Sejarah Instagram | www.depokwebsite.com

 

Sejarah Instagram



              Welcome To Instagram, inilah kalimat pembuka yang ditulis oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger di blog resminya pada 6 Oktober 2010, yang menandai lahirnya aplikasi photo sharing revolusioner Instagram. Di startup yang didirikannya yaitu perusahaan Burbn, inc. Kevin Systrom dan Mike Krieger bekerja keras untuk mewujudkan layanan jejaring sosial berbasis fotografi sesuai impiannya. Steve Jobs pendiri (Apple), Bill Gates pendiri (Microsoft), Mark Zuckerberg pendiri (Facebook), Matt Mullenweg pendiri (Wordpress), google dan sebagainya adalah para inovator teknologi kelas dunia yang telah mengembangkan produk revolusioner sejak usia muda (Atmoko, 2012:10).

              Kevin adalah sarjana lulusan Stanfrod University pada tahun 2006 dengan jurusan Management Science & Engineering. Kevin mulai mengenal startup sejak magang di Odeo yang kemudian bernama Twitter. Dua tahun setelah itu, kevin bekerja di google yang mengerjakan gmail, google reader, dan lainnya termasuk tim Corporate Development. Setelah keluar dari google, Kevin bekerja di perusahaan Nextstop, ditempatkan di bagian pemasaran dan melakukan banyak hal mengenai engineering. Di perusahaan ini, Kevin menuangkan ide-idenya dengan belajar bagaimana membuat program, salah satu ide yang paling menarik perhatiannya adalah mengombinasikan elemen FourSquare (Check in) dengan elemen Mafia Wars. Kemudian lahirlah nama Burn. Kevin kemudian membangun sebuah prototipe dari ide HTML dan menyerahkannya kepada beberapa teman. Dalam waktu dua minggu Mike Krieger masuk ke dalam tim Burn, Mike merupakan alumni dari Standford University dengan jurusan Symbolic Systems dengan fokus pada Human Computer Interaction. Selama masa kuliah, Mike magang di Microsoft untuk tim Power Point dan Foxmarks (Xmarks) sebagai Softwere developer.

              Burbn,Inc. merupakan teknologi starup yang hanya berfokus pada pengembangan aplikasi untuk telepon genggam berbasis HTML5 yang digunakan untuk check in lokasi, mendapatkan poin untuk hang out dengan teman, posting foto, dan update status. Pada mulanya Burbn, inc. Memiliki fokus yang terlalu banyak di dalam HTML5 Mobile (Hiper text markup languange 5), namun kedua CEO (Chief Executive Officer). Kevin Systrom dan Mike Krieger sekarang hanya memfokuskan pada satu hal saja. Dan membuat sebuah versi prototipe pertama dari Burbn, yang berfokus pada foto saja. Namun di dalamnya masih banyak kendala dan belum sempurna, sehingga Kevin dan Mike memutuskan untuk kembali menciptakan versi asli Burn. Versi Burbn yang sudah final adalah aplikasi yang dapat digunakan di dalam iphone, yang dimana isinya terlalu banyak fitur-fitur. Sulit bagi Kevin Systrom dan Mike Krieger untuk mengurangi fitur-fitur yang ada dan memulai lagi dari awal, namun Kevin dan Mike hanya memfokuskan pada bagian foto, komentar dan juga kemampuan untuk menyukai sebuah foto, itulah yang akhirnya yang menjadi awal mula munculnya media sosial Instagram. Karena passion Kevin di bidang fotografi, ternyata tren pengguna Burn lebih banyak memanfaatkan fitur photo sharing dibandingkan fitur lainnya. Akhirnya yang tersisa adalah sebuah prototipe aplikasi photo sharing.

              Instagram membutuhkan proses sekitar satu minggu untuk mencari nama baru yang sesuai dengan semangat dari aplikasi tersebut. Kevin dan Mike mengombinasikan aspek “right here right now” dengan ide merekam sesuatu dalam kehidupan pengguna. Karakteristik lain yang dibutuhkan adalah nama tersebut harus dieja dengan mudah oleh semua orang. Maka, ditemukanlah nama Instagram.

              Instagram resmi lahir dan dirilis untuk platform IOS pada tanggal 6 Oktober 2010. Sebanyak 25 ribu pengguna berhasil terjaring untuk mendaftar di hari pertama. Pada tanggal 13 Oktober 2010 pengguna mencapai 100 ribu, pada tanggal 21 Desember 2010 Instagram mencapai 1 juta pengguna, kemudian Instagram mengeluarkan fitur hashtag atau tagar pada tanggal 27 Januari 2011 agar memudahkan pengguna untuk menemukan foto dan pengguna lainnya, pengguna bertambah menjadi 1,75 juta pada tanggal 02 Februari 2011 dan foto-foto Instagram mendapatkan like sebanyak 78 juta dan tanggal 15 Februari mencapai 2 juta. Pada tanggal 12 juli dalam waktu 8 bulan telah berhasil memiliki 5 juta pengguna dan 100 juta foto yang diunggah di Instagram. Dibandingkan dengan Flickr yang perlu waktu 2 tahun untuk mencapai rekor ini. Instagram merilis versi 2.0 pada tanggal 20 September 2011 dengan fitur yang live filter, instan tilt shift dan resolusi tinggi.

 

Fitur-Fitur Instagram


Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto dan mengambil gambar atau foto yang menerapkan filter digital untuk mengubah tampilan efek foto, dan membagikannya ke berbagai layanan media sosial, termasuk milik Instagram sendiri. Instagram memiliki lima menu utama yang semuanya terletak dibagian bawah yaitu sebagai berikut :

a)      Home Page

Home page adalah halaman utama yang menampilkan (timeline) foto-foto terbaru dari sesama pengguna yang telah diikuti. Cara melihat foto yaitu hanya dengan menggeser layar dari bawah ke atas seperti saat scroll mouse di komputer. Kurang lebih 30 foto terbaru dimuat saat pengguna mengakses aplikasi, Instagram hanya membatasi foto-foto terbaru.

b)      Comments

Sebagai layanan jejaring sosial Instagram menyediakan fitur komentar, fotofoto yang ada di Instagram dapat dikomentar di kolom komentar. Caranya tekan ikon bertanda balon komentar di bawah foto, kemudian ditulis kesan-kesan mengenai foto pada kotak yang disediakan setelah itu tekan tombol send.

c)      Explore Explore

merupakan tampilan dari foto-foto populer yang paling banyak disukai para pengguna Instagram. Instagram menggunakan algoritma rahasia untuk menentukan foto mana yang dimasukkan ke dalam explore feed.

d)      Profil Profil

 pengguna dapat mengetahui secara detail mengenai informasi pengguna, baik itu dari pengguna maupun sesama pengguna yang lainnya. Halaman profil bisa diakses melalui ikon kartu nama di menu utama bagian paling kanan. Fitur ini menampilkan jumlah foto yang telah diupload, jumlah follower dan jumlah following.

e)      News Feed

New feed merupakn Fitur yang menampilkan notifikasi terhadap berbagai aktivitas yang dilakukan oleh pengguna Instagram. News feed memiliki dua jenis tab yaitu “Following” dan “News”. Tab “following” menampilkan aktivitas terbaru pada user yang telah pengguna follow, maka tab “news” menampilkan notifikasi terbaru terhadap aktivitas para pengguna Instagram terhadap foto pengguna, memberikan komentar atau follow maka pemberitahuan tersebut akan muncul di tab ini.

 

Ada beberapa bagian yang sebaiknya diisi agar foto yang di unggah lebih mempunyai makna informasi, bagian-bagian tersebut yaitu :

1.      Judul

Judul atau caption foto bersifat untuk memperkuat karakter atau pesan yang ingin disampaikan pada pengguna tersebut.

2.      Hashtag

Hashtag adalah sysmbol bertanda pagar (#), fitur pagar ini sangatlah penting karena sangat memudahkan pengguna untuk menemukan foto-foto di Instagram dengan hashtag tertentu.

3.      Lokasi

Fitur lokasi adalah fitur yang menampilkan lokasi dimana pengguna pengambilannya. Meski Instagram disebut layanan photo sharing, tetapi Instagram juga merupakan jejaring sosial. Karena pengguna bisa berinteraksi dengan sesama pengguna. Ada beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di Instagram, yaitu sebagai berikut :

a.      Follow

 follow adalah pengikut, dari pengguna Instagram pengguna satu agar mengikuti atau berteman dengan pengguna lain yang menggunakan Instagram.

b.       Like

Like adalah suatu ikon dimana pengguna dapat menyukai gambar ataupun foto pada Instagram, dengan cara menekan tombol like dibagian bawah caption yang bersebelahan dengan komentar. Kedua, dengan double tap (mengetuk dua kali) pada foto yang disukai.

c.       Komentar

Komentar adalah aktivitas dalam memberikan pikirannya melalui katakata, pengguna bebas memberikan komentar apapun terhadap foto, baik itu saran, pujian atau kritikan.

d.      Mentions

Fitur ini adalah untuk menambah pengguna lain, caranya dengan menambah tanda arroba (@) dan memasukan akun instagram dari pengguna tersebut.

 

Langkah-langkah Membuat Instagram


Langkah-langkah membuat Instagram di android sebagai berikut :

1)      Instalasi

Proses pertama kali yang dilakukan ketika memakai Instagram adalah menginstalnya di ponsel, yaitu buka App Store untuk iPhone dan Play Store untuk Android dan mengunduhnya di memory sehingga aplikasinya terinstal.

2)      Registrasi

Regristasi sangat penting dalam mengunakan Instagram, karena regristasi adalah sebuah akun yang merupakan identitas resmi sebagai pengguna Instagram, berikut cara regristrasi Instagram :

a.      Jalankan aplikasi Instagram

Terdapat dua menu pilihan, yaitu “Sign Up” untuk mendaftar dan “Log in” jika telah memiliki akun. Tekan tombol Sign Up untuk melakukan registrasi.

b.      Masuk ke halaman Sign Up

Masuk ke halaman Sign Up isi data-data yang diperlukan. Hanya tiga hal yang wajib di isi yaitu email, username dan password.

c.       Set Profile Picture

 Set Profil picture untuk mengatur gambar profil, yaitu dengan memotret langsung, mengambil dari gambar yang sudah ada di memory

d.      Tekan tombol sign up untuk mendaftar

 

8 Kelebihan dan Kelemahan Instagram yang Paling Relevan

Ada banyak kelebihan dan kekurangan Instagram. Di antara yang pertama mereka menekankan karakter masifnya dan promosi kemampuan artistik. Kerugian utamanya adalah alat pengeditan yang terbatas dan hilangnya hak cipta.

Karena berbagai manfaatnya, jaringan sosial ini telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir dan saat ini memiliki lebih dari 200 juta pengguna aktif per bulan. Angka ini menunjukkan bahwa Instagram memiliki pengguna 15 kali lebih banyak daripada Facebook dan 20 kali lebih banyak dari Twitter.

Jaringan ini sangat ideal untuk orang-orang yang suka mengambil foto, merekam video pendek dan membaginya dengan pengguna lain. Selain itu, aplikasi ini dapat dikaitkan dengan Facebook dan Twitter: foto yang diunggah di Instagram dapat dibagikan secara otomatis di jejaring sosial lainnya ini.

Instagram didasarkan pada sistem berbagi foto dan video. Itu menyerupai Facebook dan Twitter, karena mengambil elemen dari keduanya. Facebook mengambil gagasan berbagi gambar, sementara Twitter mengambil gagasan pengikut.

Kerugian utama dari aplikasi ini adalah hanya tersedia untuk sistem operasi Android, iOS dan Windows Mobile.

Ini berarti bahwa pengguna yang tidak memiliki sistem operasi ini harus mengakses versi web, yang tidak seinteraktif aplikasi.

Keuntungan

1- Masif

Instagram adalah jejaring sosial yang telah berkembang luas dalam beberapa tahun terakhir. Di antara Facebook, Twitter dan Instagram, yang terakhir adalah yang dengan jumlah pengguna aktif tertinggi per bulan.

2- "Sebuah gambar bernilai seribu kata"

Fitur utama Instagram adalah memungkinkan Anda untuk berbagi foto. Terkadang gambar dapat mengirimkan lebih banyak informasi daripada teks tertulis.

Gambar memiliki kemampuan untuk membangkitkan emosi dan perasaan. Mereka juga lebih menarik daripada bentuk interaksi lainnya. Dengan cara ini, sistem komunikasi yang jauh lebih efektif dibuat di antara para pengguna.

3 - Ideal untuk toko virtual

Saat ini, Instagram telah menjadi alat pemasaran. Banyak toko virtual menggunakan platform ini untuk mempromosikan produk mereka.

Berkat platform ini, hubungan antara penjual dan pembeli menjadi lebih interaktif.

4 - Privasi dan keamanan

Salah satu keuntungan terpenting Instagram adalah kebijakan privasi dan keamanannya. Pekerjaan mereka terbatas pada orang di atas 13 tahun, untuk melindungi anak-anak dari konten tertentu yang mungkin tidak cocok untuk mereka.

Selain itu, dapat dipastikan bahwa publikasi bersifat pribadi. Saat memilih opsi ini, pengguna lain yang ingin melihat foto, video atau elemen profil lainnya harus mengirim permintaan tindak lanjut kepada pengguna dengan akun pribadi. Pengguna ini memiliki kekuatan untuk menerima atau menolak permintaan tersebut.

Terakhir, jika pengguna melanggar kondisi Instagram atau jika mengancam keamanan anggota jaringan lainnya, itu dapat diblokir dan tidak akan dapat melihat publikasi orang-orang yang telah memblokirnya..

5- Gratis

Seperti jejaring sosial lainnya, layanan Instagram gratis. Baik langganan maupun pengunduhan aplikasi tidak menghasilkan biaya tambahan untuk turunan untuk pembayaran layanan Internet.

6- Opsi berbagi

Instagram memungkinkan Anda untuk berbagi foto dan video yang dapat dibuat langsung dari aplikasi, atau yang dapat dimuat dari memori perangkat seluler.

Aplikasi ini juga menawarkan opsi untuk membagikan file-file ini di jejaring sosial lain, seperti Twitter dan Facebook.

7- Sarana komunikasi

Menjadi jejaring sosial, Instagram adalah sarana komunikasi. Selain menerbitkan file multimedia, aplikasi ini menawarkan layanan pengiriman pesan instan.

8- Meningkatkan keterampilan artistik

Jejaring sosial Instagram mempromosikan kemampuan artistik orang. Berkat aplikasi ini banyak pengguna yang lebih sadar akan elemen-elemen dasar fotografi: sudut, pesawat, fokus, antara lain.

Kekurangan

1- Dirancang untuk portabel

Aplikasi Instagram dibuat sebagai sistem portabel. Artinya, desainnya lebih cocok untuk perangkat seluler, seperti smartphone dan tablet.

Ada versi web dari jejaring sosial ini yang dapat digunakan di komputer desktop, tetapi tidak menawarkan layanan sebanyak aplikasi seluler.

2- Tidak kompatibel dengan semua sistem operasi

Aplikasi Instagram hanya tersedia untuk sistem operasi iOS, Android dan Windows Mobile.

Ini tidak termasuk orang yang memiliki perangkat dengan sistem BlackBerry, OS dan Linux, antara lain.

3- Alat terbatas untuk mengedit gambar

Untuk menjadi jaringan berdasarkan publikasi gambar, ia memiliki alat terbatas untuk mengedit file-file ini.

Anda hanya memiliki beberapa lusinan efek (filter) dan opsi tambahan harus diunduh secara terpisah.

4- Kemungkinan pencurian gambar

Saat menerbitkan gambar berkualitas atau profesional di jejaring sosial, seseorang dapat mengaksesnya dan menggunakannya untuk masalah profesional yang menguntungkan mereka secara finansial.. Karena itu, ada kemungkinan "mencuri" gambar dari pengguna tanpa persetujuan mereka.

5- Privasi gambar bersifat kolektif, bukan individual

Anda tidak dapat mengonfigurasi privasi setiap foto secara terpisah. Ini berarti bahwa hanya ada dua opsi: bahwa semua publikasi bersifat publik atau semua bersifat pribadi.

6- Adiktif

Jejaring sosial Instagram dapat menjadi kecanduan bagi penggunanya. Karena alasan ini, harus digunakan dengan hati-hati.

7- Iklan palsu

Banyak toko bergantung pada Instagram untuk mempromosikan produk dan layanan mereka. Terkadang akun ini menggunakan iklan palsu untuk menarik pelanggan. Ini dapat menimbulkan ketidakpercayaan di pihak pengguna.

8- Tergantung pada gambar

Popularitas suatu akun sebagian besar didasarkan pada kualitas gambar yang diterbitkan. Jika foto tidak cukup menarik, maka akun tidak akan memiliki banyak pengikut.

 

Tunggu Apalagi? Konsultasikan segera kebutuhan digitalisasi anda bersama depokwebsite.com

 

KONSULTASI GRATIS 

0882-9037-8482 Admin

 

Alamat Kantor : 

CQCH+VMQ, Jl. Terapi Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16111

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Panduan dan Contoh Sales Script yang Menyenangkan Calon Pelanggan | www.depokwebsite.com

Content Marketing adalah: Pengertian, Contoh, dan Strategi | www.depokwebsite.com

Kelebihan dan kekurangan IoT | www.depokwebsite.com