Apa itu Instagram? | www.depokwebsite.com
Apa
itu Instagram?
Daftar Isi
3. Keistimewaan
Fitur-fitur Instagram
4. Fungsi fitur
Instagram terbaru
5. Fungsi Instagram dalam dunia bisnis
6. Fitur &
Fungsi Instagram Lainnya untuk Berbisnis
Instagram adalah salah satu media sosial yang tengah
digandrungi banyak orang. Penggunannya pun sangat beragam, mulai dari
anak-anakl hingga orangtua. Mulai dari pelajar hingga pebisnis. Media sosial
yang fokus pada platform berbagi foto dan video ini makin meroket
popularitasnya hingga mampu disamakan dengan Facebook dan Twitter.
Fitur-fitur menarik seperti
filter, Instagram Story, IGTV, dan kemudahan berjejaring lainnya
membuat pesona Instagram mampu melekat di hati penggunanya. Saat diluncurkan
untuk pertama kali pada 2010 silam Instagram mengklaim telah memiliki 25.000
orang pendaftar akun.
Sejarah Singkat Instagram
Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto dan video yang
memungkinkan pengguna mengambil foto, mengambil video, menerapkan filter
digital, dan aktivitas berjejaring lainnya.
Nama Instagram berasal dari Kata ‘Instan’ dan ‘telegram’. Kata
‘instan’ yang mendasari penamaan ‘insta’ dimaksudkan seperti kamera polaroid
yang pada masanya lebih dikenal dengan sebutan "foto instan".
Dengan makna
ini Instagram juga dapat menampilkan foto-foto secara instan, seperti polaroid
di dalam tampilannya. Sedangkan kata telegram merujuk pada sebuah alat yang
bekerja mengirimkan informasi kepada orang lain dengan cepat.
Hal ini sama
dengan fungsi Instagram yang dapat mengunggah foto dengan koneksi Internet,
sehingga informasi yang ingin disampaikan dapat diterima dengan cepat.
Instagram
adalah jejaring sosial yang lahir dari sebuah perusahaan bernama Burbn, Inc.
yang berdiri pada 6 Oktober 2010. Perusahaan ini didirikan oleh Kevin Systrom
dan Mike Krieger yang saat ini menjadi CEO dari Instagram.
Kedua CEO
tersebut memutuskan untuk lebih memfokuskan Burbn pada aplikasi yang
memungkinkan penggunanya unruk berbagi foto dan video, berkomentar, dan juga
kemampuan untuk menyukai sebuah foto.aplikasi inilah yang merupakan cikal bakal
dari Instagram. Awalnya aplikasi ini hanya dapat dinikmati oleh
pengguan IPhone.
Pada 9 April
2012, Facebook resmi mengambil alih Instagram senilai hampir $1 miliar dalam
bentuk tunai dan saham. Logo dari Instagram sendiri berupa kamera polaroid yang
menggambarkan sebuah aplikasi berbagi foto dan video instan.
Keistimewaan Fitur-Fitur Instagram
Instagram Adalah Platform Berbagi Foto dan Video
Terus meningkatnya Instagram tak jauh dari peran fitur-fitur istimewa yang di
tawarkan oleh Instagram. Instagram adalah media sosial yang memungkinkan penggunanya
membagikan foto dan video kepada para pengikutnya.
Berikut fitur-fitur
unggulan yang dimiliki Instagram :
Berbagi Foto dan Video
Fitur yang
paling utama dari Instagram adalah sebagai tempat untuk berbagi foto dan video
kepada pengguna lainnya. Foto yang ingin diunggah dapat diperoleh melalui
galeri album foto maupun langsung dari fitur kamera bawaan aplikasi Instagram.
pengguna dapat
memberikan caption dan filter pada foto-fotonya. Selain itu pengguna juga dapat
melakukan tag atau menandai pengguna lain yang terlibat dalam foto tersebut.
Yang menarik
dari Instagram adalah pengguna dapat mengedit foto yang ingin
diunggah dengan efek atau filter yang telah tersedia di Instagram. Pada versi
awalnya, Instagram memiliki 15 efek foto yang dapat digunakan oleh para
pengguna pada saat mereka hendak menyunting fotonya. Namun saat ini Instagram
telah memiliki lebih dari 15 filter.
Komentar dan Like
Pada foto atau
video yang diunggah, pengguna lain dapat memberikan komentar dan like. Instagram memiliki sebuah fitur tanda suka yang fungsinya
memiliki kesamaan dengan yang disediakan Facebook, yaitu sebagai penanda bahwa
pengguna yang lain menyukai foto yang telah diunggah.
Durasi waktu
dan jumlah suka pada sebuah foto di dalam Instagram dapat menjadi faktor khusus yang mempengaruhi
kepopuleran foto tersebut. Jumlah pengikut juga menjadi salah satu unsur yang
penting membuat foto menjadi terkenal. Bila sebuah foto menjadi terkenal, maka
secara langsung foto tersebut akan masuk ke dalam halaman popular tersendiri.
Explore
Pada Juni
2012, Instagram memperkenalkan fitur Explore. Explore pada Instagram adalah sebuah tab di dalam aplikasi yang
menampilkan foto-foto populer, foto yang diambil di lokasi terdekat, dan
pencarian.
Tab ini
kemudian diperbarui pada Juni 2015 untuk menampilkan tag dan tempat yang sedang
tren, konten yang dikuratori, dan kemampuan untuk mencari lokasi.
Pada April
2016, Instagram menambahkan saluran "Videos You Might
Like" ke tab diikuti oleh saluran "Events" pada bulan Agustus,
menampilkan video dari konser, permainan olahraga, dan acara langsung lainnya,
Instagram Story
Pada bulan
Agustus 2016, Instagram meluncurkan Instagram Stories. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk
mengambil foto dan video, menambahkan efek dan layer dan kemudian menambahkannya
ke kilas cerita Instagram mereka.
Konten yang
diunggah ke Instagram story akan hilang setelah 24 jam. Media mencatat kesamaan
fitur ini dengan Snapchat. Fitur ini semakin berkembang dengan ditambahkannya
kemampuan membagi lokasi, stiker, dan efek dari foto dan video yang di unggah
ke Instagram Story.
Pada bulan
November, Instagram menambahkan fungsionalitas video langsung atau
Live Video ke Instagram Stories, yang memungkinkan pengguna untuk menyiarkan
diri mereka secara langsung, dengan video menghilang segera setelah
mengakhirinya.
IGTV
IGTV pada
Instagram adalah fitur video vertikal yang diluncurkan oleh Instagram pada Juni 2018. Fungsionalitas dasar juga tersedia
dalam aplikasi dan situs web Instagram. IGTV memungkinkan unggahan berdurasi
hingga 10 menit dengan ukuran file hingga 650 MB.
Bagi pengguna
yang diverifikasi dan populer diizinkan untuk mengunggah video berdurasi hingga
60 menit dengan ukuran file hingga 5,4 GB. Fitur ini secara otomatis mulai
memutar video segera setelah diluncurkan.
Fungsi
Fitur Instagram Terbaru
Saat ini, telah tersedia beragam fitur dan fungsi Instagram. Fungsi Instagram tak lagi
hanya sebagai tempat untuk membagikan foto dan video. Tetapi kini, fungsi Instagram juga adalah untuk meningkatkan interaksi para penggunanya dengan
berbagai fitur layanan terbaru, seperti:
· Instagram
Questions
Instagram Question adalah fitur yang diperkenalkan pada Juli 2018.
Fungsi Instagram Question adalah untuk memungkinkan pengguna menjawab
pertanyaan yang diajukan oleh pengikut mereka. Fitur ini sedikit banyak
mengingatkan pada Ask.FM yang kontroversial, meskipun jawaban atas
pertanyaan-pertanyaan tersebut tidaklah anonim.
Jika Anda mengirim pertanyaan kepada seseorang yang Anda ikuti,
mereka dapat memposting pertanyaan itu ke cerita atau story mereka, dan menulis
tanggapan atau jawaban tanpa harus menandai Anda sebagai orang yang mengajukan
pertanyaan. Ini adalah fitur yang populer di kalangan para influencer.
· Instagram
Direct
Instagram Direct memungkinkan Anda berbagi foto, video, halaman
hashtag, profil, dan lokasi dengan satu orang atau sekelompok kecil orang
(hingga 15 orang) langsung dari umpan berita pengguna. Anda dapat mengakses dan
menikmati fungsi Instagram Direct melalui ikon Kotak Masuk di pojok kanan atas
aplikasi.
· Instagram
Stories
Instagram Stories adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk
memposting pilihan foto/video ke dalam satu cerita. Fungsi Instagram Story yang
lumayan baru ini bekerja dengan cara yang sama seperti Snapchat Stories, yang
akan menghilang setelah 24 jam.
Instagram Story tidak diposting ke profil pengguna atau di Umpan
Berita. Instagram Stories mengikuti pengaturan privasi yang sama dengan profil
Instagram pengguna. Misalnya, jika pengguna memiliki akun pribadi dan
memposting story, hanya teman pengguna yang dapat melihat cerita ini.
Fungsi
Instagram dalam Dunia Bisnis
Sejak diluncurkan, Instagram telah
menambahkan banyak fitur yang menguntungkan pemasar atau pelaku bisnis, baik
fitur iklan berbayar maupun posting organik. Melansir dari sproutsocial.com,
berikut ini adalah beberapa fitur dan fungsi Instagram yang paling penting
untuk bisnis:
· Instagram
Video
Anda mungkin sudah familiar dengan postingan Video Instagram.
Fungsi Instagram Video sama seperti postingan foto biasa. Hanya saja, video memiliki
berdurasi hingga 60 detik yang berguna untuk menjelaskan dan mempromosikan
produk-produk yang Anda jual. Anda dapat menambahkan filter, keterangan, dan
menandai lokasi sebelum membagikan kiriman.
Postingan video menghasilkan lebih banyak keterlibatan pengguna
daripada foto di Instagram. Fungsi Instagram Video ini sangat besar bagi
brand-brand yang ingin memenangkan algoritma baru Instagram, di mana algoritma
ini melacak keterlibatan pengguna dalam kiriman Anda untuk menentukan apakah
akan menampilkan konten Anda secara luas atau tidak.
· Instagram
Live Video
Fitur dan fungsi Instagram Live Video berbeda dengan Instagram
Video biasa karena fitur yang satu ini disiarkan secara langsung atau real
time. Cara kerjanya adalah, pengikut akan mendapatkan notifikasi push yang
memberi tahu bahwa Anda akan mengadakan live video. Pengikut dapat mengomentari
atau menyukai streaming live video Anda secara real time.
Video siaran langsung ini akan hilang setelah Anda mengakhirinya
dan tidak tersimpan ke akun Anda. Fitur ini adalah cara lain bagi pemasar untuk
membangun transparansi dan keaslian brand. Kedua hal ini penting, sejalan
dengan pembaruan algoritme terbaru Instagram.
· IGTV
Instagram TV atau IGTV adalah aplikasi dalam Instagram yang
memberikan penggunanya kemampuan untuk berbagi video berdurasi hingga satu jam
seperti episode TV. Ini adalah fitur yang disukai oleh pembuat konten yang
menyukai konten video, salah satu tren yang paling cepat berkembang dalam
pemasaran konten karena lebih dari 80% bisnis saat ini menggunakan pemasaran
video.
IGTV memberi pemasar kemampuan untuk berbagi konten video yang
lebih panjang. Fungsi Instagram TV ini memberi keuntungan bagi pengguna dengan
cara diberi tahu secara real time saat penjual membagikan video yang biasanya
berisi penawaran produk terbaru, diskon, dan event-event menguntungkan lainnya.
· Instagram
Stories
Fitur dan fungsi Instagram Stories adalah salah satu tambahan
terbesar yang cukup signifikan bagi para pebisnis yang mengandalkan Instagram
sebagai platfrom pemasarannya. Dalam Instagram Stories, Anda dapat
memperkenalkan atau mempromosikan barang jualan Anda setiap hari, karena fitur
ini hanya dapat dilihat selama 24 jam sebelum menghilang.
· Tag
Belanja
Tag belanja memungkinkan akun bisnis menandai harga produk di foto
mereka. Misalnya, jika akun toko Anda menampilkan model yang berjalan di sepatu
yang adalah barang jualan Anda, Anda dapat memberi tag harga pada sepatu
tersebut sehingga pengguna dapat mengeklik langsung ke laman produk dan membeli
sepatu tersebut.
Akun bisnis juga dapat menandai produk-produk mereka di dalam
Instagram Stories. Ini adalah cara yang bagus untuk menampilkan produk secara
langsung atau dalam konten buatan pengguna.
Fitur
& Fungsi Instagram Lainnya untuk Berbisnis
Masih ada lagi fitur-fitur dan fungsi Instagram yang berguna bagi para pemasar, di antaranya adalah:
· Fungsi
untuk Mengubah Postingan yang Ada Menjadi Iklan
Sebelumnya, Anda tidak dapat mengubah postingan yang ada menjadi
iklan kecuali Anda menekan tombol Promosikan dalam aplikasi. Sekarang,
Instagram bisnis dapat mengubah postingan organik mereka menjadi iklan di
Manajer Iklan. Berikut adalah beberapa tip tentang postingan organik apa yang
layak dibayar untuk dipromosikan sebagai iklan:
1.
Gunakan posting Anda yang paling
populer - ini kemungkinan adalah konten terbaik Anda yang paling berhubungan
dengan pengguna.
2.
Jalankan iklan yang masuk akal untuk
jenis konten yang Anda promosikan. Jika postingan organik Anda mendapatkan
banyak tombol suka, pertimbangkan untuk menjalankannya sebagai Iklan
Keterlibatan.
· Fungsi
Pemberitahuan Push untuk Akun Favorit Anda
Sebagai sebuah akun bisnis, Anda pasti ingin para pengikut
mendapatkan pemberitahuan setiap kali Anda memposting sesuatu yang baru. Fitur
yang agak tersembunyi ini tersedia di aplikasi seluler. Anda dapat mendorong
pelanggan untuk mengaktifkan fitur pemberitahuan push ini agar mereka mendapatkan
kabar terbaru dari bisnis Anda dengan segera.
Untuk mengaktifkan pemberitahuan push, buka profil atau akun yang
ingin Anda terima pemberitahuannya, klik tiga titik (ikon hotdog), dan pilih
"Nyalakan Pemberitahuan Pos". Setelah dipilih, Anda akan menerima
pembaruan setiap kali akun tersebut memposting konten baru.
Dalam sebuah studi dari Localytics, peneliti menemukan 65%
pengguna seluler yang memilih untuk menerima pemberitahuan push untuk aplikasi
kembali dalam 30 hari. Studi ini juga menemukan pengguna yang mengaktifkan
pemberitahuan push berinteraksi tiga kali lebih banyak daripada mereka yang
memilih tidak ikut.
· Hyperlink
Username dan Hashtag di Bio
Saat Anda mengetik @ atau #, nama pengguna atau hashtag yang
mengikuti akan secara otomatis dijadikan hyperlink. Ini adalah berita bagus
untuk bisnis karena ini adalah cara lain untuk membuat pengikut Anda terlibat
dengan akun lain yang Anda miliki atau tagar merek yang digunakan perusahaan
Anda.
· Filter
Favorit
Terdapat 40 filter Instagram yang bisa Anda kreasikan saat
memposting video atau foto Instagram baru. Namun, sebagai akun bisnis, Anda
tentu ingin konten akun yang konsisten dalam hal citra merek dan gaya. Jika
Anda memiliki lebih dari satu orang yang mengelola Instagram bisnis,
kemungkinan akan sulit untuk menjaga tampilan dan nuansa profil tetap
konsisten.
Namun, ada fungsi Instagram yang dapat membantu mengelola filter
favorit dengan memilih ikon roda gigi di akhir daftar filter. Mintalah bantuan
seseorang untuk mendesain atau memilih filter yang akan digunakan perusahaan.
Cukup gunakan apa yang menurut Anda paling sesuai dengan identitas perusahaan.
· Kelola
Konten Geo-tagged dengan hati-hati
Menggunakan konten yang diberi tag Geo untuk tujuan pemasaran bisa
sangat berpengaruh, terutama untuk bisnis fisik. Namun, jika Anda mengaktifkan
Penandaan Geo, bahkan foto atau video yang tidak Anda tandai dapat menampilkan
jalan tempat Anda memposting foto tersebut ke Instagram.
Media sosial berkembang dengan cepat untuk mengikuti permintaan
konsumen dan persaingan dari platform lain. Untuk itu, penting bagi Anda agar
tetap mengetahui fitur dan pembaruan baru ini dan fokus pada bagaimana Anda
bisa mendapatkan keuntungan dari fitur-fitur baru tersebut sebagai pemasar atau
bisnis.
Tunggu Apalagi? Konsultasikan segera kebutuhan digitalisasi anda
bersama depokwebsite.com
KONSULTASI GRATIS
0882-9037-8482 Admin
Alamat Kantor :
CQCH+VMQ, Jl. Terapi Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor Bar., Kota
Bogor, Jawa Barat 16111
.png)
.png)
.png)
.png)

.png)
Komentar
Posting Komentar