI) sebesar 400 persen atau lebih.
Anda
memiliki daftar yang bagus (dikelompokkan secara organik, bukan dibeli), dan
aliran email keluar yang stabil namun tidak invasif, Anda dapat melihat
pengembalian yang signifikan kapan saja atau uang yang Anda hasilkan melalui
strategi ini.
- Iklan PPC
Tentunya
iklan bayar per klik bisa menjadi mahal jika Anda menargetkan kata kunci dengan
lalu lintas tinggi, namun ada ceruk dan platform yang ramah bahkan bagi
pengusaha pemula yang paling hemat anggaran. Misalnya, di Facebook, hanya
dengan Rp 10 ribu per hari Anda sudah mampu beriklan.
- Personal Branding
Strategi zero
cost marketing
selanjutnya melakukan personal branding bekerja seperti corporate branding,
kecuali itu berlaku untuk Anda sebagai individu. Anda akan mempromosikan diri
dan keahlian Anda di media sosial, dan mungkin di blog khusus, mendapatkan
pengikut baru dan sumber lalu lintas dan minat yang terpisah.
Nilai di
sini adalah bahwa orang cenderung mempercayai orang lain lebih dari sekadar
perusahaan, jadi pada akhirnya, Anda akan memiliki kekuatan mempengaruhi yang
dapat Anda gunakan untuk menggabungkan konten Anda atau menarik prospek baru –
semuanya tanpa membayar sepeserpun.
- Forum dan Kelompok
Strategi zero
cost marketing
adalah forum dan kelompok. Inilah cara melihat seseorang mengajukan pertanyaan
yang bisa Anda jawab (dengan keahlian Anda), atau menangkap trend dari acara
lokal yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis Anda.
Semakin
terlibat Anda dengan komunitas yang ada, termasuk lingkungan lokal Anda dan
juga industri Anda yang lebih luas, semakin Anda berkesempatan untuk
mendapatkan target audiens.
Ditambah
lagi, biasanya tidak ada biaya untuk menjadi anggota komunitas ini, jadi Anda
bisa menuai keuntungan lebih besar.
Itulah
adalah strategi zero cost marketing atau strategi pemasaran dengan
anggaran kecil yang dapat Anda lakukan. Dengan menggunakan 9 strategi di atas,
Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal tanpa perlu mengeluarkan budget yang
berlebih.
Tunggu Apalagi?
Konsultasikan segera kebutuhan digitalisasi anda bersama www.depokwebsite.com
KONSULTASI GRATIS
0857-7612-5559 CS 1
0858-9165-8512 CS 2
0882-9037-8482 CS 3
Alamat Kantor :
CQCH+VMQ, Jl. Terapi Raya,
RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16111
Komentar
Posting Komentar