Sejarah SEO | www.depokwebsite.com

 

SEO





Daftar Isi 

Sejarah SEO


Pada tahun 1997 tepatnya pada tanggal 26 Juli istilah SEO terlahir, dan itu melalui sebuah SPAM yang diposting di USENET; sebuah forum diskusi internet yang menjadi salah satu pelopor forum diskusi teknologi. Saat itu ada sebuah mesin pencari bernama ARCHIE yang muncul pada tahun 1990 yang diklaim sebagai mesin pencari pertama, tidak lama setelah lahir ARCHIE lalu muncullah berbagai mesin pencari seperti Aliweb, Lycos, Altavista, Yahoo, hingga google yang lahir di penghujung tahun 1997 dan masih banyak mesin pencari yang lahir di era itu. Namun hanya beberapa saja yang menerapkan algoritma unik dalam mekanisme kerjanya, dalam hal ini yaitu algoritma pencarian melalui kata kunci.

Pada saat itu SEO digunakan oleh para Spam Programmer yang bertujuan untuk mencari database dari sejumlah FTP dan layanan www. Dengan metode setiap orang yang meng-klik sebuah link yang mereka bagikan maka mereka akan mendapatkan data alamat situs web hingga data user sebuah milis. Dan metode SEO pertama kali digunakan pada mesin pencari Altavista dan Yahoo.


Sejarah Metode SEO Melalui Kata Kunci


Metode seo melalui penanaman kata kunci pada sebuah situs web agar dapat di Crawling, Indexing hingga di ranking oleh mesin pencari pertama kali digunakan pada Altavista dan Yahoo. Namun saat itu Algortima mesin pencari belum sempurna dan hanya membaca kata kunci melalui meta tag yang tertanam pada kode html web tersebut. Sehingga konten website yang dicari terkadang tidak sesuai dengan kata kunci yang digunakan.


Hingga pada tahun 1997 Larry Page dan Sergey Brin merancang sebuah mesin pencari sederhana bernama backgrub yang akhirnya pada tahun 1998 menjadi Google. Sebuah mesin pencari yang lebih 'Pintar' dan dapat memeringkatkan halaman web. Walaupun saat itu algoritma dasarnya masih tetap membaca meta tag yang tertanam namun selangkah lebih maju karena Google dapat membedakan mana situs web yang memiliki relevansi antara kata kunci dan konten dengan situs web yang hanya 'spamming' kata kunci.


Google menjadi terobosan mesin pencari yang benar-benar menerapkan algoritma yang cukup ketat di masa itu. Mencegah tindakan ilegal dan manipulatif dari para webmaster yang ingin membuat situs webnya terindeks di urutan teratas pada 'Pagerank' mesin pencari. Dari algoritma tersebutlah mulai tercipta metode SEO yang lebih kompetitif, sehat dan memiliki mekanisme yang benar.



Indikator Utama SEO




Terdapat setidaknya ada 8 indikator utama untuk mengoptimalkan halaman web dengan SEO. Berikut ini merupakan penjelasan terkait dengan kedelapan indikator tersebut.

1. Struktur URL

Indikator pertama yang harus diperhatikan adalah pembuatan struktur URL yang benar dan sesuai dengan topik yang dibahas. Selain itu, pastikan juga untuk membuat permalink atau slug yang mengandung main keyword dari halaman konten web anda.


2. Penggunaan SSL/TLS 

Sejak tahun 2014, Google lebih memprioritaskan website yang menggunakan SSL/TLS. Dengan adanya SSL, dapat meningkatkan keamanan data pengguna karena telah dienkripsi ketika proses transfer data yang terjadi pada website. 

Sertifikat SSL (Secure Socket Layer) sangatlah penting dalam mengoptimalkan website. Cara untuk mengetahui, apakah website anda mempunyai SSL/TLS atau tidak adalah dengan cara melihat URL anda. Jika masih menggunakan HTTP, maka website anda sudah dipastikan tidak memiliki SSL/TLS. Namun, apabila mempunyai bukti sertifikat, maka URL anda akan berawalan HTTPS.


3. Menentukan Topik Konten

Setelah melakukan beberapa persiapan diatas, selanjutnya adalah menentukan topik yang ingin anda kuasai. Untuk mendapatkan konten yang menarik, dengan trafik yang besar, kami menyarankan untuk melakukan keyword research untuk mendapatkan informasi secara lebih detail yang relevan dengan bisnis anda.


4. Menentukan Search Intent

Indikator berikutnya adalah dengan menentukan search intent terlebih dahulu. Search intent sendiri merupakan pembagian kata kunci berdasarkan tujuan bisnis yang hendak dicapai. Setidaknya, terdapat empat macam search intent, meliputi:

Informational, untuk kebutuhan dalam memberikan berbagai informasi topik secara luas.
Navigational, untuk mengarahkan kata kunci pada nama perusahaan / brand langsung.
Commercial Investigation, untuk kebutuhan yang bersifat komersial dan membandingkan dua produk.
Transactional, yaitu kata kunci yang digunakan untuk kebutuhan dan meningkatkan nilai konversi bisnis.

5. Membuat Struktur Konten

Selanjutnya, membuat struktur konten yang baik dan sesuai dengan prinsip penulisan artikel yang baik. Pada umumnya akan menggunakan prinsip 5W + 1H. Jangan lupa untuk membuat heading structure, menambahkan gambar, video atau infografis untuk menunjang konten yang anda buat.


6. Menambahkan Meta Tags

Indikator yang keenam adalah menambahkan meta title dan description. Hal ini sangatlah penting, untuk membantu Google dalam mengenali halaman website anda. Dalam pembuatannya, juga terdapat aturan penting, dimana tidak menuliskan meta title dan description terlalu banyak.

7. Menambahkan backlink

Semakin banyak backlink yang anda dapatkan, maka Google akan menganggap website anda mempunyai kredibilitas yang tinggi. Pastikan backlink yang anda dapatkan berasal dari blog atau website yang berkualitas.


8. Mengoptimalkan kecepatan website

Untuk indikator yang terakhir, merupakan hal yang terpenting untuk dilakukan. Sejak tahun 2018, Google telah menetapkan bahwa kecepatan loading website, baik pada desktop maupun mobile termasuk dalam salah satu indikator SEO. Semakin cepat website anda, maka semakin anda mudah untuk mendapatkan ranking pada halaman pencarian di search engine.


Kelebihan dan Kekurangan SEO


Search Engine Optimization yang disingkat SEO merupakan strategi untuk meningkatkan jumlah serta kualitas dari pengunjung ke sebuah website. Cara yang dilakukan adalah dengan cara meningkatkan peringkat pada hasil mesin pencarian seperti Google.

Seseorang yang sudah melaksanakan proses SEO, maka tentu bisa merasakan banyak manfaat yang baik.  Akan tetapi dibalik segala keuntungan yang ditawarkan, ternyata ada juga kekurangan dalam SEO yang mungkin belum anda ketahui dan berikut akan kami jelaskan kelebihan dan kekurangan SEO yang paling utama.

Hampir seluruh orang didunia sangat senang dengan berbagai kegiatan SEO khususnya dalam mencari berita, topik dan beberapa konten tertentu. Mesin pencari sangatlah penting sebab kebanyakan orang di dunia maya akan meangkses mesin pencari tersebut untuk melihat berbagai informasi tentang produk atau jasa. Selain itu, ada juga beberapa kelebihan SEO lain dan diantaranya adalah sebagai berikut:

Kelebihan SEO


1. SEO Merupakan Alat promosi Organik


Ini mengartikan jika pengunjung web merupakan orang yang sangat butuh produk atau sekedar informasi yang kita berikan di dalam website. Para pengunjung nantinya akan datang ke website bukan karena terpengaruh dengan iklan dan pengunjung beranggapan jika web anda adalah jawaban dari masalah yang sedang dihadapi.

Untuk itulah, konten yang baik, berkualitas serta panjang akan menjadi penentu berhasil atau tidaknya SEO. Apabila anda bisa paham tentang kebutuhan dari para pelanggan, maka anda bisa sukses dengan menjalankan strategi SEO tersebut.

2. Meningkatkan Rujukan Menuju Situs Website


Anda nantinya bisa memperoleh banyak rujukan pencarian yang diberikn mesin pencari ketika anda juga emmpunyai tingkat visibilitas SEO yang sangat kuat. Hal ini bisa anda lihat dari keyword yang tertarget, kualitas dari sebuah konten sampai panjang dari konten tersebut yang bisa memberikan manfaat untuk pengunjung.

3. SEO Bisa Dilakukan Gratis


Ini menjadi kelebihan yang bisa anda dapatkan dari SEO. Ketika anda ingin menggunakan strategi SEO, maka anda tidak harus mengeluarkan budget sama sekali seperti ketika anda memakai iklan Google atau iklan pada media sosial.

Meski begitu, hasil yang bisa anda lihat tidak terjadi secara instan karena anda tetap membutuhkan waktu serta kesabaran karena ini merupakan cara organik untuk menarik lebih banyak pengunjung dengan kekuatan konten dan juga SEO.


4. Untuk Mendapatkan Pengunjung yang Tertarget


Dengan bantuan dari keyword atau kata kunci ketika membuat konten SEO friendly, maka nantinya pengunjung yang datang adalah pengunjung yang memang sudah benar benar tertarget. Kemungkinan besar, para pengunjung ini juga bisa diubah menjadi pelanggan atau calon klien anda berikutnya.


5. Meningkatkan Visibilitas Website


Dengan cara yang sangat mudah sekaligus gratis, website nantinya bisa memperoleh visibilitas yang jauh lebih tinggi. Untuk itu, strategi ini memang sangat tepat digunakan untuk website yang memang ditujukan untuk tujuan bisnis sehingga anda sebagai pemilik website bisa mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar dan pengunjung website juga semakin banyak.


6. Memantau Traffic Pengunjung Dengan Lebih Mudah


Dengan memakai SEO di website, maka anda bisa lebih mudah melihat serta memantau perkembangan dari traffic pengunjung setiap hari.


7. Lebih Mudah Dikenal


Kelebihan lain dari SEO adalah bisa membuat website yang anda miliki jadi semakin mudah dikenal masyarakat atau pengunjung. Website yang sudah dioptimasi memakai teknik SEO nantinya akan membuat website tersebut lebih mudah dikenali pengunjung.


8. Ada Banyak Software Pendukung


Ada begitu banyak software pendukung yang bisa anda pakai untuk memaksimalkan SEO mengingat berbagai tahap untuk pengoptimalan website memang cukup rumit. Meski memang sudah ada begitu banyak software pendukung yang bisa digunakan, anda tetap harus bisa melewati berbagai tingkat kerumitan tersebut yang tentunya membutuhkan waktu tidak sedikit.

Kekurangan Strategi SEO




Selain bisa memberikan banyak keuntungan, strategi SEO sendiri ternyata juga memiliki beberapa kekurangan atau kelemahan khususnya untuk bisnis atau komersial seperti berikut ini.

1. Tidak Dapat Dilakukan Secara Instan


Agar bisa memperoleh hasil web yang terindeks secara baik oleh Google, maka ini tidak bisa didapatkan secara instan karena membutuhkan waktu. Bisa saja waktu yang dibutuhkan tersebut sampai beberapa hari hingga berminggu minggu agar hasilnya bisa terlihat.


2. Memerlukan Investasi Tenaga Serta Waktu


Ada begitu banyak langkah dan juga tahap yang harus dilakukan untuk menampilkan SEO yang berkualitas, kuat dan tentunya bagus. Untuk itulah, banyak pemilik website yang menggunakan jasa SEO agar website yang dimiliki bisa terindeks secara baik oleh mesin pencari.

3. Kompetisi yang Sangat Ketat


Perlu anda ketahui jika persaingan di dunia SEO sangatlah tinggi dan ketat. Ada banyak website yang semuanya mau memperoleh urutan terbaik dari mesin pencari. Ada jenis SEO yang menargetkan untuk lokal, nasional dan ada juga internasional.

Jika persaingan pada kata kunci tertentu sangatlah tinggi, maka akan semakin sulit juga diindeks mesin pencari seperti Google.

4. Harus Mengikuti Perkembangan Algoritma dan Sistem Kerja


Anda juga harus selalu mengikut perkembangan dari Algoritma dan juga sistem kerja. Ini harus dilakukan supaya ketika search engine sedang mengalami perubahan baik itu sistem kerja ketentuan atau algoritma, maka anda bisa secepatnya mengedit website yang anda miliki supaya tidak sampai bertentangan dengan aturan dari search engine tersebut.


5. Sangat Tergantung dari Search Engine


Yang dimaksud dengan masih sangat bergantung dengan search engine adalah ketika melakukan proses SEO, maka akan bergantung dari sistem kerja, algoritma dan juga berbagai ketentuan yang diberikan search engine tersebut.

Sementara untuk search engine yang dijadikan sebagai acuan dalam proses SEO adalah Google sebab menjadi search engine paling besar dan paling banyak dipakai. Jika memang terjadi kerusakan pada pusat Google, maka website yang anda miliki juga bisa ikut rusak jika tidak secepatnya diselamatkan.





Tunggu Apalagi? Konsultasikan segera kebutuhan digitalisasi anda bersama www.depokwebsite.com


KONSULTASI GRATIS 

0857-7612-5559 CS 1

0858-9165-8512 CS 2

0882-9037-8482 CS 3


Alamat Kantor : 

CQCH+VMQ, Jl. Terapi Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16111

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Panduan dan Contoh Sales Script yang Menyenangkan Calon Pelanggan | www.depokwebsite.com

Content Marketing adalah: Pengertian, Contoh, dan Strategi | www.depokwebsite.com

Kelebihan dan kekurangan IoT | www.depokwebsite.com