Apa itu Instagram? | www.depokwebsite.com

Apa itu Instagram?



Daftar Isi

1. Apa itu Instagram?

2. Sejarah Singkat Instagram

3. Keistimewaan Fitur-fitur Instagram

4. Fungsi fitur Instagram terbaru

5. Fungsi Instagram dalam dunia bisnis

6. Fitur & Fungsi Instagram Lainnya untuk Berbisnis

 

Instagram adalah salah satu media sosial yang tengah digandrungi banyak orang. Penggunannya pun sangat beragam, mulai dari anak-anakl hingga orangtua. Mulai dari pelajar hingga pebisnis. Media sosial yang fokus pada platform berbagi foto dan video ini makin meroket popularitasnya hingga mampu disamakan dengan Facebook dan Twitter.

Fitur-fitur menarik seperti filter, Instagram Story, IGTV, dan kemudahan berjejaring lainnya membuat pesona Instagram mampu melekat di hati penggunanya. Saat diluncurkan untuk pertama kali pada 2010 silam Instagram mengklaim telah memiliki 25.000 orang pendaftar akun.

Sejarah Singkat Instagram



Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto dan video yang memungkinkan pengguna mengambil foto, mengambil video, menerapkan filter digital, dan aktivitas berjejaring lainnya.

Nama Instagram berasal dari Kata ‘Instan’ dan ‘telegram’. Kata ‘instan’ yang mendasari penamaan ‘insta’ dimaksudkan seperti kamera polaroid yang pada masanya lebih dikenal dengan sebutan "foto instan".

Dengan makna ini Instagram juga dapat menampilkan foto-foto secara instan, seperti polaroid di dalam tampilannya. Sedangkan kata telegram merujuk pada sebuah alat yang bekerja mengirimkan informasi kepada orang lain dengan cepat.

Hal ini sama dengan fungsi Instagram yang dapat mengunggah foto dengan koneksi Internet, sehingga informasi yang ingin disampaikan dapat diterima dengan cepat.

Instagram adalah jejaring sosial yang lahir dari sebuah perusahaan bernama Burbn, Inc. yang berdiri pada 6 Oktober 2010. Perusahaan ini didirikan oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger yang saat ini menjadi CEO dari Instagram.

Kedua CEO tersebut memutuskan untuk lebih memfokuskan Burbn pada aplikasi yang memungkinkan penggunanya unruk berbagi foto dan video, berkomentar, dan juga kemampuan untuk menyukai sebuah foto.aplikasi inilah yang merupakan cikal bakal dari Instagram. Awalnya aplikasi ini hanya dapat dinikmati oleh pengguan IPhone.

Pada 9 April 2012, Facebook resmi mengambil alih Instagram senilai hampir $1 miliar dalam bentuk tunai dan saham. Logo dari Instagram sendiri berupa kamera polaroid yang menggambarkan sebuah aplikasi berbagi foto dan video instan.

Keistimewaan Fitur-Fitur Instagram



Instagram Adalah Platform Berbagi Foto dan Video

Terus meningkatnya Instagram tak jauh dari peran fitur-fitur istimewa yang di tawarkan oleh Instagram. Instagram adalah media sosial yang memungkinkan penggunanya membagikan foto dan video kepada para pengikutnya.

Berikut fitur-fitur unggulan yang dimiliki Instagram :

Berbagi Foto dan Video

Fitur yang paling utama dari Instagram adalah sebagai tempat untuk berbagi foto dan video kepada pengguna lainnya. Foto yang ingin diunggah dapat diperoleh melalui galeri album foto maupun langsung dari fitur kamera bawaan aplikasi Instagram.

pengguna dapat memberikan caption dan filter pada foto-fotonya. Selain itu pengguna juga dapat melakukan tag atau menandai pengguna lain yang terlibat dalam foto tersebut.

Yang menarik dari Instagram adalah pengguna dapat mengedit foto yang ingin diunggah dengan efek atau filter yang telah tersedia di Instagram. Pada versi awalnya, Instagram memiliki 15 efek foto yang dapat digunakan oleh para pengguna pada saat mereka hendak menyunting fotonya. Namun saat ini Instagram telah memiliki lebih dari 15 filter.

Komentar dan Like

Pada foto atau video yang diunggah, pengguna lain dapat memberikan komentar dan like. Instagram memiliki sebuah fitur tanda suka yang fungsinya memiliki kesamaan dengan yang disediakan Facebook, yaitu sebagai penanda bahwa pengguna yang lain menyukai foto yang telah diunggah.

Durasi waktu dan jumlah suka pada sebuah foto di dalam Instagram dapat menjadi faktor khusus yang mempengaruhi kepopuleran foto tersebut. Jumlah pengikut juga menjadi salah satu unsur yang penting membuat foto menjadi terkenal. Bila sebuah foto menjadi terkenal, maka secara langsung foto tersebut akan masuk ke dalam halaman popular tersendiri.

Explore

Pada Juni 2012, Instagram memperkenalkan fitur Explore. Explore pada Instagram adalah sebuah tab di dalam aplikasi yang menampilkan foto-foto populer, foto yang diambil di lokasi terdekat, dan pencarian.

Tab ini kemudian diperbarui pada Juni 2015 untuk menampilkan tag dan tempat yang sedang tren, konten yang dikuratori, dan kemampuan untuk mencari lokasi.

Pada April 2016, Instagram menambahkan saluran "Videos You Might Like" ke tab diikuti oleh saluran "Events" pada bulan Agustus, menampilkan video dari konser, permainan olahraga, dan acara langsung lainnya,

Instagram Story

Pada bulan Agustus 2016, Instagram meluncurkan Instagram Stories. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengambil foto dan video, menambahkan efek dan layer dan kemudian menambahkannya ke kilas cerita Instagram mereka.

Konten yang diunggah ke Instagram story akan hilang setelah 24 jam. Media mencatat kesamaan fitur ini dengan Snapchat. Fitur ini semakin berkembang dengan ditambahkannya kemampuan membagi lokasi, stiker, dan efek dari foto dan video yang di unggah ke Instagram Story.

Pada bulan November, Instagram menambahkan fungsionalitas video langsung atau Live Video ke Instagram Stories, yang memungkinkan pengguna untuk menyiarkan diri mereka secara langsung, dengan video menghilang segera setelah mengakhirinya.

IGTV

IGTV pada Instagram adalah fitur video vertikal yang diluncurkan oleh Instagram pada Juni 2018. Fungsionalitas dasar juga tersedia dalam aplikasi dan situs web Instagram. IGTV memungkinkan unggahan berdurasi hingga 10 menit dengan ukuran file hingga 650 MB.

Bagi pengguna yang diverifikasi dan populer diizinkan untuk mengunggah video berdurasi hingga 60 menit dengan ukuran file hingga 5,4 GB. Fitur ini secara otomatis mulai memutar video segera setelah diluncurkan.

 

Fungsi Fitur Instagram Terbaru



Saat ini, telah tersedia beragam fitur dan fungsi Instagram. Fungsi Instagram tak lagi hanya sebagai tempat untuk membagikan foto dan video. Tetapi kini, fungsi Instagram juga adalah untuk meningkatkan interaksi para penggunanya dengan berbagai fitur layanan terbaru, seperti:

·       Instagram Questions

Instagram Question adalah fitur yang diperkenalkan pada Juli 2018. Fungsi Instagram Question adalah untuk memungkinkan pengguna menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pengikut mereka. Fitur ini sedikit banyak mengingatkan pada Ask.FM yang kontroversial, meskipun jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut tidaklah anonim.

Jika Anda mengirim pertanyaan kepada seseorang yang Anda ikuti, mereka dapat memposting pertanyaan itu ke cerita atau story mereka, dan menulis tanggapan atau jawaban tanpa harus menandai Anda sebagai orang yang mengajukan pertanyaan. Ini adalah fitur yang populer di kalangan para influencer.

·       Instagram Direct

Instagram Direct memungkinkan Anda berbagi foto, video, halaman hashtag, profil, dan lokasi dengan satu orang atau sekelompok kecil orang (hingga 15 orang) langsung dari umpan berita pengguna. Anda dapat mengakses dan menikmati fungsi Instagram Direct melalui ikon Kotak Masuk di pojok kanan atas aplikasi.

·       Instagram Stories

Instagram Stories adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk memposting pilihan foto/video ke dalam satu cerita. Fungsi Instagram Story yang lumayan baru ini bekerja dengan cara yang sama seperti Snapchat Stories, yang akan menghilang setelah 24 jam.

Instagram Story tidak diposting ke profil pengguna atau di Umpan Berita. Instagram Stories mengikuti pengaturan privasi yang sama dengan profil Instagram pengguna. Misalnya, jika pengguna memiliki akun pribadi dan memposting story, hanya teman pengguna yang dapat melihat cerita ini.

Fungsi Instagram dalam Dunia Bisnis


Sejak diluncurkan, Instagram telah menambahkan banyak fitur yang menguntungkan pemasar atau pelaku bisnis, baik fitur iklan berbayar maupun posting organik. Melansir dari sproutsocial.com, berikut ini adalah beberapa fitur dan fungsi Instagram yang paling penting untuk bisnis:

·       Instagram Video

Anda mungkin sudah familiar dengan postingan Video Instagram. Fungsi Instagram Video sama seperti postingan foto biasa. Hanya saja, video memiliki berdurasi hingga 60 detik yang berguna untuk menjelaskan dan mempromosikan produk-produk yang Anda jual. Anda dapat menambahkan filter, keterangan, dan menandai lokasi sebelum membagikan kiriman.

Postingan video menghasilkan lebih banyak keterlibatan pengguna daripada foto di Instagram. Fungsi Instagram Video ini sangat besar bagi brand-brand yang ingin memenangkan algoritma baru Instagram, di mana algoritma ini melacak keterlibatan pengguna dalam kiriman Anda untuk menentukan apakah akan menampilkan konten Anda secara luas atau tidak.

·       Instagram Live Video

Fitur dan fungsi Instagram Live Video berbeda dengan Instagram Video biasa karena fitur yang satu ini disiarkan secara langsung atau real time. Cara kerjanya adalah, pengikut akan mendapatkan notifikasi push yang memberi tahu bahwa Anda akan mengadakan live video. Pengikut dapat mengomentari atau menyukai streaming live video Anda secara real time.

Video siaran langsung ini akan hilang setelah Anda mengakhirinya dan tidak tersimpan ke akun Anda. Fitur ini adalah cara lain bagi pemasar untuk membangun transparansi dan keaslian brand. Kedua hal ini penting, sejalan dengan pembaruan algoritme terbaru Instagram.

·       IGTV

Instagram TV atau IGTV adalah aplikasi dalam Instagram yang memberikan penggunanya kemampuan untuk berbagi video berdurasi hingga satu jam seperti episode TV. Ini adalah fitur yang disukai oleh pembuat konten yang menyukai konten video, salah satu tren yang paling cepat berkembang dalam pemasaran konten karena lebih dari 80% bisnis saat ini menggunakan pemasaran video.

IGTV memberi pemasar kemampuan untuk berbagi konten video yang lebih panjang. Fungsi Instagram TV ini memberi keuntungan bagi pengguna dengan cara diberi tahu secara real time saat penjual membagikan video yang biasanya berisi penawaran produk terbaru, diskon, dan event-event menguntungkan lainnya.

·       Instagram Stories

Fitur dan fungsi Instagram Stories adalah salah satu tambahan terbesar yang cukup signifikan bagi para pebisnis yang mengandalkan Instagram sebagai platfrom pemasarannya. Dalam Instagram Stories, Anda dapat memperkenalkan atau mempromosikan barang jualan Anda setiap hari, karena fitur ini hanya dapat dilihat selama 24 jam sebelum menghilang.

·       Tag Belanja

Tag belanja memungkinkan akun bisnis menandai harga produk di foto mereka. Misalnya, jika akun toko Anda menampilkan model yang berjalan di sepatu yang adalah barang jualan Anda, Anda dapat memberi tag harga pada sepatu tersebut sehingga pengguna dapat mengeklik langsung ke laman produk dan membeli sepatu tersebut.

Akun bisnis juga dapat menandai produk-produk mereka di dalam Instagram Stories. Ini adalah cara yang bagus untuk menampilkan produk secara langsung atau dalam konten buatan pengguna.

Fitur & Fungsi Instagram Lainnya untuk Berbisnis


Masih ada lagi fitur-fitur dan fungsi Instagram yang berguna bagi para pemasar, di antaranya adalah:

·       Fungsi untuk Mengubah Postingan yang Ada Menjadi Iklan

Sebelumnya, Anda tidak dapat mengubah postingan yang ada menjadi iklan kecuali Anda menekan tombol Promosikan dalam aplikasi. Sekarang, Instagram bisnis dapat mengubah postingan organik mereka menjadi iklan di Manajer Iklan. Berikut adalah beberapa tip tentang postingan organik apa yang layak dibayar untuk dipromosikan sebagai iklan:

1.      Gunakan posting Anda yang paling populer - ini kemungkinan adalah konten terbaik Anda yang paling berhubungan dengan pengguna.

2.      Jalankan iklan yang masuk akal untuk jenis konten yang Anda promosikan. Jika postingan organik Anda mendapatkan banyak tombol suka, pertimbangkan untuk menjalankannya sebagai Iklan Keterlibatan.

·       Fungsi Pemberitahuan Push untuk Akun Favorit Anda

Sebagai sebuah akun bisnis, Anda pasti ingin para pengikut mendapatkan pemberitahuan setiap kali Anda memposting sesuatu yang baru. Fitur yang agak tersembunyi ini tersedia di aplikasi seluler. Anda dapat mendorong pelanggan untuk mengaktifkan fitur pemberitahuan push ini agar mereka mendapatkan kabar terbaru dari bisnis Anda dengan segera.

Untuk mengaktifkan pemberitahuan push, buka profil atau akun yang ingin Anda terima pemberitahuannya, klik tiga titik (ikon hotdog), dan pilih "Nyalakan Pemberitahuan Pos". Setelah dipilih, Anda akan menerima pembaruan setiap kali akun tersebut memposting konten baru.

Dalam sebuah studi dari Localytics, peneliti menemukan 65% pengguna seluler yang memilih untuk menerima pemberitahuan push untuk aplikasi kembali dalam 30 hari. Studi ini juga menemukan pengguna yang mengaktifkan pemberitahuan push berinteraksi tiga kali lebih banyak daripada mereka yang memilih tidak ikut.

·       Hyperlink Username dan Hashtag di Bio

Saat Anda mengetik @ atau #, nama pengguna atau hashtag yang mengikuti akan secara otomatis dijadikan hyperlink. Ini adalah berita bagus untuk bisnis karena ini adalah cara lain untuk membuat pengikut Anda terlibat dengan akun lain yang Anda miliki atau tagar merek yang digunakan perusahaan Anda.

·       Filter Favorit

Terdapat 40 filter Instagram yang bisa Anda kreasikan saat memposting video atau foto Instagram baru. Namun, sebagai akun bisnis, Anda tentu ingin konten akun yang konsisten dalam hal citra merek dan gaya. Jika Anda memiliki lebih dari satu orang yang mengelola Instagram bisnis, kemungkinan akan sulit untuk menjaga tampilan dan nuansa profil tetap konsisten.

Namun, ada fungsi Instagram yang dapat membantu mengelola filter favorit dengan memilih ikon roda gigi di akhir daftar filter. Mintalah bantuan seseorang untuk mendesain atau memilih filter yang akan digunakan perusahaan. Cukup gunakan apa yang menurut Anda paling sesuai dengan identitas perusahaan.

·       Kelola Konten Geo-tagged dengan hati-hati

Menggunakan konten yang diberi tag Geo untuk tujuan pemasaran bisa sangat berpengaruh, terutama untuk bisnis fisik. Namun, jika Anda mengaktifkan Penandaan Geo, bahkan foto atau video yang tidak Anda tandai dapat menampilkan jalan tempat Anda memposting foto tersebut ke Instagram.

Media sosial berkembang dengan cepat untuk mengikuti permintaan konsumen dan persaingan dari platform lain. Untuk itu, penting bagi Anda agar tetap mengetahui fitur dan pembaruan baru ini dan fokus pada bagaimana Anda bisa mendapatkan keuntungan dari fitur-fitur baru tersebut sebagai pemasar atau bisnis.

Tunggu Apalagi? Konsultasikan segera kebutuhan digitalisasi anda bersama depokwebsite.com

 

KONSULTASI GRATIS 

0882-9037-8482 Admin

 

Alamat Kantor : 

CQCH+VMQ, Jl. Terapi Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16111

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Panduan dan Contoh Sales Script yang Menyenangkan Calon Pelanggan | www.depokwebsite.com

Content Marketing adalah: Pengertian, Contoh, dan Strategi | www.depokwebsite.com

Kelebihan dan kekurangan IoT | www.depokwebsite.com