Sejarah Instagram | www.depokwebsite.com
Sejarah Instagram
Welcome
To Instagram, inilah kalimat
pembuka yang ditulis oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger di blog resminya pada
6 Oktober 2010, yang menandai lahirnya aplikasi photo sharing revolusioner
Instagram. Di startup yang didirikannya yaitu perusahaan Burbn, inc. Kevin
Systrom dan Mike Krieger bekerja keras untuk mewujudkan layanan jejaring sosial
berbasis fotografi sesuai impiannya. Steve Jobs pendiri (Apple), Bill Gates
pendiri (Microsoft), Mark Zuckerberg pendiri (Facebook), Matt Mullenweg pendiri
(Wordpress), google dan sebagainya adalah para inovator teknologi kelas dunia
yang telah mengembangkan produk revolusioner sejak usia muda (Atmoko, 2012:10).
Kevin
adalah sarjana lulusan Stanfrod University pada tahun 2006 dengan jurusan
Management Science & Engineering. Kevin mulai mengenal startup sejak magang
di Odeo yang kemudian bernama Twitter. Dua tahun setelah itu, kevin bekerja di
google yang mengerjakan gmail, google reader, dan lainnya termasuk tim
Corporate Development. Setelah keluar dari google, Kevin bekerja di perusahaan
Nextstop, ditempatkan di bagian pemasaran dan melakukan banyak hal mengenai
engineering. Di perusahaan ini, Kevin menuangkan ide-idenya dengan belajar
bagaimana membuat program, salah satu ide yang paling menarik perhatiannya
adalah mengombinasikan elemen FourSquare (Check in) dengan elemen Mafia Wars.
Kemudian lahirlah nama Burn. Kevin kemudian membangun sebuah prototipe dari ide
HTML dan menyerahkannya kepada beberapa teman. Dalam waktu dua minggu Mike
Krieger masuk ke dalam tim Burn, Mike merupakan alumni dari Standford
University dengan jurusan Symbolic Systems dengan fokus pada Human Computer
Interaction. Selama masa kuliah, Mike magang di Microsoft untuk tim Power Point
dan Foxmarks (Xmarks) sebagai Softwere developer.
Burbn,Inc.
merupakan teknologi starup yang hanya berfokus pada pengembangan aplikasi untuk
telepon genggam berbasis HTML5 yang digunakan untuk check in lokasi,
mendapatkan poin untuk hang out dengan teman, posting foto, dan update status.
Pada mulanya Burbn, inc. Memiliki fokus yang terlalu banyak di dalam HTML5
Mobile (Hiper text markup languange 5), namun kedua CEO (Chief Executive
Officer). Kevin Systrom dan Mike Krieger sekarang hanya memfokuskan pada satu
hal saja. Dan membuat sebuah versi prototipe pertama dari
Burbn, yang berfokus pada foto saja. Namun di dalamnya masih banyak kendala dan
belum sempurna, sehingga Kevin dan Mike memutuskan untuk kembali menciptakan
versi asli Burn. Versi Burbn yang sudah final adalah aplikasi yang dapat
digunakan di dalam iphone, yang dimana isinya terlalu banyak fitur-fitur. Sulit
bagi Kevin Systrom dan Mike Krieger untuk mengurangi fitur-fitur yang ada dan
memulai lagi dari awal, namun Kevin dan Mike hanya memfokuskan pada bagian
foto, komentar dan juga kemampuan untuk menyukai sebuah foto, itulah yang
akhirnya yang menjadi awal mula munculnya media sosial Instagram. Karena
passion Kevin di bidang fotografi, ternyata tren pengguna Burn lebih banyak
memanfaatkan fitur photo sharing dibandingkan fitur lainnya. Akhirnya yang
tersisa adalah sebuah prototipe aplikasi photo sharing.
Instagram
membutuhkan proses sekitar satu minggu untuk mencari nama baru yang sesuai
dengan semangat dari aplikasi tersebut. Kevin dan Mike mengombinasikan aspek
“right here right now” dengan ide merekam sesuatu dalam kehidupan pengguna.
Karakteristik lain yang dibutuhkan adalah nama tersebut harus dieja dengan
mudah oleh semua orang. Maka, ditemukanlah nama Instagram.
Instagram
resmi lahir dan dirilis untuk platform IOS pada tanggal 6 Oktober 2010.
Sebanyak 25 ribu pengguna berhasil terjaring untuk mendaftar di hari pertama.
Pada tanggal 13 Oktober 2010 pengguna mencapai 100 ribu, pada tanggal 21
Desember 2010 Instagram mencapai 1 juta pengguna, kemudian Instagram
mengeluarkan fitur hashtag atau tagar pada tanggal 27 Januari 2011 agar
memudahkan pengguna untuk menemukan foto dan pengguna lainnya, pengguna
bertambah menjadi 1,75 juta pada tanggal 02 Februari 2011 dan foto-foto Instagram
mendapatkan like sebanyak 78 juta dan tanggal 15 Februari mencapai 2 juta. Pada
tanggal 12 juli dalam waktu 8 bulan telah berhasil memiliki 5 juta pengguna dan
100 juta foto yang diunggah di Instagram. Dibandingkan dengan Flickr yang perlu
waktu 2 tahun untuk mencapai rekor ini. Instagram merilis versi 2.0 pada
tanggal 20 September 2011 dengan fitur yang live filter, instan tilt shift dan
resolusi tinggi.
Fitur-Fitur
Instagram
Instagram adalah sebuah aplikasi
berbagi foto dan mengambil gambar atau foto yang menerapkan filter digital
untuk mengubah tampilan efek foto, dan membagikannya ke berbagai layanan media
sosial, termasuk milik Instagram sendiri. Instagram memiliki lima menu utama
yang semuanya terletak dibagian bawah yaitu sebagai berikut :
a) Home Page
Home page adalah halaman utama yang
menampilkan (timeline) foto-foto terbaru dari sesama pengguna yang telah
diikuti. Cara melihat foto yaitu hanya dengan menggeser layar dari bawah ke
atas seperti saat scroll mouse di komputer. Kurang lebih 30 foto terbaru dimuat
saat pengguna mengakses aplikasi, Instagram hanya membatasi foto-foto terbaru.
b) Comments
Sebagai layanan jejaring sosial Instagram menyediakan fitur komentar,
fotofoto yang ada di Instagram dapat dikomentar di kolom komentar. Caranya
tekan ikon bertanda balon komentar di bawah foto, kemudian ditulis kesan-kesan
mengenai foto pada kotak yang disediakan setelah itu tekan tombol send.
c) Explore Explore
merupakan tampilan dari foto-foto populer yang
paling banyak disukai para pengguna Instagram.
Instagram menggunakan algoritma
rahasia untuk menentukan foto mana yang dimasukkan ke dalam explore feed.
d) Profil Profil
pengguna dapat mengetahui secara detail
mengenai informasi pengguna, baik itu dari pengguna maupun sesama pengguna yang
lainnya. Halaman profil bisa diakses melalui ikon kartu nama di menu utama
bagian paling kanan. Fitur ini menampilkan jumlah foto yang telah diupload,
jumlah follower dan jumlah following.
e) News Feed
New feed merupakn Fitur yang menampilkan
notifikasi terhadap berbagai aktivitas yang dilakukan oleh pengguna Instagram. News feed memiliki dua
jenis tab yaitu “Following” dan “News”. Tab “following” menampilkan aktivitas
terbaru pada user yang telah pengguna follow, maka tab “news” menampilkan
notifikasi terbaru terhadap aktivitas para pengguna Instagram terhadap foto pengguna,
memberikan komentar atau follow maka pemberitahuan tersebut akan muncul di tab
ini.
Ada beberapa bagian yang sebaiknya
diisi agar foto yang di unggah lebih mempunyai makna informasi, bagian-bagian
tersebut yaitu :
1. Judul
Judul atau caption foto bersifat untuk
memperkuat karakter atau pesan yang ingin disampaikan pada pengguna tersebut.
2. Hashtag
Hashtag adalah sysmbol bertanda pagar (#),
fitur pagar ini sangatlah penting karena sangat memudahkan pengguna untuk
menemukan foto-foto di Instagram dengan hashtag tertentu.
3. Lokasi
Fitur lokasi adalah fitur yang menampilkan
lokasi dimana pengguna pengambilannya. Meski Instagram disebut layanan photo
sharing, tetapi Instagram juga merupakan jejaring sosial. Karena pengguna bisa
berinteraksi dengan sesama pengguna. Ada beberapa aktivitas yang dapat
dilakukan di Instagram, yaitu sebagai berikut :
a. Follow
follow adalah pengikut, dari pengguna
Instagram pengguna satu agar mengikuti atau berteman dengan pengguna lain yang
menggunakan Instagram.
b. Like
Like adalah suatu
ikon dimana pengguna dapat menyukai gambar ataupun foto pada Instagram, dengan
cara menekan tombol like dibagian bawah caption yang bersebelahan dengan
komentar. Kedua, dengan double tap (mengetuk dua kali) pada foto yang disukai.
c. Komentar
Komentar adalah
aktivitas dalam memberikan pikirannya melalui katakata, pengguna bebas
memberikan komentar apapun terhadap foto, baik itu saran, pujian atau kritikan.
d. Mentions
Fitur ini adalah
untuk menambah pengguna lain, caranya dengan menambah tanda arroba (@) dan
memasukan akun instagram dari
pengguna tersebut.
Langkah-langkah
Membuat Instagram
Langkah-langkah membuat Instagram di
android sebagai berikut :
1) Instalasi
Proses pertama kali yang dilakukan ketika
memakai Instagram adalah
menginstalnya di ponsel, yaitu buka App Store untuk iPhone dan Play Store untuk
Android dan mengunduhnya di memory sehingga aplikasinya terinstal.
2) Registrasi
Regristasi sangat penting dalam mengunakan
Instagram, karena regristasi adalah sebuah akun yang merupakan identitas resmi
sebagai pengguna Instagram, berikut cara regristrasi Instagram :
a. Jalankan aplikasi Instagram
Terdapat dua menu
pilihan, yaitu “Sign Up” untuk mendaftar dan “Log in” jika telah memiliki akun.
Tekan tombol Sign Up untuk melakukan registrasi.
b. Masuk ke halaman Sign Up
Masuk ke halaman
Sign Up isi data-data yang diperlukan. Hanya tiga hal yang wajib di isi yaitu
email, username dan password.
c. Set Profile Picture
Set Profil picture untuk mengatur gambar
profil, yaitu dengan memotret langsung, mengambil dari gambar yang sudah ada di
memory
d. Tekan tombol sign up untuk mendaftar
8 Kelebihan dan Kelemahan Instagram yang Paling
Relevan
Ada
banyak kelebihan dan kekurangan Instagram.
Di antara yang pertama mereka menekankan karakter masifnya dan promosi
kemampuan artistik. Kerugian utamanya adalah alat pengeditan yang terbatas dan
hilangnya hak cipta.
Karena berbagai manfaatnya, jaringan sosial ini
telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir dan saat ini memiliki lebih dari
200 juta pengguna aktif per bulan. Angka ini menunjukkan bahwa Instagram
memiliki pengguna 15 kali lebih banyak daripada Facebook dan 20 kali lebih
banyak dari Twitter.
Jaringan ini sangat ideal untuk orang-orang yang
suka mengambil foto, merekam video pendek dan membaginya dengan pengguna lain.
Selain itu, aplikasi ini dapat dikaitkan dengan Facebook dan Twitter: foto yang
diunggah di Instagram dapat dibagikan secara otomatis di jejaring sosial
lainnya ini.
Instagram didasarkan pada sistem berbagi foto dan
video. Itu menyerupai Facebook dan Twitter, karena mengambil elemen dari
keduanya. Facebook mengambil gagasan berbagi gambar, sementara Twitter
mengambil gagasan pengikut.
Kerugian utama
dari aplikasi ini adalah hanya tersedia untuk sistem operasi Android, iOS dan
Windows Mobile.
Ini berarti
bahwa pengguna yang tidak memiliki sistem operasi ini harus mengakses versi
web, yang tidak seinteraktif aplikasi.
Keuntungan
1- Masif
Instagram adalah jejaring sosial yang telah
berkembang luas dalam beberapa tahun terakhir. Di antara Facebook, Twitter dan Instagram, yang terakhir adalah yang
dengan jumlah pengguna aktif tertinggi per bulan.
2- "Sebuah gambar bernilai seribu kata"
Fitur utama Instagram adalah memungkinkan Anda
untuk berbagi foto. Terkadang gambar dapat mengirimkan lebih banyak informasi
daripada teks tertulis.
Gambar
memiliki kemampuan untuk membangkitkan emosi dan perasaan. Mereka juga lebih
menarik daripada bentuk interaksi lainnya. Dengan cara ini, sistem komunikasi
yang jauh lebih efektif dibuat di antara para pengguna.
3 - Ideal untuk toko virtual
Saat ini, Instagram telah menjadi alat pemasaran.
Banyak toko virtual menggunakan platform ini untuk mempromosikan produk mereka.
Berkat
platform ini, hubungan antara penjual dan pembeli menjadi lebih interaktif.
4 - Privasi dan keamanan
Salah satu
keuntungan terpenting Instagram adalah kebijakan privasi dan keamanannya. Pekerjaan
mereka terbatas pada orang di atas 13 tahun, untuk melindungi anak-anak dari
konten tertentu yang mungkin tidak cocok untuk mereka.
Selain itu,
dapat dipastikan bahwa publikasi bersifat pribadi. Saat memilih opsi ini,
pengguna lain yang ingin melihat foto, video atau elemen profil lainnya harus
mengirim permintaan tindak lanjut kepada pengguna dengan akun pribadi. Pengguna
ini memiliki kekuatan untuk menerima atau menolak permintaan tersebut.
Terakhir, jika
pengguna melanggar kondisi Instagram atau jika mengancam keamanan anggota
jaringan lainnya, itu dapat diblokir dan tidak akan dapat melihat publikasi
orang-orang yang telah memblokirnya..
5- Gratis
Seperti jejaring sosial lainnya, layanan Instagram gratis. Baik langganan
maupun pengunduhan aplikasi tidak menghasilkan biaya tambahan untuk turunan
untuk pembayaran layanan Internet.
6- Opsi berbagi
Instagram memungkinkan Anda untuk
berbagi foto dan video yang dapat dibuat langsung dari aplikasi, atau yang
dapat dimuat dari memori perangkat seluler.
Aplikasi ini
juga menawarkan opsi untuk membagikan file-file ini di jejaring sosial lain,
seperti Twitter dan Facebook.
7- Sarana komunikasi
Menjadi jejaring sosial, Instagram adalah sarana komunikasi.
Selain menerbitkan file multimedia, aplikasi ini menawarkan layanan pengiriman
pesan instan.
8- Meningkatkan keterampilan artistik
Jejaring
sosial Instagram mempromosikan
kemampuan artistik orang. Berkat aplikasi ini banyak pengguna yang lebih sadar
akan elemen-elemen dasar fotografi: sudut, pesawat, fokus, antara lain.
Kekurangan
1- Dirancang untuk portabel
Aplikasi Instagram dibuat sebagai sistem
portabel. Artinya, desainnya lebih cocok untuk perangkat seluler, seperti
smartphone dan tablet.
Ada versi web dari jejaring sosial ini yang dapat
digunakan di komputer desktop, tetapi tidak menawarkan layanan sebanyak
aplikasi seluler.
2- Tidak kompatibel dengan semua sistem operasi
Aplikasi Instagram hanya tersedia untuk sistem
operasi iOS, Android dan Windows Mobile.
Ini tidak
termasuk orang yang memiliki perangkat dengan sistem BlackBerry, OS dan Linux,
antara lain.
3- Alat terbatas untuk mengedit gambar
Untuk menjadi jaringan berdasarkan publikasi
gambar, ia memiliki alat terbatas untuk mengedit file-file ini.
Anda hanya
memiliki beberapa lusinan efek (filter) dan opsi tambahan harus diunduh secara
terpisah.
4- Kemungkinan pencurian gambar
Saat
menerbitkan gambar berkualitas atau profesional di jejaring sosial, seseorang
dapat mengaksesnya dan menggunakannya untuk masalah profesional yang
menguntungkan mereka secara finansial.. Karena itu, ada kemungkinan
"mencuri" gambar dari pengguna tanpa persetujuan mereka.
5- Privasi gambar bersifat kolektif, bukan
individual
Anda tidak
dapat mengonfigurasi privasi setiap foto secara terpisah. Ini berarti bahwa
hanya ada dua opsi: bahwa semua publikasi bersifat publik atau semua bersifat
pribadi.
6- Adiktif
Jejaring
sosial Instagram dapat menjadi
kecanduan bagi penggunanya. Karena alasan ini, harus digunakan dengan
hati-hati.
7- Iklan palsu
Banyak toko bergantung pada Instagram untuk
mempromosikan produk dan layanan mereka. Terkadang akun ini menggunakan iklan
palsu untuk menarik pelanggan. Ini dapat menimbulkan ketidakpercayaan di pihak
pengguna.
8- Tergantung pada gambar
Popularitas
suatu akun sebagian besar didasarkan pada kualitas gambar yang diterbitkan.
Jika foto tidak cukup menarik, maka akun tidak akan memiliki banyak pengikut.
Tunggu Apalagi? Konsultasikan segera kebutuhan digitalisasi anda
bersama depokwebsite.com
KONSULTASI GRATIS
0882-9037-8482 Admin
Alamat Kantor :
CQCH+VMQ, Jl. Terapi Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor Bar., Kota
Bogor, Jawa Barat 16111
.png)

Komentar
Posting Komentar