Pengertian Company Profile | www.depokwebsite.com

Pengertian Company Profile

 

Daftar Isi

1. Pengertian Company Profile

            1.1. Pentingnya Company Profile

2. 10 Komponen Penting Dalam Company Profile

3. Unsur Penting Company Profile

            3.1. Sistematika Company Profile

4. Contoh Company Profile yang Ideal

            4.1. Cara Membuat Company Profile

5. Contoh Company Profile Perusahaan

Company profile berasal dari dua kata, company yang berarti perusahaan, maskapai, firma, perseroan, persekutuan, kompi dan rombongan, dan profile yang berarti tampang, penampangan, dan riwayat. Jika diartikan ke bahasa Indonesia, company profile adalah profil perusahaan. Company profile merupakan salah satu cara yang digunakan perusahaan untuk menggambarkan publik mengenai keberadaan dan berjalannya sebuah perusahaan.

Company profile merupakan jiwa perusahaan yang menggambarkan diri perusahaan secara umum, apa yang perusahaan lakukan, apa tujuan perusahaan, bagaimana perusahaan ingin dikenal di publik. Intinya mengenai informasi umum perusahaan secara menyeluruh. Company profile identik sebagai kerangka dasar menjalankan proses bisnis dalam perusahaan. Maka dari itu, harus mencakup identitas diri, sejarah, visi, misi, nilai, dan produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan. 

Beberapa fungsi company profile adalah sebagai media penyimpanan data yang berisi profil perusahaan, manajemen perusahaan, dan data-data lain yang digunakan sebagai media promosi, ataupun hanya sebagai media untuk memperkenalkan perusahaan kepada masyarakatnya. 

 

Pentingnya Company Profile

1. Menciptakan hubungan dengan pelanggan

Salah satu hal terpenting dari dibuatnya company profile adalah menciptakan hubungan antara perusahaan dan pelanggan.

Pelanggan dapat melihat secara lebih rinci terkait apa saja informasi yang ditanamkan oleh perusahaan. 

Lalu, pelanggan bahkan dapat berkomunikasi langsung dengan tim pemasaran lewat kontak yang tersedia.

 

2. Sebagai alat pemasaran

Secara tidak langsung company profile juga dapat dijadikan sebagai alat pemasaran bagi perusahaan.

Bagaimana tidak, di dalam profil perusahaan tentu sudah tertera deskripsi produk atau layanan yang ditawarkan.

Dengan demikian, calon konsumen dapat membacanya terlebih dahulu dengan seksama sebelum mereka membeli dan menggunakan produk atau layanan tersebut.

 

3. Memperkuat branding

Tidak kalah penting, profil perusahaan juga penting untuk memperkuat branding perusahaan.

Pasalnya, di dalamnya tentu tercantum kelebihan serta keunggulan perusahaan dibandingkan dengan kompetitor lainnya.

Hal ini memicu calon pelanggan untuk mempertimbangkan perusahaan. 

Apabila dikemas dengan baik, besar kemungkinan calon pelanggan akan minat terhadap perusahaanmu.

 

4. Memberikan gambaran umum perusahaan

Selain sebagai alat pemasaran dan branding, profil perusahaan juga akan memberikan wawasan kepada calon pengguna terkait dengan perusahaan.

Pasalnya, di dalamnya berisi mengenai sejarah serta pertumbuhan yang sudah dilalui oleh perusahaan. Hal ini secara tidak langsung akan memicu calon pelanggan untuk melirik perusahaan tersebut.

10 Komponen Penting Dalam Company Profile


Untuk membuat profil menjadi informatif, ada beberapa komponen penting yang perlu ada dalam desainnya. Apa saja itu? Simak di bawah ini

 

1. Cover yang eyecatchy

Desain cover merupakan hal pertama yang akan dilihat oleh konsumen. Karena itu, penting untuk membuat cover yang menarik. Selain eyecatchy, desain cover mulai dari gambar dan layout perlu memberikan gambaran perusahaan. Logo perusahaan dan tagline bisa diletakkan juga pada cover.

 

2. Daftar isi

Untuk membuat profil menjadi lebih rapi dan terstruktur, daftar isi menjadi elemen yang krusial. Dalam daftar isi terdapat pembagian bab, urutan bab, jumlah halaman, dan pembagian halaman.

 

3. Kalimat pembuka

Saat masuk ke halaman profil perusahaan, kalimat pembuka merupakan bagian yang akan tampil pertama. Isi dari kalimat pembuka ini relatif. Bisa berisi sambutan dari pemilik mauapun direktur dari perusahaan.

 

4. Informasi jajaran direksi

Jajaran direksi merupakan sekumpulan orang yang berperan penting pada jalannya perusahaan. Calon investor maupun konsumen perlu mengetahu profil direksi tersebut. Biasanya, direksi dengan banyak pengalaman akan lebih menarik minat investor, terlebih pernah menjadi bagian dari perusahaaan terkemuka. Informasi ini biasanya selalu update, karena tidak sedikit jajaran direksi yang berganti setiap tahunnya.

 

5. Visi dan misi perusahaan

Visi dan misi merupaan dua elemen krusial yang wajib ada. Keduanya merupakan tolok ukur dari perusahaan yang perlu diketahui oleh konsumen dan calon investor. Desain dari visi dan misi perlu disesuaian dengan nilai yang menjadi ciri khas perusahaan.

 

6. Sejarah perusahaan

Adanya narasi seperti sejarah perusahaan cukup penting dalam pembuatan company profile. Cerita sejarah perlu dikemas unik yang di dalamnya juga terdapat tujuan perusahaan. Dari sejarah tersebut, biasanya juga ada milestone kejadian yang menjadi titik kebangkitan perusahaan.

 

7. Produk dan jasa perusahaan

Desain juga harus mengandung produk maupun jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Profil bisa dikemas unik dengan menampilkan gambar produk atau jasa serta memberikan keterangan singkat dari produk tersebut.

 

8. Sumber daya manusia

Selain produk, sumber daya manusia juga menjadi bagian penting dalam perusahaan. Tampilkan kompetensi dan nilai-nilai unggul yang dimiliki oleh sumber daya manusia.

 

9. Portofolio dan pencapaian

Untuk meningkatkan kepercayaan konsumen dan investor, perusahaan bisa meletakkan hasil karya atau pekerjaan yang sudah diselesaikan. Berikan tampilan foto yang menarik dan penjelasan singkat. Pencapaian perusahaan mulai dari kancah internasional, nasional, maupun lokal penting untuk ada dalam desain. bagian ini akan memberikan gambaran singkat seberapa kompetennya perusahaan dalam memberikan pelayanan.

 

10. Kontak informasi

Setelah pembaca mulai tertarik pada produk atau jasa perusahaan, yang selanjutnya akan dicari adalah kontak informasi. Kontak bisa berisi alamat perusahaan, nomor telepon, email, website, media sosial, dan customer care.

 

Unsur Penting Company Profile



1.     Memiliki desain yang menarik, profesional dan elegan. Sesuaikan warna yang digunakan dengan logo perusahaan sehingga branding lebih kuat.

2.     Pastikan penyusunan dan isi terlihat rapi dan jelas.

3.     Mencakup poin-poin penting mengenai perusahaan supaya bisa menjadi sumber informasi yang dapat dipercaya

4.     Cetak dengan material yang berkualitas

5.     Sertakan foto, gambar, atau ilustrasi yang dapat mempermudah menjelaskan informasi agar mudah dipahami pembaca

Lantas, apa saja yang harus ada dalam sebuah company profile?

 

Sistematika Company Profile

Terdapat beberapa bagian yang wajib ada dalam company profile,  tetapi ada juga beberapa poin opsional yang dapat Anda pertimbangkan penting atau tidaknya bagi perusahaan Anda. Beberapa poin yang wajib ada:

1. Cover Depan

Bagian ini terdiri dari nama dan logo perusahaan. Terlihat sederhana namun keberadaannya penting sebagai identitas awal perusahaan. Usahakan buat cover depan semenarik mungkin

2. Sejarah Perusahaan

Bagian ini memiliki beberapa variasi judul seperti Tentang Kami atau About Us. Anda dapat memasukan informasi kapan perusahaan mulai beroperasi, siapa pendiri perusahaan, latar belakang berdirinya perusahaan, jenis usaha yang dijalankan, dan sebagainya.

3. Visi dan Misi

Perusahaan yang baik tentu memiliki tujuan dan cara mencapai tujuan tersebut, semuanya tertera dalam visi misi. Visi merupakan cita-cita dan tujuan yang ingin dicapai perusahaan, misi merupakan segala usaha untuk mencapai visi. 

4. Produk/Jasa yang Ditawarkan Perusahaan

Target pasar perusahaan akan fokus pada bagian ini karena bagian inilah yang ditawarkan dan dijual perusahan serta yang dicari konsumen. Jabarkan secara detail dan rinci mengenai jasa atau produk yang ditawarkan, bila perlu sertakan foto. 

5. Kelebihan Perusahaan

Pada bagian ini, sertakan informasi mengapa masyarakat harus memilih perusahaan, apa saja yang membuat masyarakat tertarik untuk menggunakan produk atau jasa perusahaan. Anda bisa mencantumkan kelebihan seperti pertama di kelasnya, kualitas, teknologi yang ramah lingkungan, dan lain-lain

6. Cover Belakang

Nah untuk bagian penutup, sertakan informasi kontak perusahaan yang bisa dihubungi seperti alamat, nomor telepon, alamat email, akun sosial media perusahaan, dan sebagainya. 

 

Contoh Company Profile yang Ideal



Seperti yang sudah disebutkan di atas, Anda bisa membuat company profile Anda dengan berbagai macam bentuk dan cara penyampaian. Berikut adalah contoh company profile yang dapat Anda jadikan sebagai acuan.

Cara Membuat Company Profile

Setelah memilih atau membuat template yang akan digunakan untuk mengundang daya tarik, pembuatan company profile harus berurutan dan jelas. Berikut ini cara membuat company profile agar klien atau pembaca mau membeli, bekerja sama atau menggunakan jasa perusahaanmu:

1. Cover depan

Cover depan sebuah company profile berisi nama perusahaan dan logo perusahaan.

2. Daftar Isi

Dengan banyaknya lembar halaman yang ada di sebuah company profilesebuah perusahaan wajib mencantumkan daftar isi agar kerangka informasi yang akan dibagikan bisa dilihat dengan mudah tanpa harus membuka halaman satu persatu.

3. Sejarah, Deskripsi, dan Struktur Organisasi Perusahaan

Pada tahap pengenalan perusahaan, kamu bisa mengisinya dengan sejarah berdirinya perusahaan dan bidangnya, latar belakang berdirinya perusahaan lengkap dengan pendiri dan struktur organisasi perusahaan. 

Secara tidak langsung, pembaca akan merasakan perjalanan bisnis perusahaanmu yang masih berdiri kokoh hingga saat ini. Tak lupa, buatlah pilihan kalimat yang tepat agar nyaman untuk dibaca.

4. Visi dan Misi Perusahaan

Visi dan Misi adalah hal yang wajib dicantumkan dalam sebuah company profileToppers. Tulis secara rinci tujuan perusahaan, strategi, dan komitmen dalam bentuk visi misi untuk menunjukan bahwa perusahaanmu akan melakukan yang terbaik dalam segi apapun.

5. Produk atau Jasa Perusahaan

Pada bagian ini, kamu wajib mencantumkan produk atau jasa perusahaan agar diketahui oleh pembaca. Deskripsikan nama, kegunaan, spesifikasi, keunggulan, dan penjelasan rinci tentang produk lengkap dengan gambar yang bisa terlihat jelas.

6. Kelebihan Perusahaan

Kamu bisa mencantumkan kelebihan perusahaan agar pembaca tertarik untuk membeli produk, menggunakan jasa, atau bekerja sama dengan perusahaanmu.

7. Pencapaian Perusahaan, Portofolio, dan Sertifikat

Penulisan pencapaian, portofolio, dan sertifikat perusahaan wajib ditulis dalam company profile agar mitra bisnis tertarik dan percaya dengan perusahaanmu. Tulis bukti kesuksesan perusahaan berupa dokumentasi, sertifikat yang pernah diraih, dan portofolio hasil karya yang pernah dibuat untuk klien.

8. Dokumentasi Perusahaan

Sebelum menutup halaman company profileperusahaan bisa mencantumkan dokumentasi dari aktivitas perusahaan, fasilitas perusahaan, dan karyawan yang sedang bekerja agar lebih meyakinkan bahwa perusahaanmu menjalankan bisnis yang sudah dijelaskan sebelumnya.

9. Cover Belakang

Sebagai penutup, cantumkan kontak informasi perusahaan, seperti nomor telepon, email, dan alamat perusahaan secara lengkap dan jelas.

Contoh Company Profile Perusahaan

Jika kamu masih bingung untuk memilih desain atau bentuk company profile yang akan dibuat. Berikut contoh company profile dalam media cetak dan digital yang bisa jadi pilihanmu, Toppers.

1. Company Profile Berbentuk Brosur

Brosur bisa menjadi media untuk menunjukkan company profile secara singkat kepada klien. Bentuknya yang ringan dan tipis juga cukup efektif sebagai media pengenalan atau promosi. Brosur company profile mengutamakan gambar, tulisan, dan desain yang unik.

2. Company Profile dalam Bentuk Buku

Buku juga bisa menjadi media untuk memberikan informasi company profile secara lengkap. Perusahaan harus membuat cover, daftar isi, visi misi, produk dan jasa, kelebihan, dan pencapaian secara detail dan berurutan.

Penyampaian kalimat dalam buku harus singkat dan padat, desain buku harus menarik agar pembaca tidak bosan saat membaca profil perusahaanmu.

3. Company Profile dalam Website

Dengan hadirnya internet, pengguna bisa lebih mudah mengakses segala macam informasi termasuk profil perusahaan. Penggunaan website untuk company profile cukup efektif digunakan karena klien dan pembaca bisa dengan mudah mencari perusahaan dari hasil pencarian Google.

Halaman utama company profile bisa dilengkapi dengan foto produk unggulan atau konten dari perusahaan tersebut.

4. Company Profile Berbentuk Aplikasi

Company profile bisa disematkan ke dalam sebuah aplikasi. Dengan media ini, pembaca bisa memilih informasi mana yang dibutuhkan dan menjelajahi segala menu yang disediakan secara praktis. 

5. Company Profile dalam Video



Video bisa menjadi salah satu media company profile yang cukup efektif digunakan saat presentasi di hadapan klien. Kombinasi gambar bergerak, foto, teks, dengan suara latar semuanya disajikan secara padat dan menarik.Video company profile umumnya berdurasi singkat, jadi kamu harus memikirkan secara matang poin-poin yang akan dimasukkan ke dalam video.

Tunggu Apalagi? Konsultasikan segera kebutuhan digitalisasi anda bersama www.depokwebsite.com

KONSULTASI GRATIS

0882-9037-8482 Admin

Alamat Kantor :

CQCH+VMQ, Jl. Terapi Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16111

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Panduan dan Contoh Sales Script yang Menyenangkan Calon Pelanggan | www.depokwebsite.com

Content Marketing adalah: Pengertian, Contoh, dan Strategi | www.depokwebsite.com

Kelebihan dan kekurangan IoT | www.depokwebsite.com