WAN Solution www.depokwebsite.com merupakan Agensi profesional yang bergerak dibidang layanan teknologi informasi.
Seperti Jasa Pembuatan Website, kami juga menyediakan jasa yang sedang trend saat ini yaitu Jasa Pembuatan Aplikasi Android dan IOS Sesuai Permintaan/Custom serta jasa lainya yaitu Jasa Digital Marketing,jasa SEO, Jasa Periklanan Google / Facebook, Lead Generation, Conversion Rate, Jasa Desain Multimedia, Jasa Maintenance Website/Aplikasi/Server.
Pengertian Company Profile | www.depokwebsite.com
Dapatkan link
Facebook
X
Pinterest
Email
Aplikasi Lainnya
Pengertian Company Profile
Daftar Isi
1. Pengertian Company Profile
1.1.
Pentingnya Company Profile
2. 10 Komponen Penting Dalam Company
Profile
3. Unsur Penting Company Profile
3.1.
Sistematika Company Profile
4. Contoh Company Profile yang Ideal
4.1.
Cara Membuat Company Profile
5. Contoh Company Profile Perusahaan
Company profileberasal dari dua kata, company yang berarti
perusahaan, maskapai, firma, perseroan, persekutuan, kompi dan rombongan, dan profile yang berarti tampang, penampangan, dan
riwayat. Jika diartikan ke bahasa Indonesia, company profile adalah
profil perusahaan. Company profilemerupakan salah satu
cara yang digunakan perusahaan untuk menggambarkan publik mengenai keberadaan
dan berjalannya sebuah perusahaan.
Company profilemerupakan jiwa perusahaan yang menggambarkan diri perusahaan secara
umum, apa yang perusahaan lakukan, apa tujuan perusahaan, bagaimana perusahaan
ingin dikenal di publik. Intinya mengenai informasi umum perusahaan secara
menyeluruh. Company profile identik sebagai kerangka
dasar menjalankan proses bisnis dalam perusahaan. Maka dari itu, harus mencakup
identitas diri, sejarah, visi, misi, nilai, dan produk atau jasa yang
ditawarkan perusahaan.
Beberapa fungsi company profile adalah sebagai media penyimpanan
data yang berisi profil perusahaan, manajemen perusahaan, dan data-data lain
yang digunakan sebagai media promosi, ataupun hanya sebagai media untuk
memperkenalkan perusahaan kepada masyarakatnya.
Pentingnya
Company Profile
1. Menciptakan hubungan dengan pelanggan
Salah satu hal terpenting dari dibuatnya company profile adalah
menciptakan hubungan antara perusahaan dan pelanggan.
Pelanggan dapat melihat secara lebih rinci terkait apa saja
informasi yang ditanamkan oleh perusahaan.
Lalu, pelanggan bahkan dapat berkomunikasi langsung dengan
tim pemasaran lewat kontak yang tersedia.
2. Sebagai alat pemasaran
Secara tidak langsung company profilejuga dapat dijadikan sebagai alat pemasaran bagi
perusahaan.
Bagaimana tidak, di dalam profil perusahaan tentu sudah
tertera deskripsi produk atau layanan yang ditawarkan.
Dengan demikian, calon konsumen dapat membacanya terlebih
dahulu dengan seksama sebelum mereka membeli dan menggunakan produk atau
layanan tersebut.
3. Memperkuat branding
Tidak kalah penting, profil perusahaan juga penting untuk
memperkuat branding perusahaan.
Pasalnya, di dalamnya tentu tercantum kelebihan serta
keunggulan perusahaan dibandingkan dengan kompetitor lainnya.
Hal ini memicu calon pelanggan untuk mempertimbangkan
perusahaan.
Apabila dikemas dengan baik, besar kemungkinan calon
pelanggan akan minat terhadap perusahaanmu.
4. Memberikan gambaran umum perusahaan
Selain sebagai alat pemasaran dan branding,
profil perusahaan juga akan memberikan wawasan kepada calon pengguna terkait
dengan perusahaan.
Pasalnya, di dalamnya berisi mengenai sejarah serta
pertumbuhan yang sudah dilalui oleh perusahaan. Hal ini secara tidak
langsung akan memicu calon pelanggan untuk melirik perusahaan tersebut.
10 Komponen Penting Dalam Company
Profile
Untuk membuat profil menjadi
informatif, ada beberapa komponen penting yang perlu ada dalam desainnya. Apa
saja itu? Simak di bawah ini
1. Cover yang eyecatchy
Desain cover merupakan hal
pertama yang akan dilihat oleh konsumen. Karena itu, penting untuk membuat
cover yang menarik. Selain eyecatchy, desain cover mulai dari gambar dan layout
perlu memberikan gambaran perusahaan. Logo perusahaan dan tagline bisa
diletakkan juga pada cover.
2. Daftar isi
Untuk membuat profil menjadi
lebih rapi dan terstruktur, daftar isi menjadi elemen yang krusial. Dalam
daftar isi terdapat pembagian bab, urutan bab, jumlah halaman, dan pembagian
halaman.
3. Kalimat pembuka
Saat masuk ke halaman profil
perusahaan, kalimat pembuka merupakan bagian yang akan tampil pertama. Isi dari
kalimat pembuka ini relatif. Bisa berisi sambutan dari pemilik mauapun direktur
dari perusahaan.
4. Informasi jajaran direksi
Jajaran direksi merupakan
sekumpulan orang yang berperan penting pada jalannya perusahaan. Calon investor
maupun konsumen perlu mengetahu profil direksi tersebut. Biasanya, direksi
dengan banyak pengalaman akan lebih menarik minat investor, terlebih pernah
menjadi bagian dari perusahaaan terkemuka. Informasi ini biasanya selalu update, karena tidak sedikit jajaran
direksi yang berganti setiap tahunnya.
5. Visi dan misi perusahaan
Visi dan misi merupaan dua elemen
krusial yang wajib ada. Keduanya merupakan tolok ukur dari perusahaan yang
perlu diketahui oleh konsumen dan calon investor. Desain dari visi dan misi
perlu disesuaian dengan nilai yang menjadi ciri khas perusahaan.
6. Sejarah perusahaan
Adanya narasi seperti sejarah
perusahaan cukup penting dalam pembuatan company profile. Cerita
sejarah perlu dikemas unik yang di dalamnya juga terdapat tujuan perusahaan.
Dari sejarah tersebut, biasanya juga ada milestone kejadian yang menjadi titik
kebangkitan perusahaan.
7. Produk dan jasa perusahaan
Desain juga harus mengandung
produk maupun jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Profil bisa dikemas unik
dengan menampilkan gambar produk atau jasa serta memberikan keterangan singkat
dari produk tersebut.
8. Sumber daya manusia
Selain produk, sumber daya
manusia juga menjadi bagian penting dalam perusahaan. Tampilkan kompetensi dan
nilai-nilai unggul yang dimiliki oleh sumber daya manusia.
9. Portofolio dan pencapaian
Untuk meningkatkan kepercayaan
konsumen dan investor, perusahaan bisa meletakkan hasil karya atau pekerjaan
yang sudah diselesaikan. Berikan tampilan foto yang menarik dan penjelasan
singkat. Pencapaian perusahaan mulai dari kancah internasional, nasional,
maupun lokal penting untuk ada dalam desain. bagian ini akan memberikan
gambaran singkat seberapa kompetennya perusahaan dalam memberikan pelayanan.
10. Kontak informasi
Setelah pembaca mulai tertarik
pada produk atau jasa perusahaan, yang selanjutnya akan dicari adalah kontak
informasi. Kontak bisa berisi alamat perusahaan, nomor telepon, email, website,
media sosial, dan customer care.
1.Memiliki desain yang menarik, profesional dan elegan. Sesuaikan
warna yang digunakan dengan logo perusahaan sehingga branding lebih kuat.
2.Pastikan penyusunan dan isi terlihat rapi dan jelas.
3.Mencakup poin-poin penting mengenai perusahaan supaya bisa
menjadi sumber informasi yang dapat dipercaya
4.Cetak dengan material yang berkualitas
5.Sertakan
foto, gambar, atau ilustrasi yang dapat mempermudah menjelaskan informasi agar
mudah dipahami pembaca
Lantas, apa saja yang harus ada
dalam sebuah company profile?
Sistematika Company Profile
Terdapat beberapa bagian yang
wajib ada dalam company profile, tetapi ada juga beberapa
poin opsional yang dapat Anda pertimbangkan penting atau tidaknya bagi
perusahaan Anda. Beberapa poin yang wajib ada:
1. Cover Depan
Bagian ini terdiri dari nama dan logo
perusahaan. Terlihat sederhana namun keberadaannya penting sebagai identitas
awal perusahaan. Usahakan buat cover depan semenarik mungkin
2. Sejarah Perusahaan
Bagian ini memiliki beberapa variasi judul
seperti Tentang Kami atau About Us. Anda dapat memasukan informasi kapan
perusahaan mulai beroperasi, siapa pendiri perusahaan, latar belakang
berdirinya perusahaan, jenis usaha yang dijalankan, dan sebagainya.
3. Visi dan Misi
Perusahaan yang baik tentu memiliki tujuan dan
cara mencapai tujuan tersebut, semuanya tertera dalam visi misi. Visi merupakan
cita-cita dan tujuan yang ingin dicapai perusahaan, misi merupakan segala usaha
untuk mencapai visi.
4.
Produk/Jasa yang Ditawarkan Perusahaan
Target pasar perusahaan akan fokus pada bagian
ini karena bagian inilah yang ditawarkan dan dijual perusahan serta yang dicari
konsumen. Jabarkan secara detail dan rinci mengenai jasa atau produk yang
ditawarkan, bila perlu sertakan foto.
5. Kelebihan Perusahaan
Pada bagian ini, sertakan informasi mengapa
masyarakat harus memilih perusahaan, apa saja yang membuat masyarakat tertarik
untuk menggunakan produk atau jasa perusahaan. Anda bisa mencantumkan kelebihan
seperti pertama di kelasnya, kualitas, teknologi yang ramah lingkungan, dan
lain-lain
6. Cover Belakang
Nah untuk bagian penutup, sertakan informasi
kontak perusahaan yang bisa dihubungi seperti alamat, nomor telepon, alamat
email, akun sosial media perusahaan, dan sebagainya.
Contoh Company Profile yang Ideal
Seperti yang sudah disebutkan di
atas, Anda bisa membuat company profile Anda dengan berbagai macam
bentuk dan cara penyampaian. Berikut adalah contoh company profile yang dapat Anda
jadikan sebagai acuan.
Cara Membuat Company Profile
Setelah memilih atau
membuat template yang akan digunakan untuk mengundang daya tarik, pembuatan company profile harus berurutan dan jelas. Berikut ini cara membuat company profile agar klien atau
pembaca mau membeli, bekerja sama atau menggunakan jasa perusahaanmu:
1. Cover depan
Cover depan sebuah company profile berisi nama perusahaan dan logo perusahaan.
2. Daftar Isi
Dengan banyaknya lembar halaman
yang ada di sebuah company profile, sebuah
perusahaan wajib mencantumkan daftar isi agar kerangka informasi yang akan
dibagikan bisa dilihat dengan mudah tanpa harus membuka halaman satu persatu.
3. Sejarah, Deskripsi, dan Struktur Organisasi Perusahaan
Pada tahap pengenalan perusahaan,
kamu bisa mengisinya dengan sejarah berdirinya perusahaan dan bidangnya, latar
belakang berdirinya perusahaan lengkap dengan pendiri dan struktur organisasi
perusahaan.
Secara tidak langsung, pembaca
akan merasakan perjalanan bisnis perusahaanmu yang masih berdiri kokoh hingga
saat ini. Tak lupa, buatlah pilihan kalimat yang tepat agar nyaman untuk
dibaca.
4. Visi dan Misi Perusahaan
Visi dan Misi adalah hal yang
wajib dicantumkan dalam sebuah company profile, Toppers.
Tulis secara rinci tujuan perusahaan, strategi, dan komitmen dalam bentuk visi
misi untuk menunjukan bahwa perusahaanmu akan melakukan yang terbaik dalam segi
apapun.
5. Produk atau Jasa Perusahaan
Pada bagian ini, kamu wajib
mencantumkan produk atau jasa perusahaan agar diketahui oleh pembaca.
Deskripsikan nama, kegunaan, spesifikasi, keunggulan, dan penjelasan rinci
tentang produk lengkap dengan gambar yang bisa terlihat jelas.
6. Kelebihan Perusahaan
Kamu bisa mencantumkan kelebihan
perusahaan agar pembaca tertarik untuk membeli produk, menggunakan jasa, atau
bekerja sama dengan perusahaanmu.
7. Pencapaian Perusahaan, Portofolio, dan Sertifikat
Penulisan pencapaian, portofolio,
dan sertifikat perusahaan wajib ditulis dalam company
profile agar mitra bisnis tertarik dan percaya dengan perusahaanmu.
Tulis bukti kesuksesan perusahaan berupa dokumentasi, sertifikat yang pernah
diraih, dan portofolio hasil karya yang pernah dibuat untuk klien.
8. Dokumentasi Perusahaan
Sebelum menutup halaman company profile, perusahaan bisa mencantumkan dokumentasi dari aktivitas
perusahaan, fasilitas perusahaan, dan karyawan yang sedang bekerja agar lebih
meyakinkan bahwa perusahaanmu menjalankan bisnis yang sudah dijelaskan
sebelumnya.
9. Cover Belakang
Sebagai penutup, cantumkan kontak
informasi perusahaan, seperti nomor telepon, email, dan alamat perusahaan
secara lengkap dan jelas.
Contoh
Company Profile Perusahaan
Jika kamu masih bingung untuk
memilih desain atau bentuk company profile yang akan dibuat. Berikut contoh company profile dalam media cetak dan digital yang bisa jadi pilihanmu,
Toppers.
1. Company Profile Berbentuk Brosur
Brosur bisa menjadi media
untuk menunjukkan company profile secara singkat kepada klien. Bentuknya yang ringan dan
tipis juga cukup efektif sebagai media pengenalan atau promosi. Brosur company profile mengutamakan gambar, tulisan, dan desain yang unik.
2. Company Profile dalam Bentuk Buku
Buku juga bisa menjadi
media untuk memberikan informasi company profilesecara
lengkap. Perusahaan harus membuat cover, daftar isi, visi misi, produk dan
jasa, kelebihan, dan pencapaian secara detail dan berurutan.
Penyampaian kalimat dalam buku
harus singkat dan padat, desain buku harus menarik agar pembaca tidak bosan
saat membaca profil perusahaanmu.
3. Company Profile dalam Website
Dengan
hadirnya internet, pengguna bisa lebih mudah mengakses segala macam informasi
termasuk profil perusahaan. Penggunaan website untuk company profile cukup efektif digunakan karena klien dan pembaca bisa
dengan mudah mencari perusahaan dari hasil pencarian Google.
Halaman utama company profile bisa dilengkapi dengan foto produk unggulan atau konten
dari perusahaan tersebut.
4. Company Profile Berbentuk Aplikasi
Company profile bisa disematkan ke dalam sebuah aplikasi. Dengan media
ini, pembaca bisa memilih informasi mana yang dibutuhkan dan menjelajahi segala
menu yang disediakan secara praktis.
5. Company Profile dalam Video
Video bisa menjadi salah
satu media company profile yang cukup efektif digunakan saat presentasi di hadapan
klien. Kombinasi gambar bergerak, foto, teks, dengan suara latar semuanya
disajikan secara padat dan menarik.Video company profile umumnya berdurasi singkat, jadi kamu harus memikirkan
secara matang poin-poin yang akan dimasukkan ke dalam video.
Tunggu Apalagi? Konsultasikan segera kebutuhan digitalisasi anda
bersama www.depokwebsite.com
KONSULTASI GRATIS
0882-9037-8482 Admin
Alamat Kantor :
CQCH+VMQ, Jl. Terapi
Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16111
Panduan dan Contoh Sales Script yang Menyenangkan Calon Pelanggan Isi Artikel Apa Itu Sales Script? Fungsi Sales Script Cara Membuat Contoh Sales Script Script adalah salah satu jurus andalan bagi mereka yang bekerja di bidang sales. Memang, banyak orang beranggapan bahwa script bisa membuat seorang sales berbicara seperti robot. Namun, lama-kelamaan, sales script bisa menjadi suatu hal yang amat membantumu dalam pekerjaan sehari-hari. Apa Itu Sales Script ? Siapa bilang script hanya dibutuhkan oleh seorang pemain sinetron? Nyatanya, seorang sales juga sangat membutuhkan script dalam pekerjaan sehari-harinya, lho! script sales adalah serangkaian poin pembicaraan yang biasanya digunakan telemarketer dan sales representative ketika berbicara dengan calon pelanggan. Isi script tersebut bisa saja berb...
Content Marketing adalah: Pengertian, Contoh, dan Strategi Daftar Isi 1. Apa Itu Content Marketing ? 2. Tujuan dari Content Marketing 3. Platfom Content Marketing 4. Contoh Content Marketing 5. Strategi Content Marketing - Tagline “ Content is King” memang benar adanya. Konten kini dianggap memiliki peran yang penting di dalam dunia marketing karena sebuah konten dapat berdampak bagi penyampaian pesan kepada para audiens. Terlebih lagi untuk marketing online , sebuah konten menjadi salah satu kunci kesuksesan dari sebuah brand. Tahukah Anda, berdasarkan informasi yang dihimpun dari CoSchedule, ada berbagai data menarik mengenai content marketing . Bisnis yang menulis lebih dari 16 artikel dalam sebulan memperoleh traffic 3,5x ...
Apa itu Internet untuk Segala ( IoT )? Daftar Isi 1. Apa itu Internet untuk Segala ( IoT )? 2. Bagaimana cara kerja IoT ? 3. Apa saja contoh perangkat IoT ? 4. Apa itu IoT Industri? 5. Bagaimana IoT dapat memperbaiki kehidupan kita? 6. Apakah manfaat IoT untuk bisnis? 7. Apa saja teknologi IoT itu? 8. Fitur Utama IoT 9. Manfaat dan Kelebihan IoT 10. Kekurangan IoT Istilah IoT , atau Internet untuk Segala, merujuk pada kumpulan jaringan perangkat yang terhubung dan teknologi yang memfasilitasi komunikasi antara perangkat dan cloud , serta antara perangkat itu sendiri. Berkat hadirnya cip komputer murah dan telekomunikasi bandwidth tinggi, kita sekarang memiliki miliaran perangkat yang terhubun...
Komentar
Posting Komentar