Apa itu Design Company profile? | www.depokwebsite.com

Apa itu Design Company profile?

 


Daftar Isi

1. Apa itu Design Company profile?

    1.1 Mengenal Komponen Penting Pada Desain Company Profile

2. Syarat Design Company Profile Yang Bagus

3. Tips Membuat Company Profile

4. Langkah-Langkah Membuat Company Profile


Company profile merupakan salah satu bagian yang mencerminkan seperti apa rupa sebuah perusahaan. Sebagai media informasi pertama yang ditunjukkan, customer atau pelanggan dapat menilai apakah perusahaan tersebut berjalan bagus atau tidak.

Sebagai bagian dari strategi pemasaran, desain pada company profile diperlukan untuk mendukung promosi. Hal ini dilakukan guna menarik calon pelanggan dalam membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan.

Di samping itu, company profile ini juga merupakan wadah untuk membangun komunikasi dengan pelanggan. Anda tidak perlu menjelaskan lagi, karena pelanggan akan melihatnya sendiri melalui company profile, namun hal ini sangat ditentukan oleh desain pada profil itu sendiri.

 

Company profile berisi tentang identitas perusahaan secara lengkap yang bertujuan untuk memperkenalkan perusahaan kepada pihak luar. Company profile dapat disajikan dalam berbagai bentuk misalnya brosur, buku, booklet, e-book, atau video. Company profile merupakan salah satu media pemasaran yang berguna untuk meningkatkan citra profesionalitas perusahaan. Selain menyajikan informasi terkait perusahaan, company profile juga mencerminkan citra tertentu dari perusahaan.

Pada umumnya sesuatu yang hanya bersifat informatif akan cenderung membosankan, oleh karena itu penting untuk membuat company profile menjadi menarik dan tidak membosankan. Disinilah pentingnya membuat design yang unik serta atraktif. Walaupun demikian, tujuan utama dari company profile sebagai media informasi tetap harus terpenuhi.


Mengenal Komponen Penting Pada Desain Company Profile


Selain dari bagian identitas perusahaan, company profile juga berguna sebagai alat marketing untuk menjual produk ataupun jasa. Oleh karena itu, agar dapat menarik perhatian calon pelanggan, desain company profile harus diperhatikan. Paling tidak harus bisa mencerminkan citra yang berkelas, profesional, dan mampu menggiring mereka produk atau jasa Anda.

Suatu company profile akan terlihat menarik dan meyakinkan jika didukung oleh pembuatan desain yang dibuat oleh para ahli profesional. Desain dirancang oleh seorang yang ahli dan berpengalaman atau melalui creative agency.

Ditangan seorang desainer company profile atau creative agency, ia akan memperhatikan komponen penting agar tak menghilangkan ciri khas dan identitas perusahaan. Sebelum dicetak sebagai hasil yang akan disebarluaskan ke pasaran, seorang desainer harus mempelajari lebih lanjut agar mendapatkan ide untuk rancangan desain.

Syarat Design Company Profile Yang Bagus

1. Profil Bisnis Singkat, Padat, Dan Jelas

Umumnya sebuah company profile diawali dengan sebuah narasi singkat tentang perusahaan. Usahakan untuk membuat narasi yang tidak terlalu panjang dan bertele-tele tetapi mampu menceritakan daya tarik atau USP (Unique Selling Proposition) perusahaan anda. Suguhkan informasi secara akurat dengan menggunakan bahasa yang elegan untuk mencerminkan profesionalitas perusahaan anda. Narasi ini merupakan daya tarik utama untuk menarik pembaca company profile agar membaca lebih jauh.

 

2. Informasi Yang Harus Ada

Sebagaimana tujuan pembuatannya, company profile haruslah informastif dan lengkap. Informasi yang harus ada di dalam sebuah company profile adalah sebagai berikut :

• Cover yang berisi nama perusahaan dan brand

• Narasi atau kata pengantar

• Sejarah singkat

• Visi dan Misi serta nilai perusahaan

• Jajaran Direksi

• Jenis produk atau layanan yang ditawarkan perusahaan

• Kelebihan perusahaan

• Sumber daya manusia dan kelengkapan infrastruktur perusahaan

• Portofolio dan pencapaian perusahaan

• Gallery foto dan dokumentasi kegiatan perusahaan

• Daftar klien

• Penutup dan kontak perusahaan berupa alamat, nomor telepon, fax, e-mail, website, dan lainnya

• Kelengkapan lainnya seperti struktur organisasi, legalitas, dan lainnya

3. Siapkan Design Yang Unik Dan Menarik

Design company profile yang bagus 2022 tidak hanya menarik dari segi isi tetapi juga tampilan. Pemilhan layout, jenis font, warna latar dan font, penggunaan gambar dan lainnya merupakan faktor penunjang untuk membuat company profile semakin menarik. Usahakan untuk membuat sebuah design yang unik dan menarik yang mencerminkan perusahaan anda. Misalnya jika brand atau perusahaan anda identik dengan warna merah, usahakan untuk menggunakan warna tersebut sebagai warna dominan untuk menunjukkan identitas perusahaan anda. Sehingga pembaca lebih mudah mengenali company profile tersebut berasal dari perusahaan anda. Dalam memilih warna latar dan warna font, usahakan untuk memilih huruf dan warna yang jelas dan kontras.

 

4. Kreativitas

Dalam penyusun company profile usahakan untuk menyusun sesingkat dan seefektif mungkin, dan lebih baik jika anda menyajikannya dalam bentuk poin bukan paragraf. Usahan pula untuk tidak terlalu melebih-lebihkan justru hal tersebut akan membuat perusahaan anda terlihat tidak profesional. Akan lebih baik jika company profile anda dilengkapi dengan gambar atau ilustrasi untuk menumbuhkan minat baca. Buat company profile menggunakan software digital imaging yang mumpuni. Hal tersebut akan memperkuat citra profesionalitas perusahaan anda. Jika anda tidak memiliki karyawan yang mampu mengerjakannya, jangan ragu untuk menggunakan jasa pembuatan company profile depokwebsite. Selain itu pilihlah kertas terbaik untuk mencetak company profile anda. Kertas biasa dan murah akan memperburuk citra perusahaan anda.

Itulah beberapa syarat yang harus anda perhatikan dalam menyusun design company profile yang bagus 2022 menggunakan jasa depokwebsite. Sehingga company profile yang dihasilkan merupakan sebuah media yang informatif, tetapi menarik dan tidak membosankan. Dengan begini pihak luar akan lebih mengenal perusahaan anda dan pada giliran selanjutnya percaya untuk membeli produk atau menggunakan jasa perusahaan anda.

Selain dari poin wajib yang ada pada company profile, berikut beberapa poin opsional yang bisa di tambahkan, antara lain:

1. Kata Pengantar

Jika Anda memilih untuk mencantumkan kata pengantar, usahakan buat dengan singkat dan tidak bertele-tele. 

2. Anggota Tim 

Berisikan informasi mengenai orang-orang yang berperan penting dalam perusahaan. Informasi yang perlu Anda masukan adalah nama, jabatan, kualifikasi, dan tanggung jawab. 

3. Pengalaman Perusahaan

Pada bagian ini, Anda bisa menyertakan nama atau logo klien-klien besar yang pernah atau masih menggunakan produk dan jasa Anda. Bagian ini secara tidak langsung memperlihatkan kredibilitas perusahaan Anda sekaligus membangun reputasi dan kepercayaan calon klien

4. Testimoni 

Berkaitan dengan poin sebelumnya, testimoni dapat menjadi daya tarik yang cukup dipercaya bagi calon klien. Perlu diingat, hanya sertakan testimoni dari orang-orang yang berpengaruh dalam perusahaan, orang-orang yang populer, dan orang-orang yang berkarakteristik serupa dengan target pasar. 

5. Informasi Tambahan

Informasi seperti sertifikasi International Organization for Standardization (ISO) legalitas perusahaan, penghargaan yang diterima, pencapaian, dan sebagainya yang memperlihatkan nilai positif perusahaan.  

6. Galeri Foto

Sertakan foto-foto yang menggambarkan perusahaan dari mulai kegiatan produksi, kegiatan karyawan, program Corporate Social Responsibility (CSR), dan lain-lain. 

7. Tombol call to action (CTA) 

Sebuah fenomena aneh yang pasti sudah diketahui oleh pemasar berpengalaman adalah “orang tidak akan mengambil tindakan meskipun mereka tahu apa yang harus dilakukan, kecuali Anda meminta mereka untuk melakukannya.” Tombol CTA menjadi solusi untuk permasalahan ini. Cukup sisipkan CTA yang sederhana seperti “kunjungi website kami” atau “hubungi kami untuk informasi lebih lanjut” sudah cukup efektif. 

Sebenarnya tidak ada ketentuan pasti bentuk dari company profile. Meski demikian, perusahaan atau para graphic designer melihat-lihat contoh company profile perusahaan yang besar.

Company profile biasanya berbentuk booklet atau disertakan dalam website. Jika Anda memilih untuk membuat dalam bentuk fisik maka Anda harus menyiapkan media cetak yang cukup banyak karena memang bertujuan untuk dibaca oleh banyak orang. 

Anda dapat membuatnya dalam bentuk brosur dan dibagikan pada saat pameran atau event tertentu. Sertakan juga company profile pada website perusahaan Anda agar lebih mudah diakses oleh semua orang.

Tips Membuat Company Profile



1. Buat sesederhana mungkin

Maksud dari sederhana bukan pada pemilihan font, ukuran, dan warna tulisan melainkan pada informasi yang dituliskan di dalamnya. Buat sepadat dan seringkas mungkin dengan desain dan copywriting yang baik 

 

2. Menentukan target pasar

Sebelum membuat company profile, tentukan target pasar Anda terlebih dahulu supaya apa yang Anda tuliskan relevan dan sesuai dengan target yang Anda tuju. Jika Anda menargetkan masyarakat berusia muda, buatlah sesuai dengan selera anak muda, jika yang disasar adalah orang tua, sesuaikan dengan selera orang tua. 

 

3. Pilih media atau platform yang tepat. 

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, Anda harus mengetahui platform mana yang digunakan oleh target pasar Anda. Jangan buat company profile di tempat yang tidak diakses oleh target pasar Anda. Anda juga bisa membuat company profile di berbagai platform sekaligus, Anda hanya perlu menyesuaikan/mengontrol jumlahnya. 

 

4. Tonjolkan Value perusahaan

Mayoritas orang menganggap nilai, visi, dan misi tidak terlalu penting dalam pembuatan company profile. Kenyataannya, banyak orang yang justru tertarik karena nilai yang ditawarkan perusahaan. Banyak konsumen memilih menggunakan produk karena nilai yang ditawarkan. Maka dari itu buatlah visi, misi, dan nilai yang realistis dan positif serta pastikan perusahaan Anda benar-benar menjalankannya.

 

5. Transparan dan selalu update

Hal yang perlu diingat, semakin transparan maka perusahaan semakin menarik. Tak bisa dipungkiri, seiring berjalannya perusahaan, pasti akan ada banyak hal yang berubah, anda perlu memperbarui informasi mengenai perusahaan Anda secara berkala supaya informasi tetap relevan. 

 

6. Wadah untuk bercerita

Anda bisa menggunakan company profile sebagai media untuk bercerita. Tentunya dengan nada yang mencerminkan jiwa perusahaan. Empat karakteristik yang bisa Anda pertimbangkan:

· Passionate 
Perusahaan Anda bersemangat untuk membuat produk/jasa yang bertujuan mengubah dunia. Oleh karena itu, tunjukkan karakteristik semangat dan percaya diri akan keberhasilan perusahaan menjadi yang terdepan dalam industri

· Quirky
Karakteristik ini identik dengan keberanian perusahaan dalam mendobrak kebiasaan pasar yang “normalâ€
 dengan menjadi diri sendiri. Biasanya perusahaan menerapkan cara pikir yang berlawanan dengan contoh-contoh yang tidak mainstream

· Irrelevant 
Hampir mirip dengan quirky,  karakteristik irrelevant memperlihatkan keseriusan perusahaan dalam produk yang mereka tawarkan tetapi bersikap santai dalam aspek lain. Ciri yang sering ditampilkan adalah dengan sering menggunakan ilustrasi gambar dan humor. 

· Authentic
Karakteristik ini menunjukkan keseriusan perusahaan dalam usaha untuk membantu dan menyediakan solusi bagi calon klien dalam mengatasi masalah. Ciri khas karakter ini terletak pada kejujuran, tanpa basa basi, jujur, bertanggung jawab, dan berpegang teguh pada nilai yang dijunjung.

 

7. Sesuaikan perspektif dengan target pasar

Anda harus mengetahui apa yang dibutuhkan dan diinginkan target konsumen Anda, untuk itu menyesuaikan perspektif dengan calon klien merupakan langkah yang penting. 

 

8. Periksa kembali

Sebelum disebarkan ke pasar, tinjau ulang company profile Anda supaya tidak ada kesalahan yang dibuat. Kesalahan kecil seperti salah ketik akan membuat Anda terlihat tidak profesional. 

Langkah-Langkah Membuat Company Profile



Meskipun mencakup cukup banyak informasi, company profile harus dibuat secara ringkas, padat, dan jelas. Sulit? Tentu tidak, Anda cukup mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Tentukan dengan Jelas

1.      Tentukan produk yang akan Anda jual

2.      Tentukan nilai-nilai yang akan diterapkan ke seluruh karyawan 

3.      Tentukan segmentasi pasar yang disasar

4.      Tentukan Tujuan Penulisan Company Profile

 

Meskipun tujuan dasarnya adalah untuk menarik minat konsumen, banyak perusahaan membuat company profile untuk dijadikan portofolio untuk menarik minat investor. Tujuan penting untuk membantu memudahkan penulis untuk menerjemahkannya ke dalam bentuk tulisan. Selain itu, jika company profile ditujukan untuk portofolio perdagangan, tentu harus dibuat semenarik mungkin dan fokus pada riwayat penjualan. 

 

2. Sewa Penulis 

Karena berbentuk tulisan yang menggambarkan perusahaan dan bagian dari company branding, konten dan penulisan harus dibuat sebaik mungkin. Untuk itu, Anda membutuhkan jasa profesional yang memiliki kemampuan copywriting  yang berkualitas. 

 

3. Original

Salah satu jalan pintas membuat company profile adalah meniru dari perusahaan lain. Dengan menggunakan cara ini, perusahaan akan kehilangan identitasnya. Cukup ikuti format dan gaya penulisan, jangan meniru dan menyunting.

 

4.Pilih Gaya 

Tidak ada gaya penyampaian yang salah, yang ada hanya salah sasaran. Bagian ini cukup sulit karena perusahaan perlu memilih gaya penyampaian yang sesuai dengan target pasar mereka. Jika perusahaan Anda menawarkan produk/jasa yang “serius” tentu Anda perlu berkomunikasi dengan formal dan profesional. Jika perusahaan Anda menawarkan jasa/produk yang lebih ke arah kreatif maka penyampaian bisa lebih santai, ceria,dan modern. 

 

5. Outline Company Profile

Company profile pada umumnya memiliki struktur: profil perusahaan, sejarah perusahaan, orang-orang yang terlibat, nilai, dan usaha yang dijalankan perusahaan. Jangan lupa sampaikan dalam bentuk cerita sehingga dapat diterima lebih personal oleh pembaca. Jangan lupa memberikan informasi kontak yang bisa dihubungi!

 

6. Proofreading

Tahapan terakhir ini jangan sampai terlewatkan karena proses dalam proofreading, semua tulisan dibaca dan ditinjau kembali untuk menghindari kesalahan tulisan maupun kesalahpahaman dari kata-kata yang digunakan.  Sebisa mungkin proses ini dilakukan oleh orang-orang yang tidak terlibat dalam pembuatan company profile agar tidak terjadi bias. 

 

Tunggu Apalagi? Konsultasikan segera kebutuhan digitalisasi anda bersama depokwebsite.com

 

KONSULTASI GRATIS 

0882-9037-8482 Admin

 

Alamat Kantor : 

CQCH+VMQ, Jl. Terapi Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16111

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Panduan dan Contoh Sales Script yang Menyenangkan Calon Pelanggan | www.depokwebsite.com

Content Marketing adalah: Pengertian, Contoh, dan Strategi | www.depokwebsite.com

Kelebihan dan kekurangan IoT | www.depokwebsite.com