WAN Solution www.depokwebsite.com merupakan Agensi profesional yang bergerak dibidang layanan teknologi informasi.
Seperti Jasa Pembuatan Website, kami juga menyediakan jasa yang sedang trend saat ini yaitu Jasa Pembuatan Aplikasi Android dan IOS Sesuai Permintaan/Custom serta jasa lainya yaitu Jasa Digital Marketing,jasa SEO, Jasa Periklanan Google / Facebook, Lead Generation, Conversion Rate, Jasa Desain Multimedia, Jasa Maintenance Website/Aplikasi/Server.
Apa yang Dimaksud dengan Digital Marketing? | www.depokwebsite.com
Tren digital marketing
saat ini mulai dikenal di kalangan masyarakat, terutama bagi para pelaku
bisnis. Kemudahan serta efektivitas pun menjadi alasan kenapa mereka memilih
untuk mulai beralih ke digital. Tapi apa sebenarnya digital marketing itu?
Apa Itu Digital
Marketing?
Digital marketing adalah suatu
aktivitas promosi, baik untuk mempromosikan sebuah brand, produk maupun jasa menggunakan media digital.
Namun tahukah Anda bahwa digital marketing ternyata sudah ada sejak lama?
Istilah digital marketing memang
baru ramai seiring dengan semakin banyaknya penggunaan internet. Namun ternyata
teknologi digital sudah mulai dipakai sejak tahun 1910.
Pada waktu itu ada sebuah stasiun
radio yang menyiarkan secara langsung pertunjukan opera dari gedung
Metropolitan Opera di New York dan dapat didengarkan oleh orang-orang di
beberapa lokasi yang berbeda di New York menggunakan earphone.
Perkembangan komputer dan
selanjutnya kelahiran internet memperluas pengertian digital marketing. Digital
marketing yang ditenagai internet menjadi semakin bertaring dalam menjangkau
milyaran orang dengan biaya yang lebih rendah dari sebelumnya.
Berbeda dengan sebelum adanya
internet, aktivitas digital marketing kini tidak lagi bersifat satu arah.
Definisi Digital
Marketing
Pemasaran
digital atau digital marketingadalah pemanfaatan teknologi
informasi dan komunikasi (dalam hal ini internet) untuk memasarkan suatu produk
ataupun jasa yang ditawarkan oleh sebuah bisnis.
Menurut
seorang ahli bernama Denny Santoso, pemasaran digital adalah sebuah strategi
untuk meraih jumlah orang yang masif untuk menciptakan ketertarikan dan
permintaan terhadap suatu produk. Dari pernyataan tersebut, ada beberapa hal
yang dapat kita highlight:
"Strategi": dalam digital marketing, dibutuhkan
kombinasi beberapa strategi untuk meningkatkan pendapatan bisnis.
"Meraih
jumlah orang yang masif": adalah sebuah keunggulan dari pemasaran
digital yang dibandingkan dengan cara pemasaran yang konvensional. Di mana
dengan digital marketing,
kita dapat menekan biaya dan waktu untuk dapat menjangkau lebih banyak
orang dalam satu waktu yang sama.
"Menciptakan
ketertarikan dan permintaan": artinyadigital marketing mampu
mempengaruhi seseorang yang awalnya tidak tertarik, bisa jadi tertarik
dengan suatu produk atau jasa melalui pesan yang disampaikan secara
digital.
Saat ini,
strategi pemasaran digital sangat disarankan untuk diterapkan di hampir seluruh
jenis bisnis. Berikut beberapa alasan kenapa kamu harus mencoba
memanfaatkan platform digital marketing untuk memanfaatkan
bisnismu.
1. Dapat
menjangkau audiens yang lebih luas
Seperti
yang sudah disebutkan sebelumnya, dengan menerapkan strategi pemasaran digital
kamu jadi dapat menjangkau pasar secara lebih meluas. Bahkan, kamu dapat
menjangkau audiens yang berada di belahan bumi lain tanpa harus mengkhawatirkan
batasan wilayah dan waktu.
Tapi
tentunya, kamu perlu mengatur target audiens yang sesuai dengan kebutuhan
bisnismu.
Satu hal
yang lebih menguntungkan bagi pelaku bisnis yang menerapkan strategi pemasaran
digital adalah biayanya yang murah.
Pembandingnya
tentu saja strategi pemasaran konvensional. Untuk menjangkau jumlah audiens
yang sama, tentu dibutuhkan dana berkali-kali lipat dibandingkan cara digital.
Tingginya biaya yang diperlukan untuk meraih audiens pada metode pemasaran
konvensional inilah yang membuatnya perlahan ditinggalkan oleh banyak pelaku
bisnis.
2. Dapat
diukur dengan data yang akurat
Keuntungan
lain yang bisa kamu dapatkan dengan menerapkan strategi digital
marketing adalah data yang terukur. Ketika kamu memasang iklan
menggunakan Facebook Ads, Instagram Ads, ataupun Google Ads, hasilnya dapat
kamu pantau secara real-time.
Kamu
dapat melihat ada berapa banyak orang yang sudah melihat iklan yang dipasang
dan bagaimana responnya terhadap iklan tersebut. Jika memasang iklan berupa
video, kamu juga bisa memantau berapa lama orang-orang menghabiskan waktu untuk
menonton video tersebut.
Seluruh
data tersaji dengan begitu jelas dan akurat sehingga memudahkan pembuat iklan
menganalisis dan mengevaluasi strategi marketingnya. Kamu jadi lebih mudah
dalam menentukan langkah selanjutnya dalam memasarkan produk bisnismu.
Berbeda
dengan pemasaran melalui metode konvensional seperti iklan di koran atau
spanduk di pinggir jalan, kamu tidak tahu berapa banyak orang yang terpengaruh
oleh media iklan tersebut. Kamu pun akan sulit menilai dan mengevaluasi
strategi iklan tersebut, karena tidak ada data akurat yang dapat diambil.
Kelebihan Digital
Marketing
Keuntungan utama digital marketing
ialah Anda dapat menarget pasar yang lebih luas menggunakan biaya yang jauh
lebih sedikit dan menggunakan cara-cara yang jauh lebih dapat diukur.
1. Biaya Jauh Lebih Rendah untuk Jangkauan yang Sama
Anda bisa menjangkau seluruh dunia
(asalkan Anda sanggup memenuhi permintaan dari seluruh dunia) dengan biaya yang
jauh lebih rendah dengan menggunakan website. Namun perlu diingat, kemudahan
ini juga diperoleh pemilik bisnis lain termasuk kompetitor Anda.
Untuk mengungguli situs web
kompetitor, Anda tetap perlu melakukan promosi yang lebih baik dari kompetitor
Anda. Ada 2 macam “promosi” yang umum dilakukan para pemilik website, yaitu SEO
atau Search Engine Optimization dan Iklan.
Kedua cara tersebut sama-sama
memakan biaya. Sama halnya dengan era sebelum digital marketing, budget dan
metode promosi siapa yang lebih efektiflah yang akan memenangkan persaingan.
2. Mempermudah Komunikasi Berkala
Mempertahankan pelanggan bisa jadi
lebih sulit dan memakan biaya daripada memperoleh pelanggan baru. Namun
hasilnya sangat sebanding dengan usahanya.
Digital marketing memungkinkan tim
Anda untuk tetap menjalin komunikasi dengan para pelanggan menggunakan cara
yang halus, akrab dan hemat biaya. Para pelanggan yang merasa diperhatikan akan
lebih mudah mengingat merek produk atau jasa Anda dibanding saingan.
Seorang pelanggan yang setia pada
produk atau jasa Anda juga lebih besar kemungkinannya untuk melakukan transaksi
berulang kali membeli produk atau jasa lain yang Anda tawarkan dan bahkan
menyarankan orang-orang di sekitar mereka untuk menggunakan produk atau jasa
Anda.
3. Mudah Memilih Target Spesifik
Sebelum seseorang memutuskan untuk
membeli sesuatu mereka akan melalui beberapa tahap pembelian dan tahap yang
paling awal ialah pencarian informasi. Pada masa sebelum digital marketing pemilihan target
sudah dapat dilakukan namun sangat jauh dari kata spesifik dan tidak efisien.
Cara marketing konvensional tidak
menyediakan banyak pilihan segmen pasar sehingga efisiensi pemasangan iklan
konvensional sangat rendah atau bahkan tidak dapat diukur. Di era marketing digital Anda ada lebih
banyak segmen pasar yang tersedia untuk dijadikan target pemasaran Anda.
Jika Anda menjual mobil dan
memasang reklame maka Anda tidak dapat memilih siapa saja yang dapat melihat
papan reklame Anda. Meskipun Anda dapat memasang reklame di jalan yang berada
di perumahan elite namun Anda tidak dapat memilih untuk menampilkan reklame hanya
pada mereka yang sedang ingin membeli mobil.
Marketing digital memungkinkan
Anda melakukan persis hal tersebut di atas!
Saat ini jauh lebih mudah untuk
membagi pasar ke dalam segmen-segmen tertentu karena banyak platform digital
marketing memungkinkan Anda untuk memilih target pasar yang spesifik.
Anda bahkan dapat mengarahkan iklan
atau promosi digital yang Anda buat agar ditampilkan pada orang-orang yang
memiliki minat tertentu, berada pada usia tertentu, sudah berkeluarga atau
belum bahkan rentang pendapatan tertentu.
Selain itu kelahiran digital marketing memungkinkan para
pemilik usaha untuk melacak setiap tahapan yang dilalui oleh pelanggan bahkan
mulai dari saat mereka mencari informasi solusi permasalahan yang mereka hadapi.
Dengan banyaknya pilihan digital
marketing yang ada saat ini Anda dapat mengiringi setiap tahap perjalanan
pembelian seorang calon pelanggan dan menggiring mereka untuk memilih produk
atau jasa Anda.
Ada banyak sarana yang tersedia
untuk mengekspos produk atau jasa Anda kepada calon pelanggan dan
program-program analisis andal yang memungkinkan Anda untuk mengukur sarana
mana yang paling efektif dalam menarik pelanggan baru.
Penargetan yang lebih spesifik ini
tentu saja akan memperbesar kemungkinan target pasar untuk membeli produk atau
jasa yang Anda tawarkan karena
semakin relevan dalam kehidupan mereka.
Tidak menjadi masalah bagaimana
para pelanggan menemukan produk atau jasa Anda. Baik itu melalui mesin pencari,
iklan di medsos, iklan website, kunjungan organik media sosial dan lain-lain,
Anda selalu dapat berinteraksi dengan mereka secara jauh lebih mudah dan
mempengaruhi keputusan pembelian mereka secara langsung.
4. Mudah Diukur Efektivitasnya
Tidak seperti cara pemasaran konvensional yang lebih
mahal dan sulit diukur efektivitasnya, platform iklan online dan organik
jauh lebih terjangkau dan efektivitasnya sangat dapat diukur.
Selain itu Anda dapat memantau performa iklan
dan konten organik secara berkala serta mengetahui berapa banyak orang
yang melihat iklan maupun konten Anda serta profil orang-orang tersebut.
Tergantung platform analisis apa yang Anda gunakan,
Anda akan dapat melihat usia dan jenis kelamin, minat, tempat tinggal, bahasa
mereka, perangkat apa yang mereka gunakan untuk melihat konten Anda serta
berbagai komponen lainnya.
5.
Mudah Disesuaikan
Keajaiban digital
marketing tidak berhenti di situ. Selain itu memantau performanya Anda juga
dapat membuat perubahan-perubahan yang perlu untuk meningkatkan performa iklan
bahkan saat iklan sedang berjalan. 2 hal inilah yang tidak mungkin
dilakukan pada media iklan konvensional. Anda tidak mungkin mengubah materi
reklame atau iklan media yang sedang berjalan tanpa mengeluarkan biaya yang
besar.
Berikut ini beberapa metrik yang berguna dalam
mengukur performa suatu iklan:
·Cost-per-click (CPC)
·Return on investment (ROI)
·Customer acquisition cost (CAC)
·Customer lifetime value (CLTV)
Anda juga dapat menyesuaikan konten website Anda
dengan pengunjung tertentu. Misalnya jika pengunjung baru maka website
menampilkan promosi, namun jika yang datang ialah pelanggan lama maka website
akan menampilkan produk lain yang belum pernah ia beli.
Semakin banyak data pelanggan yang Anda miliki dan
terhubung dengan website Anda maka semakin banyak penyesuaian dan modifikasi
yang dapat Anda buat.
Tantangan dalam Digital Marketing
Kelebihan dan kemudahan pemasaran digital yang
disebutkan di atas tidak membuatnya tanpa tantangan. Seperti halnya marketing
konvensional, tantangan-tantangan tersebut harus diatasi agar Anda dapat
memperoleh manfaat digital marketing dengan maksimal.
Investasi Waktu
Media digital seperti Facebook dan iklan Google
memerlukan banyak waktu untuk menguji keefektifan setiap konten dan materi
iklannya. Karena banyaknya parameter yang dapat diatur maka waktu yang
dibutuhkan untuk trail and error jauh lebih banyak daripada cara pemasaran
konvensional yang tidak terlalu dapat di utak-utik. Namun begitu tim Anda
menemukan formula yang cocok dengan tujuan bisnis Anda, mereka dapat
mereplikasinya dengan jauh lebih mudah dan dalam waktu yang jauh lebih singkat.
Bisnis Anda Jauh Lebih Terekspos
Hal ini merupakan kelebihan namun juga dapat menjadi
tantangan atau menimbulkan kesulitan jika tidak siap mengatasinya. Pelanggan
dapat memutuskan untuk mengeluh mengenai produk atau jasa Anda di media sosial
mereka sendiri. Tergantung seberapa baik tim Anda dapat menanganinya, hal ini
dapat mengangkat maupun menjatuhkan brand Anda.
Waktu untuk Pelatihan
Sudah cukup banyak orang di Indonesia yang mengenal digital marketing namun sayangnya
masih belum menjadi hal yang umum. Bisa jadi Anda maupun tim Anda akan
memerlukan waktu untuk mempelajarinya agar dapat memanfaatkannya dengan
maksimal. Selain itu ada banyak tools dan layanan pemasaran digital yang
berbeda cara penggunaan dan tujuannya satu sama lain sehingga untuk memilih
yang cocok juga membutuhkan waktu.
Regulasi Privasi
Undang-undang dan peraturan terkait privasi pengguna
perlu diperhatikan dan dipahami agar usaha-usaha untuk mengenali profil
pelanggan tidak menyalahi hukum.
Tunggu Apalagi? Konsultasikan segera kebutuhan digitalisasi
anda bersama www.depokwebsite.com
KONSULTASI GRATIS
0857-7612-5559 CS 1
0858-9165-8512 CS 2
0882-9037-8482 CS 3
Alamat Kantor :
CQCH+VMQ, Jl. Terapi Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor
Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16111
Panduan dan Contoh Sales Script yang Menyenangkan Calon Pelanggan Isi Artikel Apa Itu Sales Script? Fungsi Sales Script Cara Membuat Contoh Sales Script Script adalah salah satu jurus andalan bagi mereka yang bekerja di bidang sales. Memang, banyak orang beranggapan bahwa script bisa membuat seorang sales berbicara seperti robot. Namun, lama-kelamaan, sales script bisa menjadi suatu hal yang amat membantumu dalam pekerjaan sehari-hari. Apa Itu Sales Script ? Siapa bilang script hanya dibutuhkan oleh seorang pemain sinetron? Nyatanya, seorang sales juga sangat membutuhkan script dalam pekerjaan sehari-harinya, lho! script sales adalah serangkaian poin pembicaraan yang biasanya digunakan telemarketer dan sales representative ketika berbicara dengan calon pelanggan. Isi script tersebut bisa saja berb...
Content Marketing adalah: Pengertian, Contoh, dan Strategi Daftar Isi 1. Apa Itu Content Marketing ? 2. Tujuan dari Content Marketing 3. Platfom Content Marketing 4. Contoh Content Marketing 5. Strategi Content Marketing - Tagline “ Content is King” memang benar adanya. Konten kini dianggap memiliki peran yang penting di dalam dunia marketing karena sebuah konten dapat berdampak bagi penyampaian pesan kepada para audiens. Terlebih lagi untuk marketing online , sebuah konten menjadi salah satu kunci kesuksesan dari sebuah brand. Tahukah Anda, berdasarkan informasi yang dihimpun dari CoSchedule, ada berbagai data menarik mengenai content marketing . Bisnis yang menulis lebih dari 16 artikel dalam sebulan memperoleh traffic 3,5x ...
Apa itu Internet untuk Segala ( IoT )? Daftar Isi 1. Apa itu Internet untuk Segala ( IoT )? 2. Bagaimana cara kerja IoT ? 3. Apa saja contoh perangkat IoT ? 4. Apa itu IoT Industri? 5. Bagaimana IoT dapat memperbaiki kehidupan kita? 6. Apakah manfaat IoT untuk bisnis? 7. Apa saja teknologi IoT itu? 8. Fitur Utama IoT 9. Manfaat dan Kelebihan IoT 10. Kekurangan IoT Istilah IoT , atau Internet untuk Segala, merujuk pada kumpulan jaringan perangkat yang terhubung dan teknologi yang memfasilitasi komunikasi antara perangkat dan cloud , serta antara perangkat itu sendiri. Berkat hadirnya cip komputer murah dan telekomunikasi bandwidth tinggi, kita sekarang memiliki miliaran perangkat yang terhubun...
Komentar
Posting Komentar