Apa Itu Google AdWords? | www.depokwebsite.com
Apa Itu Google AdWords?
Daftar Isi
· Pentingnya Google Ads bagi Pebisnis
o
1. Biaya per 1,000 Impresi (Pay per
Thousand Impression)
o
2. Biaya per Klik (Pay per Click)
o
3. Biaya per Konversi (Pay per Conversion)
o Iklan Harus Relevan dengan
Search Intent
o Membuat
Headline Iklan Terbaik
Pernahkah kamu mencari sebuah keyword (kata kunci)
di mesin pencarian Google dan menemukan hasil pencarian akun Google Anda
menggunakan kata “Ads” atau “Iklan” di sebelah judul halaman? Jika ya, maka
sudah dipastikan halaman tersebut menggunakan salah satu fitur Google yakni
Google Adwords (Google Ads).
Lalu, apa itu Google
AdWords? Pertanyaan ini sering diajukan oleh para pemasar yang ingin
memulai pemasaran bisnisnya melalui media internet dan mereformasi bisnisnya
menjadi digital marketing untuk memperoleh keuntungan yang lebih tinggi. Google Adwords adalah salah satu sumber
pemasaran yang populer saat ini di Indonesia. Oleh karena itu, pada artikel ini
kita akan mengenal secara lebih jauh mengenai Google Adwords.
Apa itu Iklan Google Ads?
Ada banyak media yang bisa dipakai dalam dunia
internet marketing, salah satu di antaranya adalah Adwords atau yang sekarang
berubah nama menjadi Google Ads. Singkatnya, Google Ads merupakan iklan berbayar
yang ditampilkan di beberapa platform, seperti Penelusuran (search engine),
display, dan YouTube, berdasarkan keyword atau kata kunci yang sudah
ditargetkan.
Saat ini, Google Ads menjadi pilihan utama bagi
para pebisnis online yang ingin melakukan promosi produknya. Dengan beberapa
teknik bawaan Google Ads, maka usaha/produk yang diiklankan akan muncul di
laman awal pencarian Google. Makin di atas posisi iklan tampil, makin besar
pula peluang iklan diklik.
Pengertian Google Adwords
Google AdWords
adalah platform iklan yang disediakan oleh Google dimana kita dapat mengatur
iklan dari situs bisnis kita. Disini kita bisa mengatur tempat penempatan iklan
yang akan tampil di Google Search atau jaringan pencarian Google, lokasi target
pasar, bahasa, dsb.
Google akan mengelola dan menampilkan iklan yang
telah kita buat sesuai dengan target dan tujuan yang sudah di tentukan. Iklan
yang kita pasang akan muncul pada perangkat orang yang melakukan penelusuran
dengan keyword (kata kunci) yang kita pilih.
AdWords
adalah teman terbaik Anda dalam marketing online. Dengan Anda mengerti apa saja
fitur dan kelebihan dari Google Ads
ini, akan meningkatkan bisnis dan penjualan produk atau layanan yang Anda
tawarkan.
Fitur-fitur yang semakin kompleks di dalam Google Ads ini membuat kemampuan kita
untuk merencanakan strategi pemasaran bisnis online menjadi tidak terbatas.
Google akan menampilkan iklan bisnis Anda dan menjangkau target bisnis Anda
tidak terbatas pada ruang dan waktu bahkan Anda dapat beriklan dengan jangkauan
di luar Indonesia.
Google Ads
memungkinkan Anda untuk menentukan target calon pelanggan Anda berdasarkan
keyword (kata kunci), topik, kategori, lokasi, hingga waktu yang Anda pilih.
Anda dapat memulai menggunakan Google Ads sesuai dengan budget pemasaran Anda.
Namun saya menyarankan untuk memulai memasang iklan dengan menentukan budget
minimum Rp 50,000 per hari.
Jenis-Jenis Google Ads
Berdasarkan lokasi tayangnya, Google Ads dibagi
menjadi beberapa macam, yakni:
· Iklan Penelurusan
Ini artinya iklan akan muncul di laman penelusuran
Google setelah pengguna mengetikkan keyword yang relevan, misalnya nama produk
yang Anda jual.
· Iklan Display
Iklan Display ini berbentuk teks dan gambar yang
tersebar di seluruh jaringan Google. Dengan lebih dari 2 juta situs dan
aplikasi, iklan Anda bisa menjangkau calon customer di berbagai penjuru dunia.
· Iklan Video
Google Ads ini memungkinkan Anda untuk memasang
iklan berupa video di YouTube. Iklan jenis ini akan ditampilkan di awal video.
· Iklan Aplikasi
Iklan aplikasi ini akan ditampilkan di semua
jaringan Google. Tak usah khawatir soal desain, sebab Google siap
menyediakannya untuk Anda.
Pentingnya Google Ads bagi Pebisnis
Berikut beberapa manfaat menggunakan Google Ads
bagi para pebisnis online:
· Target Pasar Lebih Luas
Google memiliki jangkauan yang sangat luas.
Memasang Google Ads tentu akan turut memperluas sasaran pasar ke berbagai
penjuru dunia.
· Iklan Lebih Tertarget
Google Ads dirancang sesuai dengan keyword dan
kategori tertentu, sehingga iklan dapat lebih tertarget dan menjangkau calon
buyer yang potensial.
· Iklan Lebih Cepat Tampil
Dengan bantuan Search Engine Result Page, iklan
Anda akan tampil hanya dalam hitungan menit.
· Bujet Bisa Disesuaikan
Google Ads merupakan teknik promosi yang cukup
fleksibel. Anda bisa menyesuaikan kebutuhan promosi dengan bujet yang dimiliki,
atau bahkan membayar hanya jika konsumen mengklik iklan tersebut.
Nah, itulah pembahasan singkat mengenai pengertian
dan manfaat iklan Google Ads bagi pebisnis online. Semoga bermanfaat!
Cara Pembiayaan Google Adwords
Pembiayaan dalam Adwords
menggunakan beberapa cara, yaitu:
1. Biaya per 1,000 Impresi
(Pay per Thousand Impression)
Anda akan dikenakan biaya
iklan Google Ads setiap ada 1,000 orang yang
melihat iklan Anda. Ini adalah cara yang bagus apabila Anda ingin situs dan
produk bisnis Anda lebih banyak di lihat atau membangun Awareness pada orang di
pasar.
2. Biaya per Klik (Pay per
Click)
Anda akan dikenakan biaya
setiap kali ada yang klik iklan Anda. Apabila mereka hanya melihat iklan Anda,
tetapi tidak memilih untuk berkunjung ke website Anda. Maka, Anda tidak akan
membayar apa-apa. Sebaliknya, jika orang melihat iklan Anda menarik dan
melakukan kunjungan untuk melihat isi website Anda maka Anda akan membayar
biaya iklan.
3. Biaya per Konversi (Pay per
Conversion)
Cara ini adalah cara paling
advanced dalam periklanan Google karena Anda hanya membayar apabila goal dari
iklan Anda terpenuhi. Goal tersebut bisa berupa pendaftaran akun member,
penjualan, lama waktu per kunjungan, dsb.
Untuk memulai menggunakan
Google Adwords, Anda hanya perlu mendaftar melalui link terkait berikut
ini http://adwords.google.com dan
ikuti langkah-demi-langkah mudah yang disediakan untuk melakukan pendaftaran.
Apabila Anda mengiklankan dan
mengerjakannya sendiri, saya sarankan untuk mendaftar AdWords Express. Ini
adalah cara cepat yang di siapkan oleh Google untuk mempermudah pengaturan.
Cara Menggunakan
Google Ads Terbaik
Google Ads harus digunakan dengan
tepat agar posisi Ads baik dan maksimal.
Nah, kini kamu sudah mengetahui cara kerja Google Ads. Berikut beberapa tips yang
tepat serta jitu dalam menggunakan Google
Ads agar kamu bisa memperoleh hasil yang maksimal ketika beriklan, di
antaranya:
Hindari Broad Keyword
Salah satu tahap penting Google Ads ialah melakukan penawaran pada keyword dan
memberikan harga yang bisa kamu bayar untuk kata kunci tersebut.
Jadi, keyword sangatlah penting demi
kesuksesan campaign kamu di Google Ads. Pemilihan kata kunci tersebut
harus melalui proses
riset keyword baik menggunakan keyword research
tools atau Google Keyword Planner.
Jangan memakai keyword yang sifatnya terlalu luas
atau broad keywords misalnya “sepatu”, “buku”, karena selain
persaingan yang tinggi kamu juga tidak tahu apa niat dari user dengan keyword tersebut.
Kamu bisa meninjau keyword apa yang paling tepat
dan bisa membuat konversi serta mendatangkan pelanggan ke bisnismu ketika
melakukan riset keyword terlebih dahulu.
Iklan Harus Relevan dengan Search
Intent
Pada proses awal direkomendasikan untuk menghindari broad
keyword atau kata kunci yang terlalu luas seperti “sepatu” dan “buku”,
karena tidak diketahui dengan jelas apakah niat pengguna tersebut hanya mau
mencari informasi tentang sepatu atau hendak membelinya.
Jika search intent seseorang dalam mengetikkan
sepatu hanya untuk mengetahui “apa itu sepatu”, maka tidak cocok kamu
meletakkan iklan dengan bid kata sepatu karena pengguna tidak
akan mengklik iklan tersebut.
Nah sebaiknya, disini kamu bisa melakukan penawaran pada keyword yang
memiliki kata ‘beli’ karena sudah jelas pengguna yang mengetikkan kata kunci
tersebut di mesin pencarian bisa mendatangkan konversi dan menjadi pelanggan
jika iklan kamu dirasa menjadi solusi yang tepat bagi mereka.
Membuat Headline Iklan Terbaik
Teks pada iklan dapat menjadi pembeda antara iklan kamu dengan
iklan pesaing. Teks iklan tersebut harus cocok dengan search intent,
selaras dengan keyword yang ditarget, dan mengatasi masalah
dengan solusi yang jelas.
Kalau kamu memilih search campaign Google Ads,
maka judul menjadi yang terpenting. Judul adalah hal pertama yang dilihat para
pengguna mesin pencari hingga calon pelanggan kamu. Headline iklan
harus menonjol di antara hasil lainnya di halaman pertama Google. Karena itu,
perlu untuk memastikan bahwa iklanmu memiliki judul yang tepat.
Jangan karena terpacu membuat judul yang mencolok dari yang
lainnya, kamu melakukan hal nyeleneh. Hindari clickbait. Tidak
hanya akan membuat pengguna tidak menyukainya, tetapi juga bisa mengikis
reputasi merek bisnismu.
Optimalkan Landing Page
Cara menggunakan Google Ads agar mendapatkan hasil yang maksimal
yaitu jangan lupa untuk mengoptimalkan landing page..
Ciptakan UX (User experience) yang baik di landing page.
Kamu tidak mau kan terjadi bounce dan pengguna hanya
melihat landing page atau website kamu setelah terarahkan oleh
iklan tanpa melakukan apapun?
Maka dari itu ciptakan user experience yang
sempurna baik untuk di landing page atau halaman website.
Optimalkan landing page untuk dapat menghasilkan konversi
misalnya membuat akun, menngunduh aplikasi, hingga membeli produk.
Gunakan call-to-action button yang jelas sehingga
jangan sampai membuat pengguna bingung dan memiliki pengalaman buruk saat
mengunjungi halaman websiite, ya!
Tunggu Apalagi? Konsultasikan segera kebutuhan digitalisasi anda bersama
depokwebsite.com
KONSULTASI GRATIS
0882-9037-8482 Admin
Alamat Kantor :
CQCH+VMQ, Jl. Terapi Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor Bar., Kota
Bogor, Jawa Barat 16111
.png)
.png)
.png)

Komentar
Posting Komentar