Apa itu Design Company profile? | www.depokwebsite.com
Apa itu Design Company profile?
Daftar Isi
1. Apa itu Design Company profile?
1.1 Mengenal Komponen Penting Pada Desain Company Profile
2. Syarat Design Company
Profile Yang Bagus
3. Tips Membuat Company
Profile
4. Langkah-Langkah Membuat
Company Profile
Company
profile merupakan salah satu bagian yang mencerminkan seperti apa rupa
sebuah perusahaan. Sebagai media informasi pertama yang ditunjukkan, customer
atau pelanggan dapat menilai apakah perusahaan tersebut berjalan bagus atau
tidak.
Sebagai bagian dari strategi pemasaran, desain pada company
profile diperlukan untuk mendukung promosi. Hal ini dilakukan guna menarik
calon pelanggan dalam membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan.
Di samping itu, company profile ini juga merupakan wadah untuk
membangun komunikasi dengan pelanggan. Anda tidak perlu menjelaskan lagi,
karena pelanggan akan melihatnya sendiri melalui company profile, namun hal ini
sangat ditentukan oleh desain pada profil itu sendiri.
Company
profile berisi tentang identitas perusahaan secara lengkap yang bertujuan
untuk memperkenalkan perusahaan kepada pihak luar. Company profile dapat disajikan dalam
berbagai bentuk misalnya brosur, buku, booklet, e-book, atau video. Company
profile merupakan salah satu media pemasaran yang berguna untuk meningkatkan
citra profesionalitas perusahaan. Selain menyajikan informasi terkait
perusahaan, company profile juga mencerminkan citra tertentu dari perusahaan.
Pada umumnya sesuatu yang hanya bersifat informatif akan
cenderung membosankan, oleh karena itu penting untuk membuat company profile
menjadi menarik dan tidak membosankan. Disinilah pentingnya membuat design yang
unik serta atraktif. Walaupun demikian, tujuan utama dari company profile sebagai
media informasi tetap harus terpenuhi.
Mengenal Komponen Penting Pada Desain Company Profile
Selain dari bagian identitas perusahaan, company profile juga berguna sebagai
alat marketing untuk menjual produk ataupun jasa. Oleh karena itu, agar dapat
menarik perhatian calon pelanggan, desain company profile harus diperhatikan.
Paling tidak harus bisa mencerminkan citra yang berkelas, profesional, dan
mampu menggiring mereka produk atau jasa Anda.
Suatu company profile
akan terlihat menarik dan meyakinkan jika didukung oleh pembuatan desain yang
dibuat oleh para ahli profesional. Desain dirancang oleh seorang yang ahli dan
berpengalaman atau melalui creative agency.
Ditangan seorang desainer company profile atau creative agency,
ia akan memperhatikan komponen penting agar tak menghilangkan ciri khas dan
identitas perusahaan. Sebelum dicetak sebagai hasil yang akan disebarluaskan ke
pasaran, seorang desainer harus mempelajari lebih lanjut agar mendapatkan ide
untuk rancangan desain.
Syarat Design Company Profile Yang Bagus
1. Profil Bisnis Singkat, Padat, Dan Jelas
Umumnya sebuah company profile
diawali dengan sebuah narasi singkat tentang perusahaan. Usahakan untuk membuat
narasi yang tidak terlalu panjang dan bertele-tele tetapi mampu menceritakan
daya tarik atau USP (Unique Selling Proposition) perusahaan anda. Suguhkan
informasi secara akurat dengan menggunakan bahasa yang elegan untuk
mencerminkan profesionalitas perusahaan anda. Narasi ini merupakan daya tarik
utama untuk menarik pembaca company profile agar membaca lebih jauh.
2. Informasi Yang Harus Ada
Sebagaimana tujuan pembuatannya, company profile haruslah informastif
dan lengkap. Informasi yang harus ada di dalam sebuah company profile adalah
sebagai berikut :
• Cover yang berisi nama perusahaan dan brand
• Narasi atau kata pengantar
• Sejarah singkat
• Visi dan Misi serta nilai perusahaan
• Jajaran Direksi
• Jenis produk atau layanan yang ditawarkan perusahaan
• Kelebihan perusahaan
• Sumber daya manusia dan kelengkapan infrastruktur perusahaan
• Portofolio dan pencapaian perusahaan
• Gallery foto dan dokumentasi kegiatan perusahaan
• Daftar klien
• Penutup dan kontak perusahaan berupa alamat, nomor telepon, fax,
e-mail, website, dan lainnya
• Kelengkapan lainnya seperti struktur organisasi, legalitas, dan
lainnya
3. Siapkan Design Yang Unik Dan Menarik
Design company profile yang bagus 2022 tidak hanya menarik dari segi isi
tetapi juga tampilan. Pemilhan layout, jenis font, warna latar dan font,
penggunaan gambar dan lainnya merupakan faktor penunjang untuk membuat company
profile semakin menarik. Usahakan untuk membuat sebuah design yang unik dan
menarik yang mencerminkan perusahaan anda. Misalnya jika brand atau perusahaan
anda identik dengan warna merah, usahakan untuk menggunakan warna tersebut
sebagai warna dominan untuk menunjukkan identitas perusahaan anda. Sehingga
pembaca lebih mudah mengenali company profile tersebut berasal dari perusahaan
anda. Dalam memilih warna latar dan warna font, usahakan untuk memilih huruf
dan warna yang jelas dan kontras.
4. Kreativitas
Dalam penyusun company profile usahakan untuk menyusun sesingkat dan
seefektif mungkin, dan lebih baik jika anda menyajikannya dalam bentuk poin
bukan paragraf. Usahan pula untuk tidak terlalu melebih-lebihkan justru hal
tersebut akan membuat perusahaan anda terlihat tidak profesional. Akan lebih
baik jika company profile anda dilengkapi dengan gambar atau ilustrasi untuk
menumbuhkan minat baca. Buat company profile menggunakan software digital
imaging yang mumpuni. Hal tersebut akan memperkuat citra profesionalitas
perusahaan anda. Jika anda tidak memiliki karyawan yang mampu mengerjakannya,
jangan ragu untuk menggunakan jasa
pembuatan company profile depokwebsite. Selain itu pilihlah
kertas terbaik untuk mencetak company
profile anda. Kertas biasa dan murah akan memperburuk citra perusahaan
anda.
Itulah beberapa syarat yang harus anda perhatikan dalam menyusun design company
profile yang bagus 2022 menggunakan jasa depokwebsite. Sehingga
company profile yang dihasilkan merupakan sebuah media yang informatif, tetapi
menarik dan tidak membosankan. Dengan begini pihak luar akan lebih mengenal
perusahaan anda dan pada giliran selanjutnya percaya untuk membeli produk atau
menggunakan jasa perusahaan anda.
Selain dari poin wajib yang ada pada company
profile, berikut beberapa poin opsional yang bisa di tambahkan, antara lain:
1. Kata Pengantar
Jika
Anda memilih untuk mencantumkan kata pengantar, usahakan buat dengan singkat
dan tidak bertele-tele.
2. Anggota Tim
Berisikan
informasi mengenai orang-orang yang berperan penting dalam perusahaan.
Informasi yang perlu Anda masukan adalah nama, jabatan, kualifikasi, dan
tanggung jawab.
3. Pengalaman Perusahaan
Pada
bagian ini, Anda bisa menyertakan nama atau logo klien-klien besar yang pernah
atau masih menggunakan produk dan jasa Anda. Bagian ini secara tidak langsung
memperlihatkan kredibilitas perusahaan Anda sekaligus membangun reputasi dan
kepercayaan calon klien
4. Testimoni
Berkaitan
dengan poin sebelumnya, testimoni dapat menjadi daya tarik yang cukup dipercaya
bagi calon klien. Perlu diingat, hanya sertakan testimoni dari orang-orang yang
berpengaruh dalam perusahaan, orang-orang yang populer, dan orang-orang yang
berkarakteristik serupa dengan target pasar.
5. Informasi Tambahan
Informasi
seperti sertifikasi International Organization for Standardization (ISO)
legalitas perusahaan, penghargaan yang diterima, pencapaian, dan sebagainya
yang memperlihatkan nilai positif perusahaan.
6. Galeri Foto
Sertakan
foto-foto yang menggambarkan perusahaan dari mulai kegiatan produksi, kegiatan karyawan,
program Corporate Social Responsibility (CSR), dan lain-lain.
7. Tombol call to action (CTA)
Sebuah
fenomena aneh yang pasti sudah diketahui oleh pemasar berpengalaman adalah
“orang tidak akan mengambil tindakan meskipun mereka tahu apa yang harus
dilakukan, kecuali Anda meminta mereka untuk melakukannya.â€
Tombol CTA menjadi solusi untuk permasalahan ini. Cukup sisipkan CTA yang
sederhana seperti “kunjungi website kami†atau “hubungi kami untuk informasi lebih lanjutâ€
sudah cukup efektif.
Sebenarnya tidak ada ketentuan pasti bentuk dari company profile. Meski
demikian, perusahaan atau para graphic designer melihat-lihat contoh company
profile perusahaan yang besar.
Company
profile biasanya berbentuk booklet atau disertakan dalam website. Jika Anda
memilih untuk membuat dalam bentuk fisik maka Anda harus menyiapkan media cetak
yang cukup banyak karena memang bertujuan untuk dibaca oleh banyak orang.
Anda dapat membuatnya dalam bentuk brosur dan dibagikan pada
saat pameran atau event tertentu.
Sertakan juga company
profile pada website perusahaan
Anda agar lebih mudah diakses oleh semua orang.
Tips Membuat Company Profile
1. Buat sesederhana mungkin
Maksud dari sederhana bukan pada pemilihan font, ukuran, dan
warna tulisan melainkan pada informasi yang dituliskan di dalamnya. Buat
sepadat dan seringkas mungkin dengan desain dan copywriting yang
baik
2. Menentukan target pasar
Sebelum membuat company profile,
tentukan target pasar Anda terlebih dahulu supaya apa yang Anda tuliskan
relevan dan sesuai dengan target yang Anda tuju. Jika Anda menargetkan
masyarakat berusia muda, buatlah sesuai dengan selera anak muda, jika yang
disasar adalah orang tua, sesuaikan dengan selera orang tua.
3. Pilih media atau platform yang tepat.
Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, Anda harus mengetahui platform mana
yang digunakan oleh target pasar Anda. Jangan buat company
profile di tempat yang tidak
diakses oleh target pasar Anda. Anda juga bisa membuat company profile di
berbagai platform sekaligus,
Anda hanya perlu menyesuaikan/mengontrol jumlahnya.
4. Tonjolkan Value perusahaan
Mayoritas orang menganggap nilai, visi, dan misi tidak terlalu
penting dalam pembuatan company
profile. Kenyataannya, banyak orang yang justru tertarik
karena nilai yang ditawarkan perusahaan. Banyak konsumen memilih menggunakan
produk karena nilai yang ditawarkan. Maka dari itu buatlah visi, misi, dan
nilai yang realistis dan positif serta pastikan perusahaan Anda benar-benar
menjalankannya.
5. Transparan dan selalu update
Hal yang perlu diingat, semakin transparan maka
perusahaan semakin menarik. Tak bisa dipungkiri, seiring berjalannya
perusahaan, pasti akan ada banyak hal yang berubah, anda perlu memperbarui
informasi mengenai perusahaan Anda secara berkala supaya informasi tetap
relevan.
6. Wadah
untuk bercerita
Anda bisa menggunakan company
profile sebagai media untuk
bercerita. Tentunya dengan nada yang mencerminkan jiwa perusahaan. Empat
karakteristik yang bisa Anda pertimbangkan:
· Passionate
Perusahaan Anda bersemangat untuk membuat produk/jasa yang bertujuan mengubah
dunia. Oleh karena itu, tunjukkan karakteristik semangat dan percaya diri akan
keberhasilan perusahaan menjadi yang terdepan dalam industri
· Quirky
Karakteristik ini identik dengan keberanian perusahaan dalam mendobrak
kebiasaan pasar yang “normal†dengan menjadi diri
sendiri. Biasanya perusahaan menerapkan cara pikir yang berlawanan dengan
contoh-contoh yang tidak mainstream.
· Irrelevant
Hampir mirip dengan quirky,
karakteristik irrelevant memperlihatkan
keseriusan perusahaan dalam produk yang mereka tawarkan tetapi bersikap santai
dalam aspek lain. Ciri yang sering ditampilkan adalah dengan sering menggunakan
ilustrasi gambar dan humor.
· Authentic
Karakteristik ini menunjukkan keseriusan perusahaan dalam usaha untuk membantu
dan menyediakan solusi bagi calon klien dalam mengatasi masalah. Ciri khas
karakter ini terletak pada kejujuran, tanpa basa basi, jujur, bertanggung
jawab, dan berpegang teguh pada nilai yang dijunjung.
7. Sesuaikan perspektif dengan target pasar
Anda harus mengetahui apa yang dibutuhkan dan
diinginkan target konsumen Anda, untuk itu menyesuaikan perspektif dengan calon
klien merupakan langkah yang penting.
8. Periksa
kembali
Sebelum disebarkan ke pasar, tinjau ulang company
profile Anda supaya tidak ada
kesalahan yang dibuat. Kesalahan kecil seperti salah ketik akan membuat Anda
terlihat tidak profesional.
Langkah-Langkah Membuat Company Profile
Meskipun mencakup cukup banyak informasi, company profile harus
dibuat secara ringkas, padat, dan jelas. Sulit? Tentu tidak, Anda cukup
mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
1. Tentukan dengan Jelas
1.
Tentukan produk yang
akan Anda jual
2.
Tentukan nilai-nilai
yang akan diterapkan ke seluruh karyawan
3.
Tentukan segmentasi
pasar yang disasar
4. Tentukan Tujuan Penulisan Company
Profile
Meskipun
tujuan dasarnya adalah untuk menarik minat konsumen, banyak perusahaan membuat
company profile untuk dijadikan portofolio untuk menarik minat investor. Tujuan
penting untuk membantu memudahkan penulis untuk menerjemahkannya ke dalam
bentuk tulisan. Selain itu, jika company
profile ditujukan untuk
portofolio perdagangan, tentu harus dibuat semenarik mungkin dan fokus pada
riwayat penjualan.
2. Sewa Penulis
Karena berbentuk tulisan yang menggambarkan perusahaan dan
bagian dari company branding,
konten dan penulisan harus dibuat sebaik mungkin. Untuk itu, Anda membutuhkan
jasa profesional yang memiliki kemampuan copywriting yang
berkualitas.
3. Original
Salah satu jalan pintas membuat company
profile adalah meniru dari perusahaan lain. Dengan
menggunakan cara ini, perusahaan akan kehilangan identitasnya. Cukup ikuti
format dan gaya penulisan, jangan meniru dan menyunting.
4.Pilih Gaya
Tidak ada gaya penyampaian yang salah, yang ada
hanya salah sasaran. Bagian ini cukup sulit karena perusahaan perlu memilih
gaya penyampaian yang sesuai dengan target pasar mereka. Jika perusahaan Anda
menawarkan produk/jasa yang “serius†tentu Anda perlu berkomunikasi dengan formal dan
profesional. Jika perusahaan Anda menawarkan jasa/produk yang lebih ke arah
kreatif maka penyampaian bisa lebih santai, ceria,dan modern.
5. Outline Company
Profile
Company
profile pada umumnya memiliki struktur: profil perusahaan,
sejarah perusahaan, orang-orang yang terlibat, nilai, dan usaha yang dijalankan
perusahaan. Jangan lupa sampaikan dalam bentuk cerita sehingga dapat diterima
lebih personal oleh pembaca. Jangan lupa memberikan informasi kontak yang bisa
dihubungi!
6. Proofreading
Tahapan terakhir ini jangan sampai terlewatkan karena proses
dalam proofreading, semua
tulisan dibaca dan ditinjau kembali untuk menghindari kesalahan tulisan maupun
kesalahpahaman dari kata-kata yang digunakan. Sebisa mungkin proses ini
dilakukan oleh orang-orang yang tidak terlibat dalam pembuatan company
profile agar tidak terjadi
bias.
Tunggu Apalagi? Konsultasikan segera kebutuhan digitalisasi anda
bersama depokwebsite.com
KONSULTASI GRATIS
0882-9037-8482 Admin
Alamat Kantor :
CQCH+VMQ, Jl. Terapi Raya, RT.03/RW.19, Menteng, Kec. Bogor Bar., Kota
Bogor, Jawa Barat 16111
.png)

.png)
.png)
Komentar
Posting Komentar