Apa Itu Google AdWords? | www.depokwebsite.com

Apa Itu Google AdWords?



Daftar Isi 

·       Pentingnya Google Ads bagi Pebisnis

o   1. Biaya per 1,000 Impresi (Pay per Thousand Impression)

o   2. Biaya per Klik (Pay per Click)

o   3. Biaya per Konversi (Pay per Conversion)

o   Hindari Broad Keyword

o   Iklan Harus Relevan dengan Search Intent

o   Membuat Headline Iklan Terbaik

o   Optimalkan Landing Page 

 

Pernahkah kamu mencari sebuah keyword (kata kunci) di mesin pencarian Google dan menemukan hasil pencarian akun Google Anda menggunakan kata “Ads” atau “Iklan” di sebelah judul halaman? Jika ya, maka sudah dipastikan halaman tersebut menggunakan salah satu fitur Google yakni Google Adwords (Google Ads).

Lalu, apa itu Google AdWords? Pertanyaan ini sering diajukan oleh para pemasar yang ingin memulai pemasaran bisnisnya melalui media internet dan mereformasi bisnisnya menjadi digital marketing untuk memperoleh keuntungan yang lebih tinggi. Google Adwords adalah salah satu sumber pemasaran yang populer saat ini di Indonesia. Oleh karena itu, pada artikel ini kita akan mengenal secara lebih jauh mengenai Google Adwords.

Apa itu Iklan Google Ads?

Ada banyak media yang bisa dipakai dalam dunia internet marketing, salah satu di antaranya adalah Adwords atau yang sekarang berubah nama menjadi Google Ads. Singkatnya, Google Ads merupakan iklan berbayar yang ditampilkan di beberapa platform, seperti Penelusuran (search engine), display, dan YouTube, berdasarkan keyword atau kata kunci yang sudah ditargetkan.

Saat ini, Google Ads menjadi pilihan utama bagi para pebisnis online yang ingin melakukan promosi produknya. Dengan beberapa teknik bawaan Google Ads, maka usaha/produk yang diiklankan akan muncul di laman awal pencarian Google. Makin di atas posisi iklan tampil, makin besar pula peluang iklan diklik.

 

Pengertian Google Adwords

Google AdWords adalah platform iklan yang disediakan oleh Google dimana kita dapat mengatur iklan dari situs bisnis kita. Disini kita bisa mengatur tempat penempatan iklan yang akan tampil di Google Search atau jaringan pencarian Google, lokasi target pasar, bahasa, dsb.

Google akan mengelola dan menampilkan iklan yang telah kita buat sesuai dengan target dan tujuan yang sudah di tentukan. Iklan yang kita pasang akan muncul pada perangkat orang yang melakukan penelusuran dengan keyword (kata kunci) yang kita pilih.

AdWords adalah teman terbaik Anda dalam marketing online. Dengan Anda mengerti apa saja fitur dan kelebihan dari Google Ads ini, akan meningkatkan bisnis dan penjualan produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Fitur-fitur yang semakin kompleks di dalam Google Ads ini membuat kemampuan kita untuk merencanakan strategi pemasaran bisnis online menjadi tidak terbatas. Google akan menampilkan iklan bisnis Anda dan menjangkau target bisnis Anda tidak terbatas pada ruang dan waktu bahkan Anda dapat beriklan dengan jangkauan di luar Indonesia.

Google Ads memungkinkan Anda untuk menentukan target calon pelanggan Anda berdasarkan keyword (kata kunci), topik, kategori, lokasi, hingga waktu yang Anda pilih. Anda dapat memulai menggunakan Google Ads sesuai dengan budget pemasaran Anda. Namun saya menyarankan untuk memulai memasang iklan dengan menentukan budget minimum Rp 50,000 per hari.

 

Jenis-Jenis Google Ads



Berdasarkan lokasi tayangnya, Google Ads dibagi menjadi beberapa macam, yakni:

·       Iklan Penelurusan

Ini artinya iklan akan muncul di laman penelusuran Google setelah pengguna mengetikkan keyword yang relevan, misalnya nama produk yang Anda jual.

·       Iklan Display

Iklan Display ini berbentuk teks dan gambar yang tersebar di seluruh jaringan Google. Dengan lebih dari 2 juta situs dan aplikasi, iklan Anda bisa menjangkau calon customer di berbagai penjuru dunia.

·       Iklan Video

Google Ads ini memungkinkan Anda untuk memasang iklan berupa video di YouTube. Iklan jenis ini akan ditampilkan di awal video.

·       Iklan Aplikasi

Iklan aplikasi ini akan ditampilkan di semua jaringan Google. Tak usah khawatir soal desain, sebab Google siap menyediakannya untuk Anda.

Pentingnya Google Ads bagi Pebisnis

Berikut beberapa manfaat menggunakan Google Ads bagi para pebisnis online:

·       Target Pasar Lebih Luas

Google memiliki jangkauan yang sangat luas. Memasang Google Ads tentu akan turut memperluas sasaran pasar ke berbagai penjuru dunia.

·       Iklan Lebih Tertarget

Google Ads dirancang sesuai dengan keyword dan kategori tertentu, sehingga iklan dapat lebih tertarget dan menjangkau calon buyer yang potensial.

·       Iklan Lebih Cepat Tampil

Dengan bantuan Search Engine Result Page, iklan Anda akan tampil hanya dalam hitungan menit.

·       Bujet Bisa Disesuaikan

Google Ads merupakan teknik promosi yang cukup fleksibel. Anda bisa menyesuaikan kebutuhan promosi dengan bujet yang dimiliki, atau bahkan membayar hanya jika konsumen mengklik iklan tersebut.

Nah, itulah pembahasan singkat mengenai pengertian dan manfaat iklan Google Ads bagi pebisnis online. Semoga bermanfaat!

 

Cara Pembiayaan Google Adwords



Pembiayaan dalam Adwords menggunakan beberapa cara, yaitu:

1. Biaya per 1,000 Impresi (Pay per Thousand Impression)

Anda akan dikenakan biaya iklan Google Ads setiap ada 1,000 orang yang melihat iklan Anda. Ini adalah cara yang bagus apabila Anda ingin situs dan produk bisnis Anda lebih banyak di lihat atau membangun Awareness pada orang di pasar.

2. Biaya per Klik (Pay per Click)

Anda akan dikenakan biaya setiap kali ada yang klik iklan Anda. Apabila mereka hanya melihat iklan Anda, tetapi tidak memilih untuk berkunjung ke website Anda. Maka, Anda tidak akan membayar apa-apa. Sebaliknya, jika orang melihat iklan Anda menarik dan melakukan kunjungan untuk melihat isi website Anda maka Anda akan membayar biaya iklan.

3. Biaya per Konversi (Pay per Conversion)

Cara ini adalah cara paling advanced dalam periklanan Google karena Anda hanya membayar apabila goal dari iklan Anda terpenuhi. Goal tersebut bisa berupa pendaftaran akun member, penjualan, lama waktu per kunjungan, dsb.

Untuk memulai menggunakan Google Adwords, Anda hanya perlu mendaftar melalui link terkait berikut ini http://adwords.google.com dan ikuti langkah-demi-langkah mudah yang disediakan untuk melakukan pendaftaran.

Apabila Anda mengiklankan dan mengerjakannya sendiri, saya sarankan untuk mendaftar AdWords Express. Ini adalah cara cepat yang di siapkan oleh Google untuk mempermudah pengaturan.

 

Cara Menggunakan Google Ads Terbaik


 


Google Ads harus digunakan dengan tepat agar posisi Ads baik dan maksimal.

Nah, kini kamu sudah mengetahui cara kerja Google Ads. Berikut beberapa tips yang tepat serta jitu dalam menggunakan Google Ads agar kamu bisa memperoleh hasil yang maksimal ketika beriklan, di antaranya:

Hindari Broad Keyword

Salah satu tahap penting Google Ads ialah melakukan penawaran pada keyword dan memberikan harga yang bisa kamu bayar untuk kata kunci tersebut. 

Jadi, keyword sangatlah penting demi kesuksesan campaign kamu di Google Ads. Pemilihan kata kunci tersebut harus melalui proses riset keyword baik menggunakan keyword research tools atau Google Keyword Planner.

Jangan memakai keyword yang sifatnya terlalu luas atau broad keywords misalnya “sepatu”, “buku”, karena selain persaingan yang tinggi kamu juga tidak tahu apa niat dari user dengan keyword tersebut.

Kamu bisa meninjau keyword apa yang paling tepat dan bisa membuat konversi serta mendatangkan pelanggan ke bisnismu ketika melakukan riset keyword terlebih dahulu.

Iklan Harus Relevan dengan Search Intent

Pada proses awal direkomendasikan untuk menghindari broad keyword atau kata kunci yang terlalu luas seperti “sepatu” dan “buku”, karena tidak diketahui dengan jelas apakah niat pengguna tersebut hanya mau mencari informasi tentang sepatu atau hendak membelinya.

Jika search intent seseorang dalam mengetikkan sepatu hanya untuk mengetahui “apa itu sepatu”, maka tidak cocok kamu meletakkan iklan dengan bid kata sepatu karena pengguna tidak akan mengklik iklan tersebut.

Nah sebaiknya, disini kamu bisa melakukan penawaran pada keyword yang memiliki kata ‘beli’ karena sudah jelas pengguna yang mengetikkan kata kunci tersebut di mesin pencarian bisa mendatangkan konversi dan menjadi pelanggan jika iklan kamu dirasa menjadi solusi yang tepat bagi mereka.

Membuat Headline Iklan Terbaik

Teks pada iklan dapat menjadi pembeda antara iklan kamu dengan iklan pesaing. Teks iklan tersebut harus cocok dengan search intent, selaras dengan keyword yang ditarget, dan mengatasi masalah dengan solusi yang jelas. 

Kalau kamu memilih search campaign Google Ads, maka judul menjadi yang terpenting. Judul adalah hal pertama yang dilihat para pengguna mesin pencari hingga calon pelanggan kamu. Headline iklan harus menonjol di antara hasil lainnya di halaman pertama Google. Karena itu, perlu untuk memastikan bahwa iklanmu memiliki judul yang tepat.

Jangan karena terpacu membuat judul yang mencolok dari yang lainnya, kamu melakukan hal nyeleneh. Hindari clickbait. Tidak hanya akan membuat pengguna tidak menyukainya, tetapi juga bisa mengikis reputasi merek bisnismu.

Optimalkan Landing Page 

Cara menggunakan Google Ads agar mendapatkan hasil yang maksimal yaitu jangan lupa untuk mengoptimalkan landing page.

Ciptakan UX (User experience) yang baik di landing page. Kamu tidak mau kan terjadi bounce dan pengguna hanya melihat landing page atau website kamu setelah terarahkan oleh iklan tanpa melakukan apapun? 

Maka dari itu ciptakan user experience yang sempurna baik untuk di landing page atau halaman website. Optimalkan landing page untuk dapat menghasilkan konversi misalnya membuat akun, menngunduh aplikasi, hingga membeli produk.

Gunakan call-to-action button yang jelas sehingga jangan sampai membuat pengguna bingung dan memiliki pengalaman buruk saat mengunjungi halaman websiite, ya!

Tunggu Apalagi? Konsultasikan segera kebutuhan digitalisasi anda bersama depokwebsite.com

 

KONSULTASI GRATIS 

0882-9037-8482 Admin

 

Alamat Kantor : 

CQCH+VMQ, Jl. Terapi Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16111

 

 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Panduan dan Contoh Sales Script yang Menyenangkan Calon Pelanggan | www.depokwebsite.com

Content Marketing adalah: Pengertian, Contoh, dan Strategi | www.depokwebsite.com

Kelebihan dan kekurangan IoT | www.depokwebsite.com